5 Pemain Non-Kiper dengan Postur Tubuh Tertinggi dalam Sejarah EPL

Ada eks Liverpool dan Tottenham Hotspur

Intinya Sih...

  • Nikola Zigic, Stefan Maierhofer, dan Peter Crouch merupakan pemain dengan postur tubuh tinggi yang bermain di English Premier League (EPL).
  • Zigic gagal bersinar bersama Birmingham City, Maierhofer kurang bagus selama membela Wolves, sedangkan Crouch dianggap sebagai legenda EPL.
  • Dan Burn membuktikan tingginya tidak menyulitkannya sebagai bek kiri, sementara Milenkovic tengah memulai lembaran baru bersama Nottingham Forest.

English Premier League (EPL) pernah menghadirkan para pemain non-kiper dengan postur tubuh tinggi. Kehadiran mereka dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi klub yang dibelanya. Dengan keunggulan dari segi postur tubuh, para pesepak bola ini lebih kuat dalam berduel di udara terutama saat menyundul bola baik sebagai penyerang maupun pemain bertahan.

Sebagian pemain dengan postur tubuh tinggi sukses menjalani karier di EPL. Sementara itu, lainnya lagi kesulitan beradaptasi dengan tempo dan intensitas tinggi EPL tiap pekannya. Berikut lima pemain dengan postur tertinggi dalam sejarah EPL.

1. Nikola Zigic sempat menjadi striker andalan Birmingham City dengan tinggi 202 cm

Nikola Zigic bergabung dengan Birmingham City dari Valencia pada musim panas 2010. Birmingham City menebusnya dengan harga 7 juta euro atau Rp146 miliar. Pemain dengan tinggi 202 cm itu diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam duel udara.

Namun, Zigic kesulitan beradaptasi dengan intensitas tingg permainan EPL. Ia hanya mengoleksi 5 gol dan 4 assist dalam 25 laga EPL pada 2010/2011. Ia sukses membawa Birmingham City menjuarai Piala Liga Inggris pada musim tersebut. Sayangnya, Zigic gagal menyelamatkan Birmingham City dari degradasi pada akhir musim.

Baca Juga: 4 Mantan Kiper Liverpool yang Bermain di EPL Musim 2022/2023

2. Stefan Maierhofer tampil kurang greget bersama Wolves meski tingginya 202 cm

5 Pemain Non-Kiper dengan Postur Tubuh Tertinggi dalam Sejarah EPLStefan Maierhofer (kanan) tengah berduel dengan Michael Carrick (kiri). (wolves.co.uk)

Stefan Maierhofer pernah bermain di English Premier League (EPL) saat membela Wolverhampton Wanderers (Wolves) pada 2009/2010 dan 2011/2012. Pemain bertinggi 202 cm itu berposisi sebagai striker. Akan tetapi, penampilannya kurang bagus selama bermain untuk Wolves pada dua periode tersebut.

Maierhofer hanya mencatat 8 penampilan dan sekali mencetak gol pada 2009/2010. Gol tersebut tercipta ketika Wolves kalah 1-3 dari Blackburn Rovers pada pekan ke-5 EPL. Maierhofer juga hanya sekali bermain di EPL ketika Wolves menang 2-1 atas Blackburn Rovers pada pekan pertama 2011/2012. Ia kemudian hengkang ke Red Bull Salzburg pada Agustus 2011.

3. Peter Crouch memiliki postur tubuh 201 cm dan tampil tajam bersama Liverpool

5 Pemain Non-Kiper dengan Postur Tubuh Tertinggi dalam Sejarah EPLPeter Crouch (liverpoolfc.com)

Peter Crouch memiliki reputasi sebagai striker tajam EPL berbekal postur tubuhnya mencapai 201 cm. Ia melewati masa-masa terbaik dalam kariernya ketika membela Liverpool dan Tottenham Hotspur. Crouch bermain dalam 135 pertandingan dan mencetak 42 gol serta 23 assist di semua kompetisi. Ia membantu Liverpool menjuarai Piala FA 2006 dan menembus final Liga Champions Eropa pada 2006/2007.

Crouch kemudian menciptakan sejarah bersama Tottenham Hotspur saat berhasil finis di empat besar EPL pada 2009/2010. Ia menorehkan total 24 gol dan 21 assist dalam 93 pertandingan di semua kompetisi. Crouch menutup kariernya bersama Burnley pada Juli 2019.

4. Dan Burn tampil solid sebagai bek kiri dengan tubuhnya memiliki tinggi 201 cm

5 Pemain Non-Kiper dengan Postur Tubuh Tertinggi dalam Sejarah EPLDan Burn (newcastleunited.com)

Dan Burn memulai perjalanannya di EPL saat membela Brighton & Hove Albion pada periode 2019--2022. Ia sukses membangun reputasinya sebagai bek kiri tangguh dengan mencatat 85 penampilan dan mencetak 2 gol di semua kompetisi bersama Brighton. Tubuhnya yang memiliki tinggi mencapai 201 cm memberikannya keuntungan saat berduel udara maupun bola bawah.

Ia melanjutkan kariernya dengan Newcastle Untied pada Januari 2022. Burn sukses membawa Newcastle United ke Liga Champions Eropa setelah finis di peringkat ketiga pada 2022/2023. Ia sejauh ini telah mengoleksi 103 penampilan dengan torehan 6 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

5. Nikola Milenkovic menjadi kekuatan baru Nottingham Forest dengan tingginya 195 cm

5 Pemain Non-Kiper dengan Postur Tubuh Tertinggi dalam Sejarah EPLNikola Milenkovic (nottinghamforest.co.uk)

Nikola Milenkovic resmi bergabung dengan Nottingham Forest pada musim panas 2024. Ia menandatangani kontrak dengan durasi 5 tahun. Milenkovic akan menjadi kekuatan baru bagi Nottingham Forest di EPL pada 2024/2025.

Ia merupakan bek tengah dengan reputasi mentereng di Serie A Italia. Milenkovic bermain dalam 264 pertandingan dan mencetak 17 gol serta 5 assist. Kemampuannya dalam berduel udara baik saat menyerang maupun bertahan akan memberikan nilai tambah kepada lini belakang Nottingham Forest.

Kelima pemain di atas memiliki perjalanan karier yang beragam selama membela klubnya di EPL. Zigic dan Maierhofer gagal bersinar bersama Birmingham City dan Wolves, sedangkan Crouch telah dianggap sebagai legenda EPL. Burn membuktikan tingginya yang mencapai 201 cm tidak menyulitkannya sebagai bek kiri. Di sisi lain, Milenkovic tengah memulai lembaran baru dalam kariernya bersama Nottingham Forest.

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Kovacic Memimpin

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya