3 Pemain Non-Britania yang Mampu Mencetak 200 Gol bagi Klub Inggris

Rekor yang sulit dicapai

English Premier League (EPL) selalu menghadirkan para pemain berbakat dari seluruh penjuru dunia. Pemain-pemain terbaik dunia dari berbagai negara pernah menorehkan prestasi luar biasa, baik secara individu maupun tim. Sebut saja Cristiano Ronaldo yang pernah meraih penghargaan Ballon d'Or 2008 saat membela Manchester United atau Didier Drogba yang mencapai puncak keemasannya bersama Chelsea.

Namun, tidak banyak talenta dari negara non-Britania Raya yang mampu mencetak 200 gol untuk 1 klub Inggris. Sebab, sepak bola Inggris dikenal sebagai salah satu kompetisi paling ketat dan sulit di dunia. Tercatat, hanya tiga pemain yang berhasil menorehkan 200 gol saat bermain untuk klub Inggris.

1. Sergio Aguero tercatat sebagai pemain asing paling subur di sepak bola Inggris

3 Pemain Non-Britania yang Mampu Mencetak 200 Gol bagi Klub InggrisSergio Aguero (premierleague.com)

Sergio Aguero mengukir namanya sebagai salah satu legenda sepak bola Inggris. Pemain asal Argentina itu berperan besar dalam transformasi Manchester City dari klub medioker menjadi klub yang memiliki segudang trofi. Aguero merupakan striker andalan Manchester City pada periode 2011--2021.

Ia telah mencetak 260 gol dalam 390 pertandingan di semua kompetisi bersama Manchester City. Aguero telah memenangi 5 gelar juara Manchester City, 1 Piala FA, dan 6 Piala Liga Inggris. Pencapaiannya menjadikannya sebagai pemain asing dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah sepak bola Inggris. Belum ada yang mampu melewati rekor Aguero sampai Desember 2023.

Baca Juga: Mohamed Salah Cetak Rekor, Kini Sejajar Legenda Liverpool

2. Thierry Henry menjadi legenda Arsenal dengan total 228 gol

3 Pemain Non-Britania yang Mampu Mencetak 200 Gol bagi Klub InggrisThierry Henry (premierleague.com)

Thierry Henry menjadi pemain asing kedua yang mampu menorehkan lebih dari 200 gol untuk 1 klub Inggris. Ia mengoleksi total 228 gol dalam 377 pertandingan di semua kompetisi bersama Arsenal pada periode 1999--2007 dan paruh kedua 2011/2012. Henry telah dianggap sebagai legenda Arsenal dan sepak bola Inggris. Ia mendapat kehormatan dari Arsenal dengan dibuatkan patung yang saat ini telah terpasang di depan Emirates Stadium, kandang The Gunners.

Berbagai prestasi mentereng pernah ditorehkan pemain asal Prancis itu. Henry tercatat pernah empat kali menjadi top skor EPL. Ia dua kali terpilih sebagai PFA Player of the Year pada 2002/2003 dan 2003/2004. Secara prestasi klub, Henry telah memenangi titel juara EPL sebanyak dua kali. Salah satu yang paling bersejarah ketika ia bersama rekan-rekannya mampu menorehkan status invincible karena meraih gelar juara EPL tanpa terkalahkan pada 2003/2004.

3. Mohamed Salah akhirnya mencapai 200 gol untuk Liverpool pada 2023

3 Pemain Non-Britania yang Mampu Mencetak 200 Gol bagi Klub InggrisMohamed Salah (tengah depan) (premierleague.com)

Mohamed Salah kini setara dengan para legenda Liverpool, seperti Ian Rush, Roger Hunt, Gordon Hodgson, dan Billy Liddell. Ia berhasil mencetak gol yang ke-200 untuk Liverpool ketika membantu The Reds meraih kemenangan 2-1 atas Crystal Palace di laga EPL pekan ke-16 pada 9 Desember 2023. Salah menorehkan satu gol dalam laga tersebut.

Meskipun masih aktif bermain di Liverpool, Salah sudah dianggap sebagai salah satu legenda sepak bola Inggris. Ia tercatat pernah menjadi top skor EPL sebanyak tiga kali. Salah juga sudah meraih semua gelar juara kompetisi domestik, seperti EPL, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Pemain asal Mesir itu juga berhasil memenangi gelar juara Liga Champions Eropa dalam tiga kali bermain di laga final. Salah masih berpeluang mencatat rekor-rekor mentereng lainnya mengingat kontraknya masih berlaku sampai Juni 2025.

Ketiga pemain di atas memiliki rekor apik yang sulit dicapai talenta non-Britania Raya lainnya di sepak bola Inggris. Mereka secara konsisten menunjukkan permainan terbaik di level tertinggi dan mampu menghadirkan prestasi bagi klub yang dibela. Akankah ada lagi pemain asing yang mampu menorehkan 200 gol untuk 1 klub Inggris?

Baca Juga: 5 Pemain Tercepat yang Mencetak 150 Gol di Premier League

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya