5 Pemain Nomor 9 yang Melegenda di Real Madrid

Tidak termasuk duo Ronaldo

Kylian Mbappe resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid. Presentasi perkenalan Mbappe berlangsung meriah dengan dihadiri 80 ribu pendukung Real Madrid di Santiago Bernabeu. Mbappe memamerkan seragamnya dengan nomor punggung 9.

Sebagian bintang sepak bola sukses melegenda bersama Real Madrid ketika mengenakan jersey nomor punggung 9. Sebagian besar dari mereka merupakan seorang striker. Setidaknya, lima pemain bernomor 9 berikut berhasil mendapat pengakuan sebagai legenda Real Madrid.

1. Nama Alfredo Di Stefano sampai diabadikan sebagai stadion Real Madrid Castilla

5 Pemain Nomor 9 yang Melegenda di Real MadridAlfredo Di Stéfano (twitter.com/realmadriden)

Alfredo Di Stefano begitu identik dengan nomor punggung 9 Real Madrid. Ia menjalani masa-masa terbaiknya sebagai pesepak bola sejak bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 1953. Di Stefano yang berposisi striker secara konsisten menampilkan ketajamannya selama 11 tahun membela Real Madrid.

Ia mencetak total 278 gol dalam 363 penampilan bersama Los Blancos di semua kompetisi. Di Stefano berperan besar saat Real Madrid meraih 5 gelar juara Liga Champions Eropa dan 8 titel juara LaLiga Spanyol. Ia sukses memenangkan penghargaan Ballon d'Or pada 1957 dan 1959. Nama Di Stefano akhirnya diabadikan sebagai stadion Real Madrid Castilla pada 2006.

2. Hugo Sanchez menorehkan 199 gol dalam 268 pertandingan

5 Pemain Nomor 9 yang Melegenda di Real MadridHugo Sanchez (realmadrid.com)

Hugo Sanchez mengambil langkah berani saat meninggalkan Atletico Madrid demi bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 1985. Ia kala itu dianggap sebagai penyerang terbaik LaLiga usai menorehkan 75 gol dalam 150 pertandingan di semua kompetisi untuk Atletico Madrid. Karier Sanchez makin meroket setelah bermain untuk Real Madrid.

Pemain asal Meksiko itu menciptakan total 199 gol dari 268 laga di semua kompetisi selama 7 tahun membela Real Madrid. Sanchez kemudian menjadi top skor LaLiga selama 4 musim beruntun pada 1986—1990. Rekor gol tertingginya di LaLiga terjadi ketika menorehkan 38 gol pada 1989/1990. Sanchez berhasil memenangkan 5 gelar juara LaLiga, 4 Copa del Rey, dan 1 Piala UEFA selama bermain untuk Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 9 Real Madrid sebelum Kylian Mbappe

3. Ivan Zamorano bermain apik secara konsisten tiap musim selama membela Real Madrid

5 Pemain Nomor 9 yang Melegenda di Real MadridIvan Zamorano (realmadrid.com)

Ivan Zamorano didatangkan dari Sevilla pada musim panas 1992. Pemain asal Chile itu menjelma sebagai mesin gol Real Madrid selama 4 tahun. Zamorano mencetak total 101 gol dalam 173 laga.

Ia sukses memenangkan gelar juara bergengsi bersama Real Madrid, macam LaLiga 1994/1995, Copa del Rey 1992/1993, dan Supercoppa de Espana 1993/1994. Zamorano pernah menyabet penghargaan top skor LaLiga dengan total 27 gol pada 1994/1995. Sayangnya, ia tidak pernah menjuarai Liga Champions.

4. Fernando Morientes dua kali menjuarai UCL saat mengenakan nomor 9 Real Madrid

5 Pemain Nomor 9 yang Melegenda di Real MadridFernando Morientes (realmadrid.com)

Fernando Morientes bergabung dengan Real Madrid dari Real Zaragoza pada musim panas 1997. Ia sukses membangun kemitraan apik dengan Raul Gonzalez di lini depan Los Blancos. Morientes mencetak total 100 gol dalam 272 penampilan di semua kompetisi.

Ia sukses dua kali menjuarai Liga Champions kala mengenakan nomor punggung 9 di Real Madrid. Morientes juga mempersembahkan 4 titel juara Piala Interkontinental dan 2 gelar juara LaLiga. Ia sempat dipinjamkan kepada AS Monaco pada 2003/2004. Morientes lalu pindah secara permanen ke Liverpool pada Januari 2005.

5. Karim Benzema mencapai puncak kariernya selama menggunakan nomor 9 di Real Madrid

5 Pemain Nomor 9 yang Melegenda di Real MadridKarim Benzema (twitter.com/Benzema)

Karim Benzema menggunakan nomor punggung 11 ketika baru bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2009. Nomor punggung 9 digunakan Cristiano Ronaldo karena nomor punggung 7 favoritnya masih digunakan Raul Gonzalez. Benzema baru mengenakan nomor punggung 9 saat Raul hengkang ke Schalke dan Ronaldo beralih ke nomor 7.

Karier Benzema langsung melesat selama mengenakan nomor punggung 9 tersebut. Ia sukses mencetak 354 gol dan 165 assist dalam 648 pertandingan di semua kompetisi. Benzema menjadi top skor sepanjang masa Real Madrid kedua setelah Cristiano Ronaldo. Pemain asal Prancis itu sukses menciptakan sejarah dengan meraih 5 gelar juara Liga Champions, 4 LaLiga, dan 5 Piala Dunia Antarklub.

Kelima pemain di atas bisa menjadi inspirasi bagi Kylian Mbappe yang berambisi meraih kesuksesan selama mengenakan nomor punggung 9 di Real Madrid. Terlebih lagi, ia dapat mencontoh Benzema, pemain asal Prancis yang identik dengan nomor 9 Real Madrid. Mbappe tentu memiliki peluang untuk menjadi legenda Real Madrid. Sebab, ia punya kemampuan teknis di atas rata-rata dan mental seorang pemenang.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Terakhir yang Direkrut Real Madrid, Mbappe Terbaru!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya