4 Pemain Napoli Terakhir yang Bergabung dengan Galatasaray

Mereka pernah jadi bintang Serie A

Napoli dan Galatasaray tidak punya sejarah rivalitas atau hubungan spesial lainnya. Kedua klub ini juga jarang bertemu di kompetisi antarklub Eropa, seperti Liga Champions Eropa dan Liga Europa. Meski begitu, komunikasi Napoli dan Galatasaray kerap terjadi ketika bursa transfer musim panas dan dingin.

Napoli cukup sering melepas pemainnya ke Galatasaray. Beberapa pemain Napoli bergabung dengan Galatasaray secara gratis, sementara lainnya berstatus pinjaman. Namun, tidak ada pemain Galatasaray yang pindah ke Napoli.

Berikut empat pemain Napoli terakhir yang bergabung dengan Galatasaray itu.

1. Blerim Dzemaili dibeli Galatasaray dari Napoli dengan harga 2,35 juta euro pada Agustus 2014

4 Pemain Napoli Terakhir yang Bergabung dengan GalatasarayBlerim Dzemaili (facebook.com/Galatasaray)

Blerim Dzemaili kerap berpindah-pindah klub sepanjang kariernya. Salah satunya ketika hengkang dari Parma ke Napoli pada musim panas 2011. Penampilan Dzemaili di Napoli tidak begitu buruk dengan catatan 109 penampilan dan mencetak 18 gol serta 10 assist di semua kompetisi.

Ia kemudian mencari tantangan baru di Super Lig Turki bersama Galatasaray. Dzemaili dibeli Galatasaray dari Napoli dengan harga 2,35 juta euro atau Rp40 miliar pada Agustus 2014. Akan tetapi, cedera hamstring membuat penampilannya kurang maksimal pada 2014/2015. Dzemaili hanya menorehkan 1 gol dan 2 assist dalam 20 pertandingan di semua kompetisi. Ia akhirnya kembali ke Serie A Italia bersama Genoa dengan status peminjaman pada musim panas 2015.

2. Goran Pandev pindah ke Galatasaray secara gratis pada musim panas 2014

4 Pemain Napoli Terakhir yang Bergabung dengan GalatasarayGoran Pandev (galatasaray.org)

Selain mendatangkan Dzemaili, Galatasaray juga menghadirkan bintang Serie A lainnya, Goran Pandev, pada musim panas 2014. Ia berstatus bebas transfer usai kontraknya di Napoli tidak diperpanjang. Sayangnya, performa Pandev selama membela Galatasaray dinilai kurang memuaskan.

Ia hanya menorehkan 7 gol dan 2 assist dalam 17 pertandingan di semua kompetisi. Pandev bahkan hanya empat kali tampil di Super Lig Turki tanpa mencetak gol atau assist. Alhasil, kontraknya tidak diperpanjang Galatasaray pada musim panas 2015. Pandev mengikuti jejak Dzemaili yang kembali ke Serie A bersama Genoa pada musim panas 2015.

Baca Juga: 7 Rekrutan Baru Napoli pada Musim Panas 2024, Benahi Segala Lini!

3. Dries Mertens didatangkan Galatasaray dengan gratis pada Agustus 2022

4 Pemain Napoli Terakhir yang Bergabung dengan GalatasarayDries Mertens (x.com/GalatasaraySK)

Dries Mertens mengalami puncak kariernya sebagai pesepak bola selama bermain untuk Napoli pada medio 2013--2022. Pemain asal Belgia itu mencetak total 148 gol dan 90 assist dalam 397 pertandingan di semua kompetisi selama berseragam I Partenopei. Mertens telah mengantarkan Napoli menjuarai Coppa Italia 2 kali dan Supercoppa Italiana 1 kali.

Ia dan Napoli memutuskan mengakhiri kerja sama setelah kontraknya tidak diperpanjang pada musim panas 2022. Mertens kemudian menerima tawaran bergabung dengan Galatasaray pada Agustus 2022. Ia tercatat masih aktif bermain untuk Galatasaray per September 2024. Mertens sejauh ini telah menorehkan 20 gol dan 24 assist dari 90 laga di semua kompetisi bersama Galatasaray.

4. Victor Osimhen pindah ke Galatasaray sebagai pemain pinjaman pada September 2024

4 Pemain Napoli Terakhir yang Bergabung dengan GalatasarayVictor Osimhen (x.com/GalatasaraySK)

Victor Osimhen telah dianggap sebagai salah satu striker terbaik Eropa. Pemain asal Nigeria itu berperan besar membawa Napoli menjuarai Serie A 2022/2023. Osimhen menorehkan total 76 gol dan 18 assist dari 133 pertandingan di semua kompetisi pada periode 2020--2024.

Namun, hubungannya dengan manajemen Napoli malah memburuk. Sebab, manajemen I Partenopei hanya mau melepasnya jika ada klub yang berani membayar klausul pelepasannya sebesar 130 juta euro atau Rp2,2 triliun. Sayangnya, tidak ada klub Eropa lain yang ingin menebus klausul tersebut. Pihak Napoli akhirnya bersedia menurunkan harga menjadi kisaran 80 juta euro atau Rp1,3 triliun. Chelsea sempat berminat mendatangkan Osimhen, tetapi sang pemain meminta gaji yang terlalu tinggi, sebesar 500 ribu pound sterling atau Rp10 miliar per pekan. The Blues merasa keberatan atas permintaan Osimhen.

Di sisi lain, Al-Ahly sebenarnya telah mencapai kesepakatan dengan Osimhen untuk menandatangani kontrak senilai 40 juta euro atau Rp683 miliar untuk durasi 4 tahun. Namun, Napoli menginginkan biaya transfer ekstra sebesar 5 juta euro atau Rp85 miliar dari penawaran 80 juta euro atau Rp1,3 triliun. Pihak Al-Ahly malah memutuskan mundur dari negosiasi terkait transfer Osimhen.

Situasi makin rumit bagi Osimhen setelah Napoli mengeluarkannya dari tim utama yang berlaga di Serie A 2024/2025. Namun, Osimhen dan Napoli akhirnya menemui jalan keluar setelah menerima tawaran peminjaman dari Galatasray selama semusim. Galatasaray sudah memperkenalkan sang pemain kepada publik pada 4 September 2024.

Keempat pemain di atas rata-rata pernah menjalani karier yang cukup baik bersama Napoli. Namun, kepindahan Osimhen ke Galatasaray menjadi saga transfer yang paling rumit. Ini karena harganya yang besar.

Pemain asal Nigeria itu kini bereuni dengan Dries Mertens yang sudah menjadi pemain Galatasaray terlebih dahulu. Mertens bergabung pada musim panas 2022 lalu. Osimhen akan membuktikan kualitasnya sebagai striker top Eropa di samping Mertens bersama Galatasaray pada 2024/2025.

Baca Juga: Mengejutkan! Osimhen Dipastikan Merapat ke Galatasaray

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya