5 Pemain yang Mencetak Gol di Laga Pertama EPL dalam 5 Musim Terakhir

Ada debutan terbaru MU

English Premier League (EPL) kerap kali menghadirkan rekor unik dalam laga pembuka pada pekan pertama. Klub-klub yang bertanding di pertandingan pertama EPL jarang berakhir dengan skor 0-0. 

Pada EPL 2024/2025, Manchester United berhasil menang tipis dari Fulham, 1-0, sebagai laga pembuka. Joshua Zirkzee sebagai pencetak gol tunggal di laga itu menyandingkan namanya dengan beberapa pemain yang juga sukses cetak gol pada laga perdana EPL dalam 5 musim terakhir berikut.

1. Alexander Lacazette dua kali mencetak gol pertama pada laga pembuka EPL 2020/2021

5 Pemain yang Mencetak Gol di Laga Pertama EPL dalam 5 Musim TerakhirAlexander Lacazette (premierleague.com)

Alexander Lacazette pernah membela Arsenal selama 5 tahun pada periode 2017--2022. Ia berhasil menciptakan berbagai momen epik bersama The Gunners di EPL. Salah satunya mencetak gol di laga pembuka EPL.

Ia tercatat dua kali menorehkan gol di laga pertama EPL. Lacazette mencetak satu gol kala Arsenal menang 4-3 atas Leicester City pada Agustus 2017. Ia kemudian membuka keunggulan Arsenal dalam kemenangan 3-0 atas Fulham pada pekan pertama EPL Agustus 2020.

Baca Juga: 4 Pemain Sheffield United Merapat ke Klub EPL pada Musim Panas 2024

2. Sergi Canos membuka keunggulan Brentford kala menang 2-0 atas Arsenal pada 2021/2022

5 Pemain yang Mencetak Gol di Laga Pertama EPL dalam 5 Musim TerakhirSergi Canos (instagram.com/sergicanos)

Sergi Canos turut menjadi bagian dalam sejarah Brentford FC yang promosi ke EPL untuk pertama kalinya pada 2020/2021. Akan tetapi, klub berjuluk The Bees itu langsung bertemu tim besar dalam laga pembuka EPL pada Agustus 2021. Brentford menjamu Arsenal di kandangnya, Gtech Community Stadium.

Canos bermain sebagia starter di posisi wing back kanan. Ia berhasil menciptakan sejarah bagi Brentford dengan membuka keunggulan atas Arsenal pada menit ke-22. Brentford sukses mengalahkan Arsenal 2-0 setelah Christian Norgaard menggandakan keunggulan pada menit ke-73.

3. Gabriel Martinelli membobol gawang Crystal Palace pada laga pertama EPL 2022/2023

5 Pemain yang Mencetak Gol di Laga Pertama EPL dalam 5 Musim TerakhirGabriel Martinelli (premierleague.com)

Gabriel Martinelli mengalami perkembangan cukup pesat sejak bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2019. Ia cukup diandalkan manajer Arsenal, Mikel Arteta, sebagai penyerang sayap kiri. Martinelli membayar kepercayaan tersebut dengan memberikan kontribusi kepada permainan tim, seperti mencetak gol.

Salah satunya ketika Arsenal melawan Crystal Palace dalam laga pembuka EPL pada Agustus 2022. Ia mencetak gol pembuka keunggulan Arsenal atas Crystal Palace pada menit ke-20. The Gunners sukses menang 2-0 atas Crystal Palace usai Marc Guehi membuat gol bunuh diri pada menit ke-85.

4. Erling Haaland langsung bikin brace pada pekan pertama EPL 2023/2024

5 Pemain yang Mencetak Gol di Laga Pertama EPL dalam 5 Musim TerakhirErling Haaland (premierleague.com)

Erling Haaland menjadi pemain terbaik EPL setelah menyabet top skor dengan mencetak total 36 gol dalam 35 laga pada 2022/2023. Ia juga berperan besar dalam pencapaian Manchester City meraih treble winner pada msim tersebut. Haaland melanjutkan kegemilangannya di EPL pada 2023/2024.

Manchester City menghadapi Burnley dalam laga pembuka EPL pada Agustus 2023. Haaland langsung mencetak brace atau dua gol dalam satu pertandingan ketika The Citizens mengalahkan Burnley dengan skor 3-0. Selain Haaland, Rodri juga menorehkan gol ketiga Manchester City.

5. Joshua Zirkzee menjadi pahlawan MU lewat golnya pada laga pertama EPL 2024/2025

5 Pemain yang Mencetak Gol di Laga Pertama EPL dalam 5 Musim TerakhirJoshua Zirkzee (depan) dan Marcus Rashford (belakang) (premierleague.com)

Joshua Zirkzee merupakan salah satu pemain baru yang didatangkan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2024. Pemain asal Belanda itu ditebus dari Bologna seharga 42,5 juta euro atau Rp735 miliar. Zirkzee akan menjadi pilihan alternatif di lini depan selain Rasmus Hojlund.

Ia mengawali laga pertama EPL antara Manchester United versus Fulham dari bangku cadangan. Zirkzee baru dimasukkan ketika menggantikan Mason Mount pada menit ke-61. Zirkzee langsung mencetak gol dalam laga debutnya itu pada menit ke-87. Berkat golnya, Manchester United sukses menang 1-0 atas Fulham.

Kelima pemain yang mencetak gol di laga pembuka EPL memiliki perjalanan yang berbeda-beda bersama klubnya. Lacazette kembali ke klub lamanya, Olympique Lyon, setelah kontraknya habis bersama Arsenal pada musim panas 2022.

Sergi Canos dipinjamkan kepada Olympiakos sebelum dilepas kepada Valencia pada musim panas 2023. Sementara itu, Martinelli dan Haaland masih menjadi andalan bagi Arsenal dan Mancehster City. Zirkzee memulai kiprahnya di EPL dengan performa apik dalam laga melawan Fulham pada 2024/2025.

Baca Juga: 3 Pemain Belanda yang Cetak Gol Debut Bersama Manchester United di EPL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya