3 Pemain Liverpool yang Paling Sering Cetak Gol ke Gawang MU

Ada yang sampai menyentuh dua digit

Rivalitas antara Liverpool dengan Manchester United merupakan salah satu yang terpanas dalam sejarah sepak bola Inggris. Kedua klub sama-sama berstatus tim besar dan tersukses dengan koleksi gelar juara Liga Inggris yang masih dipimpin oleh MU lewat 20 trofi sementara Liverpool 19. Namun, The Reds tercatat memiliki tiga pemain tersubur dalam duelnya melawan Manchester United di semua kompetisi.

Ketiga pemain tersebut merupakan sosok yang begitu disegani dan dicintai fans Liverpool. Mereka telah berkontribusi kepada prestasi klub lewat catatan golnya di atas lapangan. Terlebih lagi, ketiga pemain ini sering kali memberikan mimpi buruk bagi Manchester United.

Berikut tiga pemain Liverpool yang memiliki koleksi gol terbanyak dalam duel melawan MU.

1. Robbie Fowler membobol gawang MU sebanyak enam kali

3 Pemain Liverpool yang Paling Sering Cetak Gol ke Gawang MURobbie Fowler (liverpoolfc.com)

Robbie Fowler merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dilahirkan akademi Liverpool. Ia mengalami peningkatan yang cukup pesat sejak September 1993. Fowler sering kali meneror pertahanan lawan-lawannya di English Premier League (EPL) termasuk Manchester United. Ia berhasil menjebol gawang MU 6 kali dalam 15 laga sebagai pemain Liverpool.

Fowler menorehkan brace kala baru pertama kali menjebol gawang Manchester United di Old Trafford pada pekan kedelapan EPL 1995/1996. Ia kemudian mencetak dua gol untuk kedua kalinya saat Liverpool mengalahkan MU dengan skor 2-0 di stadion Anfield pada pekan ke-18. Fowler baru mencetak gol lagi ke gawang MU ketika Liverpool kalah 1-3 pada pekan ke-17 EPL 1997/1998. Gol terakhirnya ke gawang MU sebagai pemain Liverpool terjadi dalam pertandinga EPL pada pekan ke-31 2000/2001. Fowler mencetak satu gol dan assist dalam kemenangan Liverpool 2-0 atas MU.

2. Steven Gerrard mencetak sembilan gol kala menghadapi MU

3 Pemain Liverpool yang Paling Sering Cetak Gol ke Gawang MUSteven Gerrard (liverpoolfc.com)

Selain Fowler, Liverpool pernah mengorbitkan legenda Liverpool dan Timnas Inggris, Steven Gerrard. Ia memiliki kemampuan komplit sebagai gelandang serang. Gerrard dikenal dengan naluri mencetak gol yang tinggi serta tendangan keras dan akurat dari luar kotak penalti. Klub besar sekelas Manchester United saja berhasil dibobol sembilan kali olehnya.

Gerrard pertama kali mencetak gol ke gawang MU ketika Liverpool menang dengan skor 2-0 di stadion Anfield pada pekan ke-31 2000/2001. Ia kemudian menjadi salah satu pencetak gol kala Liverpool mempermalukan MU dengan skor 4-1 di Old Trafford pada pekan ke-29 EPL 2008/2009. Gerrard pernah menorehkan brace di Old Trafford dua kali ketika Liverpool kalah 2-3 dari MU pada 2010/2011 dan menang 3-0 pada 2013/2014. 

3. Mohamed Salah menjadi yang tersubur dengan koleksi 15 gol

3 Pemain Liverpool yang Paling Sering Cetak Gol ke Gawang MUMohamed Salah (premierleague.com)

Mohamed Salah secara konsisten mampu memberikan mimpi buruk kepada Manchester United tiap kali menghadapi Liverpool. Pemain asal Mesir itu kerap kali menorehkan gol yang membuat MU kalah dari Liverpool. Gol pertamanya terjadi lewat aksi solo run dari tengah setelah menerima umpan matang dari Alisson Becker pada pekan ke-23 EPL 2019/2020.

Selain itu, Salah pernah bikin para pemain MU tertunduk malu di hadapan pendukungnya yang memadati stadion Old Trafford ketika mencetak hattrick pada pekan kesembilan 2021/2022. Liverpool kala itu menang besar dengan skor 5-0 atas Manchester United. Ia menorehkan brace saat Liverpool dua kali membantai MU di Anfield dengan skor 4-0 pada pekan ke-30 2021/2022 serta 7-0 pada pekan ke-26 2022/2023. Terbaru, Salah mencetak satu gol ketika Liverpool menaklukan Manchester United dengan skor 3-0 di Old Trafford pada pekan ketiga 2024/2025. Ia secara keseluruhan menorehkan 15 gol ke gawang MU di semua kompetisi.

Ketiga pemain ini berhasil menjadi figur penting dalam kemenangan Liverpool atas MU lewat torehan golnya. Salah masih menjadi yang tersubur dengan koleksi 15 gol. Rekor ini akan sulit dilewati oleh pemain Liverpool lainnya. Sebab, pencetak gol terbanyak ketiga adalah Robbie Fowler dengan catatan enam gol.

Baca Juga: Mohamed Salah Kaget MU Gampang Banget Dijebol

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya