3 Pemain Kroasia Paling Tua yang Berlaga di Euro

Dedikasi mereka luar biasa #EURO2024

Kroasia memiliki deretan pemain veteran yang masih tampil prima pada usianya yang sudah melebihi 35 tahun. Mereka terus menjadi pilihan utama di level klub maupun internasional. Selain itu, kematangan mental serta pengalaman para pesepak bola veteran asal Kroasia berperan penting saat mengikuti turnamen mayor seperti Euro.

Sebagian dari mereka bahkan berhasil menorehkan catatan apik di Euro. Seperti tiga sosok berikut yang berhasil mengukir rekor sebagai pemain tertua Kroasia yang tampil di Euro. Mereka layak disebut sebagai legenda Kroasia.

1. Ivan Perisic tampil melawan Italia di Euro 2024 saat usianya 35 tahun 143 hari

3 Pemain Kroasia Paling Tua yang Berlaga di EuroIvan Perisic (uefa.com)

Ivan Perisic merupakan salah satu pemain Kroasia yang malang-melintang di klub-klub besar Eropa. Ia tercatat pernah bermain untuk Borussia Dortmund, Inter Milan, Bayern Muenchen, dan Tottenham Hotspur. Perisic beberapa kali meraih gelar juara bergengsi, seperti treble winner bersama Bayern Muenchen pada 2019/2020 dan Serie A Italia bersama Inter Milan pada 2020/2021.

Perisic juga menjadi bagian sejarah Kroasia yang berhasil menembus final Piala Dunia 2018 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2022. Selain itu, ia juga pemain tertua ketiga Kroasia yang mencatat penampilan di Euro. Perisic mencatat penampilan ke-13 di Euro saat masuk sebagai pemain pengganti ketika Kroasia seri 1-1 melawan Italia pada fase grup edisi 2024. Usianya saat itu sudah memasuki 35 tahun 143 hari.

Baca Juga: Maximilian Mittelstaedt, Si Underrated Jerman di Euro 2024

2. Niko Kovac memimpin Kroasia melawan Turki di Euro 2008 ketika berusia 36 tahun 249 hari

3 Pemain Kroasia Paling Tua yang Berlaga di EuroNiko Kovac (uefa.com)

Niko Kovac menghabiskan sebagian besar kariernya dengan membela klub-klub Bundesliga, seperti Hertha Berlin, Bayer Leverkusen, Hamburg SV, dan Bayern Muenchen. Ia hanya sekali bermain untuk klub di luar Jerman ketika menutup kariernya sebagai pesepak bola berama Red Bull Salzburg pada 2006--2009. Di sisi lain, Kovac merupakan pemain andalan di lini belakang Timnas Kroasia saat tampil di turnamen mayor macam Euro.

Ia berpartisipasi di Euro dalam dua edisi pada 2004 dan 2008. Kovac selalu menjadi starter ketika berlaga di Euro 2004. Ia kemudian ditunjuk sebagai kapten Timnas Kroasia saat mengikuti Euro 2008. Kovac selalu tampil penuh dari menit pertama dalam tiga laga Euro 2008. Sayangnya, ia gagal meloloskan Kroasia ke semifinal setelah kalah melawan Turki lewat adu penalti pada perempat final. Usia Kovac kala itu sudah memasuki 36 tahun 249 hari.

3. Luka Modric bermain apik pada fase grup Euro 2024 saat usianya 38 tahun 289 hari

3 Pemain Kroasia Paling Tua yang Berlaga di EuroLuka Modric (uefa.com)

Luka Modric telah dianggap sebagai legenda Kroasia setelah menuai kesuksesan selama bermain untuk Real Madrid sejak musim panas 2012. Dedikasinya bagi Timnas Kroasia juga tidak perlu diragukan lagi. Modric masih tampil prima dengan visi permainan saat tampil di Euro 2024.

Ia merupakan pemain paling senior di Timnas Kroasia pada Euro 2024. Modric memimpin rekan-rekannya sebagai kapten dalam tiga laga babak grup. Ia bahkan mencetak gol saat Kroasia menghadapi Italia. Sayangnya, laga tersebut berakhir imbang 1-1 usai Mattia Zaccagni membobol gawang Kroasia pada menit 90+8. Modric harus menutup perjalanannya di Euro dengan tidak lolos ke fase selanjutnya. Ia berusia 38 tahun 289 hari saat mencatat penampilan terakhirnya di Euro 2024.

Ketiga pemain Kroasia di atas layak disebut sebagai legenda. Komitmen mereka untuk memajukan sepak bola Kroasia telah terbukti saat tampil di turnamen mayor. Meski tidak meraih gelar juara, rekor-rekor yang diciptakan ketiga pemain ini terbilang luar biasa dan sulit dipecahkan pemain Kroasia lainnya.

Baca Juga: 3 Pemain yang Cetak Rekor pada Laga Kroasia vs Italia di Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya