3 Pemain Kelahiran 2000-an dengan Koleksi Penampilan UCL Terbanyak

Era baru telah dimulai

Intinya Sih...

  • Pemain kelahiran 2000-an, seperti Phil Foden, Rodrygo Goes, dan Vinicius Jr, telah menjadi andalan klub-klub besar Eropa.
  • Phil Foden telah mencatat 52 penampilan dengan total 15 gol dan 11 assist di UCL bersama Manchester City.
  • Rodrygo Goes dan Vinicius Jr juga telah menunjukkan performa apik dengan torehan masing-masing 52 penampilan dan 56 penampilan di Liga Champions Eropa.

Sebagian pemain kelahiran 2000-an mengalami peningkatan pesat dalam kariernya bersama klub-klub besar Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Mereka sudah menjadi andalan bagi klub yang dibelanya saat berlaga baik di pertandingan besar seperti Liga Champions Eropa (UCL).

Beberapa dari pemain kelahiran 2000-an itu bahkan sudah mengoleksi lebih dari 50 penampilan di UCL bersama klub-klub elite Eropa. Berikut tiga pemain kelahiran 2000-an yang mencatat penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa.

1. Phil Foden telah bermain dalam 52 laga UCL bersama Manchester City

3 Pemain Kelahiran 2000-an dengan Koleksi Penampilan UCL TerbanyakPhil Foden (twitter.com/ManCity)

Phil Foden merupakan salah satu talenta Inggris yang mengalami lonjakan karier bersama Manchester City. Pemain kelahiran 28 Mei 2000 itu mengalami perkembangan pesat dalam permainannya sejak promosi ke skuad utama The Citizens di bawah asuhan Pep Guardiola. Foden turut menjadi bagian penting Manchester City dalam mendominasi English Premier League (EPL) sejak 2017/2018.

Pemain asal Inggris itu tidak hanya bersinar di EPL, tetapi kerap kali menjadi andalan Manchester City di Liga Champions Eropa. Foden telah mengoleksi 52 penampilan dengan total 15 gol dan 11 assist di UCL. Ia turut mempersembahkan gelar juara UCL bagi Manchester City untuk pertama kalinya pada 2022/2023.

Baca Juga: 3 Pemain Termuda Real Madrid yang Menjadi Starter di Final UCL

2. Rodrygo Goes mengoleksi 52 penampilan di UCL dengan Real Madrid

3 Pemain Kelahiran 2000-an dengan Koleksi Penampilan UCL TerbanyakRodrygo (uefa.com)

Rodrygo Goes perlahan-lahan mulai menjadi andalan di lini depan Real Madrid. Permainannya mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah didatangkan dari Santos pada Juli 2019. Rodrygo tidak hanya diandalkan di LaLiga Spanyol, tetapi juga di Liga Champions Eropa.

Penampilan pertamanya di UCL terjadi saat Real Madrid menang 1-0 atas Galatasaray pada Oktober 2019. Pemain kelahiran 9 Juni 2001 itu perlahan-lahan mulai bermain secara reguler di Liga Champions Eropa sejak 2019/2020. Rodrygo kini mengoleksi 52 penampilan dengan torehan 20 gol dan 12 assist. Ia sudah dua kali menjuarai Liga Champions Eropa bersama Real Madrid pada 2021/2022 dan 2023/2024.

3. Vinicius Jr menorehkan 56 penampilan di UCL bersama Real Madrid

3 Pemain Kelahiran 2000-an dengan Koleksi Penampilan UCL TerbanyakVinicius Jr (uefa.com)

Vinicius Jr menunjukkan potensinya sebagai calon pemain terbaik dunia sejak bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2018. Ia terus mengalami grafik peningkatan dalam permainannya baik di LaLiga Spanyol maupun Liga Champions Eropa. Vinicius Jr menjadi bagian penting dalam perjalanan Real Madrid ketika meraih gelar juara UCL pada 2021/2022 dan 2023/2024.

Pasalnya, pemain kelahiran 12 Juli 2000 itu mencetak gol dalam laga final pada 2 musim tersebut. Vincius Jr berhasil mengukir rekor sebagia pemain termuda yang mencetak gol di dua pertandingan UCL dengan usianya 23 tahun 325 hari. Ia melewati rekor Lionel Messi yang mencetak gol dalam dua laga final Liga Champions Eropa ketika berusia 23 tahun 338 hari pada 2011. Vinicius Jr kini mengoleksi 56 penampilan dan mencetak 21 gol dan 22 assist di Liga Champions Eropa.

Ketiga pemain di atas telah menampilkan permainan apik di Liga Champions Eropa dalam 5 musim terakhir. Kehadiran mereka menandakan generasi baru sepak bola telah lahir. Ketiga pemain di atas digadang-gadang akan menjadi calon peraih penghargaan Ballon d'or dalam beberapa tahun selanjutnya. Mereka akan bersaing ketat dengan pemain-pemain hebat lainnya, seperti Erling Haaland, Kylian Mbappe, dan Jude Bellingham.

Baca Juga: 3 Pemain Inggris yang Menjuarai UCL dengan Klub Non-EPL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya