3 Pemain Juventus yang Pernah Dibeli Liverpool, Chiesa Terbaru!

Ada juga legenda Liverpool

Liverpool dan Juventus merupakan klub besar Eropa dengan kekayaan sejarah dan prestasi. Kedua klub memiliki koneksi cukup unik setelah tragedi stadion Heysel pada Mei 1985. Selain itu, Liverpool dan Juventus beberapa kali melakukan transaksi pertukaran pemain.

Misalnya, Emre Can yang dilepas secara gratis dari Liverpool ke Juventus atau peminjaman Arthur Melo dari Juventus ke Liverpool. Di sisi lain, Liverpool pernah membeli tiga pemain Juventus pada bursa transfer musim panas. Berikut ketiga pemain tersebut.

1. Ian Rush melegenda di Liverpool, tetapi gagal total di Juventus

3 Pemain Juventus yang Pernah Dibeli Liverpool, Chiesa Terbaru!Ian Rush (liverpoolfc.com)

Ian Rush dikenal sebagai legenda Liverpool dengan segudang rekor dan prestasi. Namun, ia ternyata pernah menjalani karier yang tidak begitu sukses bersama Juventus. Rush terlebih dahulu membela Liverpool selama 6 tahun pada periode pertamanya 1980--1986.

Ia secara konsisten mencetak dua digit gol di Liga Inggris yang masih menggunakan format First Division. Rush bahkan pernah dua kali mencetak 32 gol dari 41 laga First Division pada 1983/1984. Ketajamannya membuat Juventus tertarik untuk mendatangkannya pada musim panas 1986.

Klub berjuluk La Vecchia Signora itu membeli Rush dari Liverpool dengan harga 5 juta euro atau Rp85 miliar. Juventus memutuskan meminjamkan Rush terlebih dahulu kepada Liverpool selama setahun pada 1986/1987. Ia berhasil menorehkan 30 gol dalam 42 laga First Division pada musim tersebut. Sayangnya, Rush gagal menampilkan ketajamannya ketika kembali dari masa peminjaman ke Juventus pada 1987/1988. Ia hanya mencetak 7 gol dalam 29 pertandingan Serie A Italia.

Kariernya terselamatkan setelah Liverpool membelinya kembali dari Juventus pada musim panas 1988. The Reds menebus pemain asal Wales itu sebesar 3 juta euro atau Rp51 miliar. Rush sukses mengembalikan ketajamannya dalam periode keduanya bersama Liverpool pada 1988--1996. Ia total mengoleksi 339 gol dalam 653 penampikan di semua kompetisi bersama The Reds.

2. Christian Poulsen gagal menampilkan performa terbaiknya di Liverpool

3 Pemain Juventus yang Pernah Dibeli Liverpool, Chiesa Terbaru!Christian Poulsen (kiri) (uefa.com)

Christian Poulsen membela Juventus selama 2 tahun pada 2008--2010. Namun, performanya sebagai gelandang sentral tidak begitu impresif. Poulsen hanya berkontribusi 1 gol dan 3 assist dalam 60 penampilan di semua kompetisi.

Alhasil, ia dijual kepada Liverpool yang kala itu mencari pengganti Javier Mascherano. The Reds menebusnya dengan harga 5,48 juta euro atau Rp94 miliar pada musim panas 2010. Poulsen kembali gagal menampilkan permainan terbaiknya selama di Liverpool. Ia hanya bermain dalam 21 pertandingan tanpa mencetak gol maupun assist. Liverpool memutuskan melepas Poulsen secara gratis kepada Evian pada musim panas 2011.

3. Federico Chiesa menjadi pembelian murah meriah Liverpool dari Juventus

3 Pemain Juventus yang Pernah Dibeli Liverpool, Chiesa Terbaru!Federico Chiesa (instagram.com/juventus)

Federico Chiesa dibeli Juventus dari Fiorentina dengan harga yang cukup mahal sebesar 44,6 juta euro atau Rp764 miliar pada musim panas 2020. Ia saat itu tengah menjadi perbincangan di sepak bola Italia berkat permainan impresif bersama La Viola. Chiesa awalnya tampil cukup memukau bersama Juventus pada musim debutnya. Ia mencetak 14 gol dan 10 assist dalam 43 pertandingan di semua kompetisi pada 2020/2021.

Namun, cedera ACL membuatnya absen cukup lama pada 2021/2022. Performa Chiesa sebenarnya tidak begitu buruk usai kembali fit. Ia berhasil mencetak 10 gol dan 3 assist dalam 37 laga di semua kompetisi pada 2023/2024. Akan tetapi, kedatangan manajer baru Juventus, Thiago Motta, membuatnya tersingkir dari tim utama. Motta secara terang-terangan mengatakan Chiesa tidak masuk dalam rencananya.

Alhasil, Juventus harus melepas Chiesa dengan harga murah. Sebab, pernyataan Motta telah menurunkan nilai jual sang pemain. Kondisi ini dimanfaatkan Liverpool yang butuh penyerang tambahan di lini depan. Menurut jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, Liverpool dan Juventus telah mencapai kesepakatan terkait transfer Chiesa dengan harga 13 juta euro atau Rp222 miliar. Ia akan menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun. 

Dari tiga pemain di atas, hanya Rush yang mampu bersinar di Liverpool setelah dibeli dari Juventus pada musim panas 1988. Poulsen yang diharapkan menjadi solusi di lini tengah The Reds gagal menampilkan performa apik. Sementara itu, Chiesa akan bersaing dengan para penyerang sayap Liverpool, macam Mohamed Salah, Luis Diaz, Cody Gakpo, dan Harvey Elliott. Mampukah ia bersinar bersama The Reds? Patut dinanti.

Baca Juga: Federico Chiesa Selangkah Lagi Gabung Liverpool

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya