3 Pemain Everton yang Kena Kartu Merah dalam Laga Derbi Merseyside

Bukti bahwa derby ini selalu panas

Laga derbi Merseyside antara Liverpool melawan Everton tersaji di English Premier League (EPL) pekan ke-9 pada 21 Oktober 2023. Pertandingan tersebut digelar di kandang Liverpool, Stadion Anfield. Derbi Mersyeside merupakan salah satu laga terpanas dalam sejarah sepak bola Inggris.

Total 28 pemain pernah diusir keluar lapangan oleh wasit dalam sejarah derbi Merseyside. Rinciannya, 9 kartu merah untuk pemain Liverpool sedangkan 19 lainnya bagi pasukan Everton. Tercatat, ada tiga pemain Everton yang pernah menerima kartu merah dalam pertandingan derbi Merseyside pada sedekade terakhir.

1. Jack Rodwell melakukan tekel keras kepada Luis Suarez

3 Pemain Everton yang Kena Kartu Merah dalam Laga Derbi MerseysideJack Rodwell (kiri) (evertonfc.com)

Jack Rodwell mendapati dirinya terkena kartu merah ketika melayangkan sebuah tekel kepada Luis Suarez dalam laga derbi merseyside di stadion Goodison Park pada musim 2011/2012. Akibatnya, Everton bermain dengan 10 pemain dan harus menerima kekalahan 2-0 atas Liverpool. Namun, insiden kartu merah ini mengandung kontroversi.

Pasalnya, dalam tayangan ulang terlihat tekel Rodwell mengenai bola dan Suarez langsung melompat lalu jatuh kesakitan seakan-akan kakinya baru dihantam dengan keras. Rodwell dan Everton melakukan banding atas kartu merah tersebut. Asosiasi sepak bola Inggris (FA) menerima banding tersebut sehingga sanksi larangan bermain dalam 3 pertandingan untuk Rodwell akhirnya dicabut.

2. Ramiro Funes Mori minta maaf atas aksinya yang berakibat kartu merah

3 Pemain Everton yang Kena Kartu Merah dalam Laga Derbi MerseysideRamiro Funes Mori (evertonfc.com)

Ramiro Funes Mori harus diusir dari lapangan setelah menghantam kaki Divock Origi dengan keras dari belakang dalam pertandingan derbi Merseyside di kandang Liverpool, stadion Anfield, pada 2015/2016. Everton yang bermain dengan 10 pemain akhirnya kalah telak 4-0 atas Liverpool. Selain membuat Everton kesulitan dalam laga tersebut, Funes Mori juga tidak bisa bermain ketika The Toffees bertemu dengan Manchester United di semifinal Piala FA.

Tekel Funes Mori itu juga bikin Origi mengalami cedera engkel. Beruntung, kaki Origi tidak mengalami patah berdasarkan hasil tes medis. Funes Mori kemudian meminta maaf kepada Origi dan juga fans Everton atas aksinya itu.

3. Richarlison bikin Thiago Alcantara harus absen cukup lama

3 Pemain Everton yang Kena Kartu Merah dalam Laga Derbi MerseysideRicharlison (evertonfc.com)

Richarlison melayangkan tekel berbahaya kepada Thiago Alcantara saat kedua pemain itu beradu fisik dalam laga derbi Merseyside di Stadion Goodison Park pada 2020/2021. Pemain asal Brasil itu tidak berhasil mendapatkan bola dan kakinya menghantam lutut Thiago dengan keras. Aksi Richarlison itu dianggap membahayakan pemain lawan sehingga wasit langsung memberikan kartu merah. Selain itu, Thiago mengalami cedera cukup panjang di bagian lututnya sehingga harus absen cukup lama.

Richarlison langsung meminta maaf kepada Thiago, rekan satu timnya, dan fans Everton atas insiden tersebut. Ia menegaskan bahwa dirinya tidak bermaksud mencederai pemain lawan. Bahkan, Richarlison meminta maaf secara langsung kepada pemain asal Spanyol itu melalui direct message di Instagram. Namun, Thiago hanya membaca tanpa membalasnya sehingga Richarlison menghapus pesan itu.

Derbi Merseyside kini sudah memasuki edisi yang ke-243 dalam sejarah sepak bola Inggris. Lebih rinci lagi, Liverpool dan Everton sudah bertemu 210 kali di EPL. Secara statistik, Liverpool unggul dengan menang 99 kali sedangkan Everton menang 67 kali.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Terbanyak di Derbi Merseyside, Salah Bukan yang Teratas

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya