4 Pemain Everton dengan Koleksi Gol Terbanyak di Premier League

Ada pemain asal Australia

Everton sering menjadi tim kuda hitam di English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Toffees itu beberapa kali menyulitkan tim-tim papan atas, termasuk tetangganya, Liverpool. Hal tersebut tidak lepas dari peran para pemainnya terutama di lini depan yang tampil tajam di EPL.

Beberapa penyerang terbaik yang pernah membela Everton berhasil mengukir rekor sebagai top skor sepanjang masa klub di EPL. Ketajaman mereka kerap mengangkat posisi Everton ke papan tengah klasemen di kasta tertinggi Liga Inggris. Berikut empat pemain Everton dengan koleksi gol terbanyak di Premier League itu.

1. Romelu Lukaku mengoleksi 68 gol untuk Everton di Premier League

4 Pemain Everton dengan Koleksi Gol Terbanyak di Premier LeagueRomelu Lukaku (evertonfc.com)

Romelu Lukaku mulai dikenal sebagai striker tajam di Eropa kala membela Everton pada 2013--2017. Ia awalnya bergabung dengan Everton dari Chelsea dengan status pinjaman. Pemain asal Belgia itu dipermanenkan Everton setelah mencetak 15 gol dalam 31 laga di Premier League 2013/2014.

Lukaku terus menunjukkan peningkatan dalam permainannya di Everton. Puncaknya, ia berhasil menorehkan 25 gol dalam 37 laga di EPL 2016/2017. Lukaku mencetak total 68 gol dalam 141 penampilan di kasta tertinggi Liga Inggris bersama Everton. Ia menjadi top skor sepanjang masa The Toffees di EPL. Rekornya belum terpecahkan sampai September 2024.

2. Duncan Ferguson menciptakan 60 gol sebagai pemain Everton di Premier League

Sama seperti Lukaku, Duncan Ferguson awalnya berstatus sebagai pemain pinjaman dari Rangers ketika baru bergabung dengan Everton pada Oktober 1994. Ia lalu dipermanenkan Everton pada Januari 1995. Ferguson sempat hengkang ke Newcastle United pada Januari 1999. Namun, ia kembali ke Everton pada Juli 2000.

Ferguson terus membela Everton sampai pensiun sebagai pesepak bola pada Juli 2006. Ia menorehkan total 60 gol dari 239 penampilannya di kasta tertinggi Liga Inggris. Ferguson sempat menjadi pencetak gol tebanyak Everton sebelum akhirnya dipecahkan Romelu Lukaku.

Baca Juga: 4 Pemain Terakhir yang Diboyong Aston Villa dari Everton

3. Tim Cahill menorehkan 56 gol bersama Everton di Premier League

4 Pemain Everton dengan Koleksi Gol Terbanyak di Premier LeagueTim Cahill (x.com/Tim_Cahill)

Tim Cahill merupakan sosok yang begitu dihormati fans Everton. Ia selalu bermain dengan energi penuh dan memiliki komitmen tinggi untuk menampilkan performa terbaiknya. Cahill juga memiliki jiwa kepemimpinan sehingga beberapa kali ditunjuk sebagai kapten tim.

Ia bermain di posisi gelandang serang. Namun, Cahill punya naluri mencetak gol yang cukup tinggi. Ia membuktikannya dengan mengoleksi 56 gol dari 226 penampilan di Premier League bersama Everton pada 2004--2012.

4. Dominic Calvert-Lewin menyamai pencapaian Tim Cahill di Premier League

4 Pemain Everton dengan Koleksi Gol Terbanyak di Premier LeagueDominic Calvert-Lewin (premierleague.com)

Dominic Calvert-Lewin merupakan tipe striker nomor 9 klasik. Ia lebih sering menunggu umpan dari rekan-rekannya ketimbang turun untuk membantu pertahanan atau memulai serangan. Sayangnya, Calvert-Lewin belum mencapai level konsisten dalam penampilannya di Premier League.

Terbukti, ia baru dua kali mencetak dua digit gol dalam semusim pada 2019/2020 dan 2020/2021. Calvert-Lewin pernah menorehkan 13 gol dari 36 laga dan 16 gol dalam 33 laga di semua kompetisi. Meski begitu, ia tetap masuk jajaran top skor sepanjang masa Everton di EPL. Calvert-Lewin menorehkan total 56 gol dalam 217 laga EPL bersama Everton.

Keempat pemain di atas menunjukkan betapa pentingnya kehadiran mereka bagi ketajaman tim. Dari keempat nama-nama di atas, hanya Calvert-Lewin yang berpeluang memecahkan rekor gol Lukaku, yaitu 68 gol di EPL. Sebab, ia masih aktif berseragam Everton dan tengah dalam performa terbaiknya dengan mencetak 2 gol dalam 4 laga EPL pada awal 2024/2025.

Baca Juga: 4 Pemain U-23 yang Memperkuat Everton pada 2024/2025

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya