3 Pemain Debutan Inggris Termuda di Euro

Hanya satu nama yang bakal kembali tampil di Euro 2024

Intinya Sih...

  • Wayne Rooney debut di Euro 2004 sebagai striker utama Timnas Inggris.
  • Marcus Rashford tampil pada Euro 2016, namun absen di Euro 2024.
  • Jude Bellingham jadi debutan termuda Inggris di Euro 2020 dan terus menunjukkan peningkatan permainan.

Beberapa talenta muda Inggris berhasil mencatat rekor sebagai pemain termuda yang tampil di turnamen internasional seperti Euro. Mereka dinilai punya kualitas yang layak untuk membela The Three Lions dan bermain di kompetisi level tinggi.

Sebagian besar para pemain muda tersebut mengalami perkembangan karier cukup pesat bersama klub dan kerap kali kembali diandalkan Timnas Inggris. Punya potensi besar, berikut tiga pemain yang mencatatkan rekor sebagai debutan termuda Timnas Inggris di ajang Euro.

1. Wayne Rooney melakoni debut di Euro saat usianya 18 tahun 233 hari

3 Pemain Debutan Inggris Termuda di EuroWayne Rooney (thefa.com)

Wayne Rooney mendapat kesempatan tampil di turnamen internasional ketika dipanggil Timnas Inggris untuk berlaga di Euro 2004. Manajer Timnas Inggris kala itu, Sven-Goran Eriksson, menilai sang pemain memiliki kualitas top untuk menjadi striker utama The Three Lions. Penampilan apik Rooney bersama Everton dan Manchester United di English Premier League (EPL) dalam 2 musim saja cukup membuktikan dirinya layak diandalkan sebagai penyerang utama Inggris.

Rooney tampil sebagai pemain utama ketika Inggris menghadapi Prancis di laga pertama pada babak grup Euro 2004. Usianya saat itu baru memasuki 18 tahun 233 hari. Sayangnya, Inggris harus menelan kekalahan 1-2 atas Prancis. Rooney sendiri terus mengalami perkembangan dalam permainannya di level klub dan internasional. Kini, namanya bertengger di urutan kedua sebagai top skor sepanjang masa Inggris dengan koleksi 53 gol dalam 120 penampilan.

Baca Juga: 5 Pemain Crystal Palace yang akan Bermain di Euro 2024

2. Marcus Rashford bermain di Euro untuk pertama kalinya saat berusia 18 tahun 229 hari

3 Pemain Debutan Inggris Termuda di EuroMarcus Rashford (thefa.com)

Marcus Rashford membuat sensasi ketika baru menjalani musim debutnya di skuad utama Manchester United pada 2015/2016. Ia langsung mencetak brace atau 2 gol dan 1 assist ketika MU mengalahkan Arsenal dengan skor 3-2 pada pekan 27 EPL. Kecepatan, gaya permainan agresif, etos kerja tinggi, dan naluri mencetak gol membuat manajer Timnas Inggris saat itu, Roy Hodgson, memanggil Marcus Rashford untuk ikut terlibat di Euro 2016.

Ia akhirnya melakoni laga pertamanya di Euro ketika masuk sebagai pemain pengganti ketika Inggris menang 2-1 atas Wales pada fase grup. Rashfrod masuk menggantikan Adam Lallana pada menit ke-73. Ia saat itu masih berusia 18 tahun 229 hari. Ia lalu sering menjadi andalan Timnas Inggris di turnamen internasional berikutnya seperti Piala Dunia 2018 dan 2022 serta Euro 2020. Namun, manajer Timnas Inggris saat ini, Gareth Southgate, tidak mengajaknya dalam 26 pemain yang berangkat ke Jerman untuk bertanding pada Euro 2024 akibat inkonsistensi permainan yang ia tampilkan dalam 2 musim terakhir.

3. Jude Bellingham membela Timnas Inggris di Euro 2020 saat usianya baru 17 tahun 349 hari

3 Pemain Debutan Inggris Termuda di EuroJude Bellingham (thefa.com)

Jude Bellingham telah menunjukkan potensi besarnya sejak masih remaja. Ia mengasah kualitas permainannya saat didatangkan Borussia Dortmund dari Birmingham City pada musim panas 2020. Bellingham berhasil mencatat 46 penampilan dengan torehan 4 gol dan 4 assist di semua kompetisi untuk Dortmund.

Performanya yang konsisten membuat Southgate mengajaknya dalam skuad Timnas Inggris yang berlaga di Euro 2020. Bellingham menjalani pertandingan pertamanya ketika masuk menggantikan Harry Kane saat Inggris menang 1-0 kontra Kroasia pada babak grup Euro 2020. Saat itu usianya baru 17 tahun 349 hari. Bellingham sukses mengukir rekor sebagai pemain termuda yang tampil untuk Timnas Inggris di Euro.

Ketiga talenta muda Inggris di atas terbukti mampu menjalani karier yang cemerlang. Rooney berhasil menjadi top skor sepanjang masa Inggris dengan total mencetak 53 gol sebelum dipecahkan Harry Kane pada Maret 2023. Rashford turut berkontribusi dalam perjalanan Timnas Inggris menembus babak semifinal Piala Dunia 2018 dan final Euro 2020. Sayangnya, ia tidak masuk dalam skuad Inggris di Euro 2024. Sementara itu, Bellingham tengah menunjukkan peningkatan permainan yang luar biasa bersama Real Madrid. Ia kini menjadi andalan di sektor gelandang serang Inggris menerjang Euro 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Aston Villa yang akan Berkompetisi di Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya