3 Pemain yang Cetak 2 Digit Gol dan Assist di LaLiga pada Musim Debut

Hanya satu pemain dari Eropa

LaLiga Spanyol mempunyai segudang rekor unik yang diukir oleh para pemain bintang dari berbagai negara. Salah satu rekor yang menarik untuk dibahas terkait capaian gol dan assist. Menurut Opta, setidaknya ada tiga pemain yang berhasil mencetak dua digit gol dan assist saat melakoni musim debutnya di LaLiga.

Rekor ini terbilang unik dan sulit diukir. Pasalnya, bintang seperti Cristiano Ronaldo saja mencetak 29 gol, tetapi capaian assist hanya 9 saat menjalani musim debutnya di LaLiga bersama Real Madrid pada 2009/2010. Maka dari itu, rekor dua digit gol dan assist ini bukan sesuatu yang mudah dicapai.

Berikut tiga pemain yang berhasil menorehkan dua digit gol dan assist.

1. Gareth Bale mencetak 16 gol dan 14 assist di LaLiga pada 2013/2014

3 Pemain yang Cetak 2 Digit Gol dan Assist di LaLiga pada Musim DebutGareth Bale (uefa.com)

Gareth Bale memecahkan rekor transfer pemain termahal di dunia ketika didatangkan Real Madrid dari Tottenham Hotspur. Pemain asal Wales itu ditebus dengan harga 101 juta euro atau Rp1,7 triliun pada musim panas 2013. Ekspektasi fans Real Madrid kepada Bale cukup besar mengingat reputasinya sebagai winger haus gol selama bekarier di English Premier League (EPL). Terlebih lagi, ia akan bermain dengan bintang-bintang Real Madrid lainnya, macam Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Luka Modric.

Bale menjalani musim debutnya di Real Madrid dengan cukup baik. Ia berhasil mencetak 15 gol dan 12 assist dalam 27 pertandingan di LaLiga Spanyol pada 2013/2014. Bale memang tidak menjuarai LaLiga bersama Real Madrid pada musim tersebut. Namun, ia menampilkan aksi memukau kala mencetak gol tunggal dalam kemenangan Real Madrid 2-1 atas Barcelona di final Copa Del Rey. Bale juga menorehkan satu gol ketika Los Blancos mengalahkan Atletico Madrid 4-1 di laga final Liga Champions pada 2013/2014.

2. Luis Suarez menorehkan 16 gol dan 14 assist di LaLiga pada 2014/2015

3 Pemain yang Cetak 2 Digit Gol dan Assist di LaLiga pada Musim DebutLuis Suarez (fcbaracelona.com)

Luis Suarez bergabung dengan Barcelona setelah tampil apik bersama Liverpool pada 2013/2014. Ia sebelumnya mencetak 31 gol dan 13 assist dalam 33 laga EPL pada musim tersebut. Suarez kemudian pindah ke Barcelona dengan biaya transfer sebesar 81,72 juta euro atau Rp1,3 triliun pada musim panas 2014. Ia awalnya dikritik karena kesulitan mencetak gol dalam tujuh laga pertamanya di LaLiga.

Meski begitu, Suarez berhasil menemukan performa terbaiknya dan membentuk kemitraan apik dengan Lionel Messi dan Neymar. Pemain asal Uruguay itu menorehkan total 16 gol dan 14 assist di LaLiga pada 2014/2015. Suarez turut menjadi bagian sejarah Barcelona yang berhasil meraih treble winner dengan menjuarai LaLiga, Copa Del Rey, dan Liga Champions Eropa pada musim tersebut.

3. James Rodriguez tampil apik dengan catatan 13 gol dan assist di LaLiga pada 2014/2015

3 Pemain yang Cetak 2 Digit Gol dan Assist di LaLiga pada Musim DebutJames Rodriguez (x.com/ChampionsLeague)

James Rodriguez mencuri perhatian publik sepak bola dunia setelah tampil apik pada Piala Dunia 2014. Ia mencetak 6 gol dan 2 assist dalam 5 laga Piala Dunia 2014 bersama Timnas Kolombia. James juga menorehkan 10 gol dan 14 assist dari 38 laga di semua kompetisi dengan AS Monaco pada 2013/2014. Berkat aksinya itu, ia menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Real Madrid menjadi pihak yang berhasil mendatangkannya dengan biaya transfer sebesar Rp1,2 triliun.

Performa James cukup impresif di LaLiga pada musim debutnya. Ia mencetak masing-masing 13 gol dan assist dalam 29 pertandingan di LaLiga pada 2014/2015. Sayangnya, penampilan apik itu tidak berlanjut pada musim-musim selanjutnya. Sebab, James kehilangan posisinya di tim utama sejak kedatangan Zinedine Zidane pada pertengahan 2015/2016. Ia kini kembali ke LaLiga bersama Rayo Vallecano pada musim panas 2024.

Ketiga pemain di atas sukses menampilkan permainan terbaiknya saat melakoni musim debutnya di LaLiga. Catatan dua digit gol dan assist tersebut belum mampu ditorehkan oleh pemain manapun per September 2024. Mampukah para pemain baru di LaLiga, seperti Julian Alvarez di Atletico Madrid, Kylian Mbappe di Real Madrid, atau Dani Olmo di Barcelona menorehkan rekor dua digit gol dan assist pada 2024/2025? Patut dinanti.

Baca Juga: James Rodriguez Kembali ke Spanyol, Gabung Rayo Vallecano!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya