4 Pemain Belanda yang Mencetak Gol di 4 Turnamen Mayor

Semuanya pernah bermain di EPL #EURO2024

Belanda selalu melahirkan penyerang papan atas yang mampu bersinar di turnamen mayor, seperti Euro dan Piala Dunia. Dari generasi Marco van Basten, Ruud van Nistelrooy, sampai Cody Gakpo, sebagian di antara mereka berhasil mengukir rekor apik terkait torehan gol di turnamen mayor.

Salah satunya mencetak gol di empat turnamen mayor berbeda. Rekor ini bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai. Striker sekelas van Nistelrooy dan van Basten saja tidak mampu melakukannya. Namun, empat penyerang Belanda ini berhasil membobol gawang lawan di empat turnamen mayor.

1. Dennis Bergkamp konsisten mencetak gol untuk Belanda sejak Euro 1992

4 Pemain Belanda yang Mencetak Gol di 4 Turnamen MayorDennis Bergkamp (kanan) (uefa.com)

Dennis Bergkamp merupakan striker andalan Belanda pada era 1990-an. Ia memulai kiprahnya di turnamen mayor dengan apik lewat torehan 3 gol dalam 4 pertandingan Euro 1992. Kegemilangan Bergkamp berlanjut ketika mencetak 4 gol dalam 5 pertandingan Piala Dunia 1994.

Bergkamp masih mampu menciptakan 1 gol dalam 4 laga di Euro 1996. Ia kembali mencetak total 3 gol dalam 7 pertandingan Piala Dunia 1998. Sayangnya, Bergkamp tidak menorehkan gol di Euro 2000, tetapi mampu memberikan tiga assist saat membawa Belanda mencapai semifinal.

2. Arjen Robben tampil subur sejak Piala Dunia 2006

4 Pemain Belanda yang Mencetak Gol di 4 Turnamen MayorArjen Robben (uefa.com)

Arjen Robben pertama kali membela Belanda di turnamen mayor saat menjadi pemain inti pada Euro 2004. Ia memang tidak mencetak gol, tetapi sukses memberikan tiga assist dalam perjalanan The Oranje menembus semifinal. Robben baru mencetak gol di turnamen mayor ketika Belanda mengalahkan Serbia-Montenegro 1-0 pada fase grup Piala Dunia 2006.

Ia juga mencetak satu gol ketika Belanda tampil di Euro 2008. Robben menjadi salah satu pencetak gol ketika Belanda mengalahkan Prancis 4-1. Ia lalu membobol gawang lawan dua kali saat bertanding di Piala Dunia 2010. Robben sempat absen mencetak gol saat Belanda tampil buruk di Euro 2012. Ia baru menorehkan gol lagi di turnamen mayor ketika mencatat 3 gol dalam 6 laga pada Piala Dunia 2014.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Tertua Kroasia dalam Sejarah Euro

3. Memphis Depay sukses mencetak gol dalam empat turnamen mayor

4 Pemain Belanda yang Mencetak Gol di 4 Turnamen MayorMemphis Depay (instagram.com/memphisdepay)

Memphis Depay mulai dikenal publik sepak bola ketika berhasil menorehkan 2 gol dan 1 assist dalam 4 laga Piala Dunia 2014. Namun, ia sempat absen dari turnamen mayor saat The Oranje gagal lolos ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Depay kembali membela Belanda di turnamen mayor ketika berpartisipasi di Euro 2020.

Ia sukses mencatat 2 gol dan 1 assist dalam 4 pertandingan Euro 2020. Depay melanjutkan kegemilangannya bersama Timnas Belanda ketika berhasil mencetak 1 gol dari 5 laga Piala Dunia 2022. Ia kemudian berhasil mencetak satu gol di Euro 2024, tetapi Belanda menelan kekalahan dari Austria dengan skor 2-3 pada fase grup.

4. Robin van Persie tampil subur di lima turnamen mayor bersama Belanda

4 Pemain Belanda yang Mencetak Gol di 4 Turnamen MayorRobin van Persie (uefa.com)

Robin van Persie mengawali perjalanannya di turnamen mayor ketika membela Timnas Belanda pada Piala Dunia 2006. Ia sukses mencetak satu gol ketika Belanda menang 2-1 atas Pantai Gading pada fase grup. Van Persie lalu menorehkan dua gol di Euro 2008 saat Belanda menang 4-1 atas Prancis dan 2-0 kontra Rumania.

Ia kemudian mencetak satu gol dalam kemenangan Belanda versus Kamerun dengan skor 2-1 pada Piala Dunia 2010. Van Persie masih bisa mencetak satu gol ketika Belanda kalah 1-2 dari Jerman pada Euro 2012. Ia lalu melakukan aksi heroik ketika mencetak brace ke gawang Spanyol pada babak grup Piala Dunia 2014. Van Persie juga membobol gawang Australia saat menang 3-2 di fase grup dan 3-0 kontra Brasil pada perebutan tempat ketiga. Ia sukses menjadi satu-satunya pemain Belanda yang konsisten mencetak gol dalam lima turnamen mayor.

Dari empat pemain di atas, Van Persie, Robben, dan Depay tercatat pernah bermain dalam satu tim pada Piala Dunia 2014. Mereka sukses membawa Belanda menempati peringkat ketiga. Sebelumnya, Robben dan van Persie menjadi bagian skuad Belanda yang menembus final Piala Dunia 2010. Sementara itu, pencapaian tertinggi Bergkamp bersama The Oranje ketika berhasil menembus semifinal Euro 1992 dan Piala Dunia 1998. Di sisi lain, Depay menjadi satu-satunya pemain Belanda aktif yang berhasil mencetak gol di empat turnamen mayor.

Baca Juga: 3 Pemain Austria Ukir Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya