6 Pemain Arsenal yang Absen pada Pekan Ke-4 EPL 2024/2025

Mereka melewatkan derbi London Utara

Intinya Sih...

  • Takehiro Tomiyasu cedera lutut dan absen dalam laga vs Tottenham.
  • Kieran Tierney cedera hamstring setelah kembali dari peminjaman di Real Sociedad.
  • Mikel Merino, Riccardo Calafiori, dan Martin Odegaard juga absen karena cedera.

Arsenal tengah mengalami situasi sulit menjelang Derbi London Utara menghadapi Tottenham Hotspur pada pekan keempat English Premier League (EPL) 2024/2025. The Gunners bakal tidak diperkuat setidaknya enam pemain mereka. Sebagian mengalami cedera, sebagian lainnya terkena hukuman larangan tampil.

Berikut enam pemain Arsenal yang absen pada pekan ke-4 EPL 2024/2025.

1. Takehiro Tomiyasu masih cedera lutut

6 Pemain Arsenal yang Absen pada Pekan Ke-4 EPL 2024/2025Takehiro Tomiyasu (arsenal.com)

Takehiro Tomiyasu belum mencatat penampilan pada 2024/2025. Pemain asal Jepang itu masih mengalami cedera lutut. Tomiyasu dipastikan absen menghadapi Tottenham Hotspur pada pekan keempat Premier League 2024/2025.

Dilansir laman resmi Arsenal, manajer Arsenal, Mikel Arteta, mengatakan, Tomiyasu mengalami cedera lutut dan belum bergabung dengan rekan-rekannya pada sesi latihan. Belum diketahui kapan sang pemain bakal kembali bermain. Tomiyasu masih terus menjalani perawatan bersama tim medis Arsenal untuk kesembuhan cederanya.

2. Kieran Tierney belum sembuh dari cedera hamstring

6 Pemain Arsenal yang Absen pada Pekan Ke-4 EPL 2024/2025Kieran Tierney (arsenal.com)

Kieran Tierney kembali ke Arsenal setelah melalui masa peminjaman di Real Sociedad selama setahun pada 2023/2024. Ia bermain dalam 28 pertandingan dan mencetak 2 assist di semua kompetisi bersama Real Sociedad. Sayangnya, Tierney mengalami nasib buruk kala kembali ke Arsenal.

Ia mengalami cedera hamstring saat menjalani tur pramusim di Amerika Serikat. Mikel Arteta belum bisa memastikan kapan Tierney bisa bermain lagi. Cedera ini makin menyulitkan pemain asal Skotlandia itu dalam merebut posisi di tim utama Arsenal pada 2024/2025.

3. Mikel Merino masih dalam perawatan akibat cedera bahu

6 Pemain Arsenal yang Absen pada Pekan Ke-4 EPL 2024/2025Mikel Merino (arsenal.com)

Mikel Merino belum bisa melakoni debutnya sebagai pemain Arsenal pada pekan keempat Premier League 2024/2025. Ia masih mengalami cedera bahu. Hal tersebut terjadi ketika bahu Merino tertimpa Gabriel Magalhaes pada sesi latihan. Ia diprediksi absen selama 6 pekan.

Merino sebelumnya didatangkan Arsenal dari Real Sociedad pada musim panas 2024. Pemain asal Spanyol itu tampil cukup impresif kala mengantarkan Timnas Spanyol menjuarai Euro 2024 Jerman. Merino juga mencetak total 27 gol dan 30 assist dalam 242 pertandingan di semua kompetisi bersama Real Sociedad.

Baca Juga: 5 Lawatan Terakhir Arsenal ke Markas Tottenham Hotspur di EPL

4. Riccardo Calafiori mengalami cedera saat membela Italia di UEFA Nations League 2024/2025

6 Pemain Arsenal yang Absen pada Pekan Ke-4 EPL 2024/2025Riccardo Calafiori (premierleague.com)

Riccardo Calafiori menjadi salah satu pemain baru Arsenal pada 2024/2025. Ia tampil sebagai pemain pengganti dalam tiga laga pertamanya di Premier League. Namun, Calafiori malah terkena sial ketika membela Timnas Italia menghadapi Prancis di UEFA Nations League pada 7 September 2024.

Insiden berawal saat winger Prancis, Ousmane Dembele, terjatuh usai ditekel bek Italia. Apesnya, kaki dembele mendarat tepat di betis Calafiori yang berada di depannya. Bek asal Italia itu langsung kesakitan dan digantikan Alessandro Buongiorno. Akibatnya, Calafiori harus absen kala Arsenal bertandang ke kandang Tottenham Hotspur pada pekan keempat EPL.

5. Martin Odegaard mengalami cedera ankle yang cukup parah

6 Pemain Arsenal yang Absen pada Pekan Ke-4 EPL 2024/2025Martin Odegaard (premierleague.com)

Arsenal dipastikan tidak diperkuat sang kapten, Martin Odegaard, kala menghadapi Tottenham Hostpur pada pekan keempat Premier League 2024/2025. Ia mengalami cedera ankle saat membela Timnas Norwegia di UEFA Nations League pada 10 September 2024. Odegaard masih menjalani pemeriksaan terkait cederanya.

Pelatih Timnas Norwegia, Stale Solbakke, mengatakan, cedera sang pemain terlihat cukup buruk di ruang ganti. Sang manajer bahkan sudah siap jika dikecam Mikel Arteta akibat cederanya Odegaard. Ia sendiri belum bisa memastikan sampai kapan Odegaard akan absen.

6. Declan Rice bakal absen selama satu pertandingan akibat kartu merah

6 Pemain Arsenal yang Absen pada Pekan Ke-4 EPL 2024/2025Declan Rice (kanan) memprotes keputusan wasit yang memberikannya kartu merah. (premierleague.com)

Declan Rice menjadi satu-satunya pemain Arsenal yang absen bukan karena cedera. Ia mendapat hukuman larangan tampil setelah menerima kartu merah melawan Brighton & Hove Albion pada pekan ketiga Premier League 20242/2025. Rice saat itu dinilai membuang-buang waktu dengan menyentuh bola saat Brighton mendapat tendangan bebas.

Ketidakhadiran Rice akan cukup memberikan dampak kepada permainan Arsenal. Sebab, ia kerap membantu serangan dan menjaga pertahanan di lini tengah. Arteta diprediksi akan menduetkan Jorginho dan Thomas Partey di lini tengah sebagai ganti Rice.

Situasi yang dialami Arsenal tentu membuat Mikel Arteta harus memutar otak untuk meramu timnya kala berduel dengan Tottenham Hotspur pada pekan keempat Premier League. Sementara itu, Tottenham memiliki kans untuk mencuri poin dengan ketidakhadiran para pemain penting Arsenal, seperti Odegaard, Rice, dan Calafiori. The Lilywhites sendiri hanya kehilangan tiga pemain akibat cedera, antara lain Dominic Solanke, Richarlison, dan Micky van de Ven.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terakhir Tottenham atas Arsenal di Laga Kandang EPL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya