3 Pemain Arsenal Berusia 17 Tahun yang Cetak Gol di Piala Liga Inggris

Terbaru Ethan Nwaneri

Beberapa talenta muda berbakat milik Arsenal pernah menciptakan rekor kala tampil di Piala Liga Inggris. Mereka berhasil membobol gawang lawan saat usianya masih 17 tahun.

Sebagian dari pesepak bola muda Arsenal itu merupakan jebolan akademi, sementara lainnya talenta dari luar Inggris. Berikut tiga pemain Arsenal berusia 17 tahun yang cetak gol di Piala Liga Inggris. 

1. Arturo Lupoli menorehkan brace kala Arsenal menang 3-1 atas Everton pada 2004/2005

3 Pemain Arsenal Berusia 17 Tahun yang Cetak Gol di Piala Liga InggrisArturo Lupoli (arsenal.com)

Arturo Lupoli merupakan pemain muda asal Italia yang didatangkan dari akademi Parma pada Juli 2004. Ia disebut-sebut sebagai striker muda dengan segudang potensi. Lupoli melakoni debutnya kala Arsenal mengalahkan Manchester City 2-1 pada babak ketiga Piala Liga Inggris 2004/2005. Ia saat itu berduet dengan salah satu penyerang muda Arsenal lainnya, Robin van Persie.

Lupoli kemudian menorehkan gol debutnya saat Arsenal menang 3-1 atas Everton pada babak keempat Piala Liga Inggris. Ia bahkan mencetak brace alias dua gol dalam pertandingan tersebut. Lupoli saat itu masih berusia 17 tahun 4 bulan 16 hari. Sayangnya, laga ini menjadi satu-satunya momen terbaik Lupoli selama berseragam Arsenal. Ia gagal bersaing untuk tampil reguler dan lebih sering dipinjamkan kepada klub-klub lain.

2. Ethan Nwaneri mencetak dua gol ke gawang Bolton Wanderers pada 2024/2025

3 Pemain Arsenal Berusia 17 Tahun yang Cetak Gol di Piala Liga InggrisEthan Nwaneri (tengah) (x.com/Arsenal)

Ethan Nwaneri merupakan salah satu talenta muda binaan akademi Arsenal yang mendapat label sebagai wonderkid. Ia menciptakan sejarah dengan menjadi debutan termuda dalam sejarah Arsenal. Nwaneri melakoni debutnya di tim utama Arsenal ketika masuk sebagia pemain pengganti dalam kemenangan 3-0 atas Brentford pada 18 September 2022. Usianya saat itu masih 15 tahun.

Nwaneri baru menorehkan gol perdananya untuk tim senior Arsenal saat menghadapi Bolton Wanderers dalam laga babak ketiga Piala Liga Inggris pada 2024/2025. Ia bermain sebagai starter di pertandingan ini. Nwaneri berhasil memanfaatkan umpan matang dari Raheem Sterling saat mencetak gol perdananya untuk Arsenal pada menit ke-37. Ia kemudian menorehkan gol keduanya setelah memaksimalkan assist Declan Rice pada menit ke-49. Nwaneri saat ini masih berusia 17 tahun 6 bulan 4 hari.

3. Theo Walcott mencetak satu gol di laga final Piala Liga pada 2006/2007

3 Pemain Arsenal Berusia 17 Tahun yang Cetak Gol di Piala Liga InggrisTheo Walcott (arsenal.com)

Theo Walcott direkrut Arsenal dari Southampton pada Januari 2006. Ia saat itu digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Inggris lewat kecepatan serta kemampuan olah bolanya sebagai penyerang sayap. Walcott bahkan ikut membela Timnas Inggris pada Piala Dunia 2006. Ia tampil untuk pertama kalinya di tim utama Arsenal saat seri 1-1 menghadapi Aston Villa pada pekan pertama English Premier League (EPL) 2006/2007.

Sementara itu, gol perdana Walcott untuk Arsenal tercipta saat melawan Chelsea dalam laga final Piala Liga Inggris pada Februari 2007. Ia kala itu membuka keunggulan Arsenal 1-0 atas Chelsea pada menit ke-12. Walcott masih berusia 17 tahun 11 bulan 9 hari ketika menorehkan gol tersebut. Sayangnya, The Gunners kalah dalam laga ini dengan skor 1-2.

Ketiga talenta muda Arsenal di atas memiliki perjalanan kariernya masing-masing. Lupoli gagal bersinar bersama Arsenal sehingga kerap kali berpindah-pindah klub. Walcott memang berseragam The Gunners selama 12 tahun, tetapi performanya tidak pernah maksimal akibat cedera serta inkonsistensi. Nwaneri kini tengah merintis kariernya bersama Arsenal di bawah kepelatihan Mikel Arteta. Ia diharapkan mampu menjadi pilar penting seperti seniornya, Bukayo Saka.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Memperkuat Arsenal pada 2024/2025

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya