Kinerja 6 Pemain Akademi Liverpool di Final Piala Liga 2024

Sukses tunjukkan karakter dan kedewasaan

Liverpool tampil heroik saat mengalahkan Chelsea 1-0 di laga final Piala Liga 2024 pada 27 Februari 2024. Sebab, The Reds tidak diperkuat oleh sejumlah pemain senior, seperti Mohamed Salah, Trent Alexander-Arnold, dan Alisson Becker. Alhasil, Juergen Klopp tidak punya pilihan selain menurunkan pemain akademi ke starting line up dan bangku cadangan.

Apalagi, Ryan Gravenberch mengalami cedera engkel pada babak pertama. Maka dari itu, Juergen Klopp mempercayakan permainan tim kepada para pemain muda dari akademi. Tidak disangka, Liverpool tetap mampu menjuarai Piala Liga bersama talenta-talenta muda akademi. Berikut kinerja enam pemain akademi Liverpool yang tampil dalam laga final Piala Liga 2024.

1. Caoimhin Kelleher bermain heroik selama 120 menit

Kinerja 6 Pemain Akademi Liverpool di Final Piala Liga 2024Caoimhin Kelleher (liverpoolfc.com)

Caoimhin Kelleher menjadi kiper andalan Juergen Klopp selama menjalani pertandingan Piala Liga 2023/2024. Ia terpilih sebagai kiper utama di laga final Piala Liga 2024 setelah Alisson Becker mengalami cedera. Kelleher menjawab kepercayaan Klopp dengan permainannya yang cukup heroik.

Dilansir Fotmob, Kelleher melakukan sembilan penyelamatan penting selama pertandingan. Salah satu aksi terbaiknya ketika menepis tendangan Cole Palmer yang sudah berada di depan gawang. Kelleher juga cukup aktif membangun serangan lewat akurasi operannya yang mencapai 74 persen. Ia mendapat nilai 8,2 atas penampilannya dalam laga ini.

Baca Juga: Rapor 5 Laga Liverpool di EPL Sepanjang Februari 2024, Ganas!

2. Conor Bradley tampil impresif bahkan saat posisinya berpindah ke winger kanan

Kinerja 6 Pemain Akademi Liverpool di Final Piala Liga 2024Conor Bradley (liverpoolfc.com)

Conor Bradley mengawali pertandingan sebagai bek kanan dari menit pertama. Namun, ia menjadi winger kanan setelah Ryan Gravenberch mengalami cedera dan Klopp memasukkan Joe Gomez. Alhasil, Gomez mengisi posisi bek kanan, Harvey Elliot yang awalnya menjadi winger kanan turun menjadi gelandang, dan Bradley dimajukan lebih menyerang. Permainannya cukup apik sebagai penyerang sayap kanan selama 72 menit.

Dilansir Fotmob, Bradley mampu melakukan 6 aksi defensif, 6 kali memenangkan duel fisik, dan persentase keberhasilan tekelnya mencapai 67 persen. Ia menyentuh bola 38 kali dengan persentase operan suksesnya 76 persen. Bradley lalu ditarik keluar untuk digantikan oleh Bobby Clark pada babak kedua menit ke-72. Ia mendapatkan nilai 7,3 atas performanya dalam pertandingan tersebut.

3. Bobby Clark terus melakukan pressing kepada pemain Chelsea

Kinerja 6 Pemain Akademi Liverpool di Final Piala Liga 2024Bobby Clark (twitter.com/LFC)

Bobby Clark mengawali pertandingan sebagai pemain cadangan. Ia baru masuk menggantikan Conor Bradley pada babak kedua menit ke-72. Kehadiran Clark membuat Elliot kembali mengisi posisi winger kanan. Permainannya tidak terlalu buruk selama 48 menit.

Menurut Fotmob, Clark mampu melakukan pressing kepada para pemain Chelsea sampai 6 kali memenangkan penguasaan bola dan persentase duel bola bawahnya mencapai 33 persen. Ia menyentuh bola 37 kali dengan 4 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Clark mencatat 57 persen operan sukses dan 3 di antaranya berhasil menembus sepertiga kotak lawan. Kontribusinya tersebut membuat Clark meraup nilai 6,5 pada pertandingan tersebut.

4. Jayden Danns kesulitan mendapat peluang mencetak gol

Kinerja 6 Pemain Akademi Liverpool di Final Piala Liga 2024Jayden Danns (liverpoolfc.com)

Jayden Danns melakukan debut di skuad utama Liverpool saat menang 4-1 melawan Luton Town di laga Premier League pekan ke-26 pada 21 Februari 2024. Ia kembali mendapat kepercayaan dari Klopp untuk tampil di skuad senior saat menghadapi Chelsea di laga final Piala Liga 2024 pada 25 Februari 2024. Sayangnya, Danns kesulitan mendapat peluang untuk mencetak gol.

Dilansir Fotmob, Danns melakukan 13 sentuhan dengan bola dan 5 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Persentase dribel suksesnya mencapai 50 persen, operan suksesnya hanya 4 dari 6 kali percobaan, dan 2 kali melepas tembakan ke arah gawang, tetapi masih terlalu mudah untuk diantisipasi. Permainan Danns pada laga final ini meraih nilai 6,5.

5. James McConnell mampu mengalirkan bola dengan baik di lini tengah

Kinerja 6 Pemain Akademi Liverpool di Final Piala Liga 2024James McConnell (instagram.com/jamesmcconnelll)

James McConnell masuk sebagai salah satu pemain cadangan Liverpool dalam laga melawan Chelsea di final Piala Liga 2024. Ia baru masuk menggantikan Alexis Mac Allister pada babak kedua menit ke-87. McConnell mampu mengalirkan bola dengan baik dari lini tengah selama tampil 33 menit.

Dilansir Fotmob, McConnell mampu melakukan 6 aksi defensif dan mencatat persentase keberhasilan duel bola bawah 33 persen. Ia menyentuh bola 47 kali dengan rincian persentase operan suksesnya mencapai 87 persen dan 8 di antaranya menembus sepertiga lapangan lawan. Performa McConnell dalam laga ini mendapat rating 6,7.

6. Jarell Quansah sukses mengawal pertahanan Liverpool pada extra time babak kedua

Kinerja 6 Pemain Akademi Liverpool di Final Piala Liga 2024Jarrell Quansah (liverpoolfc.com)

Juergen Klopp memutuskan mencadangkan Jarell Quansah dalam pertandingan melawan Chelsea di final Piala Liga 2024. Klopp baru memasukkannya saat awal extra time babak kedua menggantikan Ibrahima Konate yang sudah cukup kelelahan. Quansah mampu bekerja sama dengan Virgil van Dijk dalam menjaga pertahanan Liverpool sampai laga usai.

Tidak banyak aksi-aksi individu yang dilakukan Quansah dalam laga ini. Ia hanya memenangkan duel fisik dan duel bola bawah sekali. Namun, Quansah cukup aktif dalam mendistribusikan bola ke lini depan dengan catatan persentase operan suksesnya mencapai 86 persen. Ia mendapat nilai 6,4 atas permainannya selama 15 menit.

Keenam pemain akademi Liverpool di atas memiliki peran penting sampai berhasil meraih gelar juara Piala Liga 2024. Meskipun masih minim pengalaman, mereka mampu tampil sesuai instruksi Juergen Klopp. Masa depan keenam pemain ini masih panjang. Mereka hanya perlu terus kerja keras dan menunjukkan permainan impresif setiap kali mendapat kesempatan tampil.

Baca Juga: Rekor Impresif Virgil van Dijk Usai Liverpool Juara Carabao Cup 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya