5 Pelatih yang Meraih Kemenangan di UCL pada Hari Ulang Tahun

Kado terbaik di hari spesial

Intinya Sih...

  • Meraih kemenangan di Liga Champions Eropa adalah kebanggaan bagi pelatih yang berulang tahun
  • Sir Bobby Robson meraih kemenangan saat menangani Newcastle United di UCL pada ulang tahunnya
  • Roberto Mancini, Henk ten Cate, dan Arsene Wenger juga berhasil meraih kemenangan di UCL pada hari ulang tahun mereka

Meraih kemenangan dalam laga Liga Champions Eropa (UCL) merupakan suatu kebanggaan bagi pelatih. Sebab, UCL merupakan kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa yang memiliki segudang sejarah dan gengsi. Kemenangan di Liga Champions terasa lebih spesial bagi pelatih yang tengah berulang tahun.

Tidak semua pelatih mendapatkan kado spesial pada hari ulang tahun berupa hasil positif di UCL. Hanya lima pelatih ini yang berhasil meraih kemenangan dalam laga UCL pada hari ulang tahun mereka.

1. Sir Bobby Robson membawa Newcastle United menang 3-1 atas Bayer Leverkusen

5 Pelatih yang Meraih Kemenangan di UCL pada Hari Ulang TahunSir Bobby Robson (nufc.co.uk)

Sir Bobby Robson lahir di Sacriston pada 18 Februari 1933. Ia berhasil menjadi salah satu pelatih yang meraih kemenangan di Liga Champions ketika menangani Newcastle United pada 2002/2003. Robson kala itu memimpin Newcastle United dengan mengalahkan Bayer Leverkusen 3-1 pada 18 Februari 2003.

The Magpies yang bertandang ke kandang Bayer Leverkusen, BayArena, tampil menyerang sejak menit pertama. Newcastle United membuka keunggulan terlebih dahulu melalui brace Shola Ameobi pada menit ke-6 dan ke-16. Bayer Leverkusen sempat membalas lewat Franca pada menit ke-26. Namun, Newcastle United mengunci kemenangan 3-1 atas Bayer Leverkusen lewat gol Lomana Lua Lua pada menit ke-33.

2. Roberto Mancini memimpin Inter Milan menang 3-0 atas Fenerbahce

5 Pelatih yang Meraih Kemenangan di UCL pada Hari Ulang TahunRoberto Mancini (inter.it)

Roberto Mancini merupakan pelatih kelahiran Jesi pada 27 November 1964. Ia berulang tahun yang ke-43 saat memimpin Inter Milan menjamu Fenerbahce pada babak grup UCL di kandang mereka di Giuseppe Meazza pada 27 November 2007. Mancini memainkan para pemain terbaiknya, seperti Zlatan Ibrahimovic, Julio Cruz, dan Javier Zanetti.

I Nerazzurri mencetak gol pertama lewat Julio Cruz pada menit ke-55. Zlatan Ibrahimovic kemudian menggandakan skor menjadi 2-0 pada menit ke-66. Luis Jimenez mencetak gol ketiga Inter Milan pada injury time babak kedua. Inter Milan mengalahkan Fenerbahce dengan skor 3-0.

Baca Juga: 4 Klub Debutan asal Inggris yang Menang di Laga UCL Pertama

3. Henk ten Cate merayakan ulang tahunnya saat Panathinaikos menang 1-0 atas Anorthosis

5 Pelatih yang Meraih Kemenangan di UCL pada Hari Ulang TahunHenk ten Cate (uefa.com)

Henk ten Cate merupakan pelatih asal Belanda kelahiran 9 Desember 1954. Ia termasuk salah satu pelatih yang merayakan ulang tahunnya dengan meraih kemenangan dalam laga Liga Champions. Kado spesial itu Ten Cate dapatkan ketika klub yang ditanganinya, Panathinaikos, menghadapi Anorthosis pada 9 Desember 2008.

Ten Cate menurunkan para pemain terbaiknya, termasuk bintang Timnas Yunani di Euro 2004, Georgios Karagounis, dan eks bintang Arsenal, Gilberto Silva. Panathinaikos berhasil mencetak gol pertamanya melalui Karagounis pada menit ke-69. Keunggulan 1-0 itu bertahan sampai wasit meniup peluit tanda laga berakhir.

4. Arsene Wenger berulang tahun saat Arsenal menang 2-1 atas Anderlecht

5 Pelatih yang Meraih Kemenangan di UCL pada Hari Ulang TahunArsene Wenger (arsenal.com)

Pelatih legendaris Arsenal, Arsene Wenger, lahir di Strasbourg pada 22 Oktober 1949. Ia berhasil mendapatkan kado spesial saat merayakan ulang tahunnya yang ke-65. Wenger kala itu membawa Arsenal meraih kemenangan 2-1 atas Anderlecht pada fase grup UCL pada 22 Oktober 2014.

Ia menurunkan para pemain terbaiknya, macam Santi Cazorla, Alexis Sanchez, dan kiper muda asal Argentina, Emiliano Martinez. Arsenal tertinggal terlebih dahulu melalui Andy Najar pada menit ke-71. Namun, Kieran Gibbs menyamakan kedudukan dengan mencetak gol saat laga sudah memasuki menit ke-89. Lukas Podolski lalu memberikan kado ulang tahun spesial bagi Wenger dengan mencetak gol kemenangan Arsenal pada menit 90+1. Arsenal mengalahkan Anderlecht dengan skor 2-1.

5. Arne Slot mendapat kado ulang tahun kala Liverpool menang 3-1 atas AC Milan

5 Pelatih yang Meraih Kemenangan di UCL pada Hari Ulang TahunArne Slot (premierleague.com)

Arne Slot lahir di Bergentheim pada 17 September 1978. Ia mendapat kepercayaan menangani Liverpool menggantikan Juergen Klopp pada Juli 2024. Slot kemudian mendapat kado ulang tahun saat Liverpool meraih hasil positif pada fase liga UCL di kandang AC Milan di San Siro pada 17 September 2024.

Liverpool berhasil bangkit setelah sempat tertinggal 0-1 dari AC Milan saat Christian Pulisic mencetak gol pada menit ketiga. The Reds membalas mereka lewat gol Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, dan Dominik Szoboszlai. Liverpool pun mengalahkan AC Milan dengan skor 3-1.

Kelima pelatih di atas beruntung merayakan ulang tahun mereka dengan meraih kemenangan di Liga Champions Eropa. Sayangnya, belum ada satu pun dari mereka yang pernah meraih gelar juara UCL. Slot disebut-sebut berpeluang menjuarai UCL 2024/2025. Sebab, Liverpool bermain apik dengan mengombinasikan penguasaan bola dan tekanan tinggi.

Baca Juga: 5 Laga Pertama Liverpool Bersama Arne Slot, Nyaris Sempurna

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya