Mengenal Paul Wanner, Calon Bintang Bundesliga Jerman pada 2024/2025

Bikin sensasi di dua laga pada awal 2024/2025

Intinya Sih...

  • Paul Wanner, pemain muda Bayern Muenchen yang dipinjamkan ke FC Heidenheim, mencetak 2 gol dalam 2 laga Bundesliga 2024/2025.
  • Wanner telah mencetak total 4 gol dan 2 assist dalam 4 pertandingan di semua kompetisi, menarik perhatian media dan fans.
  • Paul Wanner merupakan talenta menjanjikan dari akademi Bayern Muenchen yang kini menjadi sorotan sebagai bintang sepak bola Jerman selanjutnya.

Bundesliga Jerman baru menggelar dua pertandingan pada 2024/2025. Namun, berbagai momen menarik telah tersaji. Salah satunya kemunculan remaja berusia 18 tahun yang bermain di FC Heidenheim, Paul Wanner.

Ia merupakan salah satu talenta menjanjikan dari akademi Bayern Muenchen yang tengah menjalani peminjaman di FC Heidenheim pada 2024/2025. Wanner telah menetak 2 gol dalam 2 laga Bundesliga pada 2024/2025. Ia bahkan sudah mencetak total 4 gol dan 2 assist dalam 4 pertandingan di semua kompetisi.

Performa apik itu membuat Wanner mendapat sorotan dari media dan fans. Ia disebut-sebut bakal menjadi bintang sepak bola Jerman selanjutnya. Lalu, siapa sebenernya sosok Paul Wanner?

Berikut profil lengkapnya.

1. Masuk ke akademi Bayern Muenchen ketika usianya 14 tahun pada Juli 2020

Mengenal Paul Wanner, Calon Bintang Bundesliga Jerman pada 2024/2025Paul Wanner (bundesliga.com)

Paul Wanner lahir di Amtzell, Jerman, pada 23 Desember 2005. Ia mulai menimba ilmu ketika bergabung dengan klub lokal, Ravensburg. Bakat Wanner kemudian dipantau oleh pemandu bakat Bayern Muenchen. Ia akhirnya pindah ke akademi Bayern Muenchen ketika usianya 14 tahun pada Juli 2020.

Wanner langsung dimasukkan ke tim U-16 pada tahun pertamanya. Ia lalu menembus tim U-17 pada 2021/2022. Wanner langsung mencuri perhatian setelah mencetak 1 gol dan assist dari 2 pertandingannya bersama Bayern Muenchen U-17. Berkat performa apiknya itu, ia dipromosikan ke tim U-19. Wanner sukses melanjutkan kegemilangannya itu dengan torehan 2 gol dan assist dalam 9 penampilan Bundesliga U-19 wilayah Selatan.

Bakat Wanner sebagai gelandang serang nomor 10 membuat manajer tim utama Bayern Muenchen kala itu, Julian Nagelsmann, memberinya kesempatan debut di Bundesliga. Ia tercantum dalam daftar pemain cadangan ketika Bayern Muenchen menghadapi Borussia Moenchengladbach pada pekan ke-18 2021/2022. Wanner masuk menggantikan Marc Roca pada menit ke-75. 

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Klub Bundesliga pada Musim Panas 2024

2. Tampil impresif bersama Elversberg dan Timnas Jerman junior

Mengenal Paul Wanner, Calon Bintang Bundesliga Jerman pada 2024/2025Paul Wanner (bundesliga.com)

Bayern Muenchen memutuskan meminjamkan Paul Wanner kepada Elversberg pada September 2023. Ia diharapkan dapat bermain reguler dan mengembangkan permainannya selama setahun di Elversberg. Menurut laman resmi FCBayern, Direktur Pengembangan Pemain Muda Bayern Muenchen, Jochen Sauer, penting bagi Wanner untuk tampil reguler untuk menambah pengalamannya di liga profesional.

Performa sang pemain cukup impresif dengan catatan 6 gol dan 3 assist dalam 28 pertandingan di 2. Bundesliga. Sementara itu, talenta Wanner telah terbukti bersama Timnas Jerman level junior. Ia mampu menorehkan 4 gol dan 5 assist dalam 13 pertandingan di semua kompetisi.

3. Menciptakan sejarah di Bundesliga bersama FC Heidenheim pada 2024/2025

Mengenal Paul Wanner, Calon Bintang Bundesliga Jerman pada 2024/2025Paul Wanner (kiri) (bundesliga.com)

Meski tampil cukup impresif bersama Elversberg dan Timnas Jerman junior, Bayern Muenchen belum memberikan Paul Wanner kesempatan bermain reguler di tim utama. Ia kali ini dipinjamkan kepada sesama klub Bundesliga Jerman, FC Heidenheim. Keputusan ini demi perkembangan permainan serta pengalaman Wanner. Sebab, Heidenheim bakal bermain di tiga kompetisi, antara lain Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Konferensi Eropa (UECL). Terlebih lagi, Heidenheim bakal bertemu Chelsea pada fase liga UECL. 

Wanner langsung menunjukkan kualitasnya di lini depan dengan sejauh ini mencetak 4 gol dan 2 assist dalam 4 laga di semua kompetisi. Ia bahkan menciptakan sejarah ketika menorehkan satu gol dan assist dalam kemenangan Heidenheim 4-0 atas FC Augsburg pada pekan kedua Bundesliga 2024/2025. Wanner menjadi pemain termuda yang menorehkan 2 gol dalam 2 pekan pertama Bundesliga. Ia juga pencetak gol termuda dari tendangan penalti dalam sejarah Bundesliga. Wanner kini masih berusia 18 tahun 253 hari.

Kegemilangan Wanner menjadikannya sebagai salah satu talenta muda yang paling disorot pada 2024/2025. Namun, tantangan yang dihadapinya tidak akan mudah. Sebab, Wanner akan mendapatkan beban ekspektasi lebih berkat penampilan apiknya itu. Ia juga harus menjaga fisiknya agar tetap bugar sepanjang 2024/2025. Jika berhasil tampil konsisten, bukan tidak mungkin Bayern Muenchen akan memberikannya kesemapatan tampil di tim utama.

Baca Juga: 3 Klub Jerman yang Paling Sering Memainkan Pemain Jepang di Bundesliga

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya