Samuele Ricci, Gelandang Masa Depan Italia dan Bintang Torino

Permainannya jarang disorot

Italia tampil dengan wajah baru dalam dua pertandingan Nations League pada September 2024. Pelatih Gli Azzurri, Luciano Spaletti, memainkan beberapa pemain baru sebagai starter. Salah satunya adalah Samuele Ricci.

Tidak banyak yang mengenal gelandang berusia 23 tahun itu. Padahal, Penampilan Ricci bersama Torino cukup impresif dalam 3 musim terakhir. Kehadirannya menandakan bahwa Timnas Italia tengah memasuki era baru setelah Euro 2024.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Samuele Ricci? Inilah profil lengkapnya.

1. Mendalami ilmu sepak bola bersama akademi Empoli

Samuele Ricci, Gelandang Masa Depan Italia dan Bintang TorinoSamuele Ricci (instagram.com/ricci_samuele_28)

Samuele Ricci lahir di Pontedera pada 21 Agustus 2001. Ia merupakan pemain dengan tinggi 181 cm dan berposisi sebagai gelandang tengah. Ricci mengawali kiprahnya sebagai pesepak bola dengan menimba ilmu di akademi Empoli.

Ia mulai masuk tim utama Empoli pada April 2019. Namun, Ricci belum mendapat kesempatan tampil dan hanya duduk di bangku cadangan. Ia baru melakoni debutnya di tim utama Empoli ketika menjadi pemain pengganti dalam kemenangan 1-0 atas Cittadella pada pekan keempat Serie B 2019/2020. Ricci masuk menggantikan Leo Stulac pada menit ke-67.

2. Kariernya berkembang pesat setelah pindah ke Torino pada Januari 2022

Samuele Ricci, Gelandang Masa Depan Italia dan Bintang TorinoSamuele Ricci (instagram.com/ricci_samuele_28)

Ricci mampu bermain secara reguler selama 3,5 tahun membela Empoli. Ia total menorehkan 3 gol dan 5 assist dalam 90 penampilan di semua kompetisi pada periode September 2019--Januari 2022. Ricci kemudian hengkang ke Torino pada Januari 2022.

Permainannya makin berkembang selama berseragam Torino. Ricci sejauh ini tampil dalam 81 penampilan dan mencetak 3 gol serta 5 assist di semua kompetisi. Ia bermain cukup solid ketika Torino belum terkalahkan dalam tiga laga pertama Serie A Italia pada 2024/2025.

Baca Juga: 5 Starter Timnas Italia Kelahiran 2000-an saat Tekuk Israel

3. Menjadi starter untuk Timnas Italia dalam dua laga Nations League pada September 2024

Samuele Ricci, Gelandang Masa Depan Italia dan Bintang TorinoSamuele Ricci (figc.it)

Samuele Ricci tidak masuk ke dalam skuad Italia untuk Euro 2024 meski tampil impresif bersama Torino pada 2023/2024. Meski begitu, Luciano Spaletti tidak menutup pintu baginya untuk membela Gli Azzurri. Terbukti, Ricci dipanggil ke Timnas Italia untuk berlaga dalam dua pertandingan Nations League pada September 2024.

Ia terpilih sebagai starter kala Gli Azzurri menang 3-1 atas Prancis dan 2-1 atas Israel. Dilansir La Gazetta Dello Sport, ia mengungkapkan rasa bahagianya bisa bermain sebagai starter dalam dua laga Nations League tersebut. Ricci berterima kasih kepada Spaletti yang memilihnya untuk tampil sejak menit pertama.

4. Belajar banyak dari Andrea Pirlo sebagai sesama gelandang sentral

Samuele Ricci, Gelandang Masa Depan Italia dan Bintang TorinoSamuele Ricci (instagram.com/

Samuele Ricci telah mantap di posisi gelandang sejak masih bermain di tim junior Empoli. Menurut Transfermarkt, ia bermain dalam 107 pertandingan di posisi gelandang bertahan dan 104 laga sebagai gelandang tengah sepanjang kariernya. Ricci sendiri tidak memiliki prerferensi terkait posisi favoritnya. Dilansir La Gazetta Dello Sport, ia cukup nyaman bermain di posisi pivot karena bisa terlibat dalam membangun serangan dan membantu pertahanan.

Ricci banyak mengambil inspirasi dari Andrea Pirlo sebagai sesama gelandang sentral. Ia mengatakan sering menonton aksi Pirlo baik di Serie A maupun Timnas Italia. Ricci juga senang bermain dengan Sandro Tonali dan Davide Frattesi kala menghadapi Prancis dan Israel dalam dua laga Nations League. Baginya, kedua rekannya itu gelandang komplit dan mempermudah kinerja pemain lain lewat pergerakan serta operan akuratnya.

Kehadiran Ricci menjadi kabar baik bagi masa depan sepak bola Italia. Sebab, Gli Azzurri tengah dalam proses regenerasi dengan memberikan kesempatan kepada banyak pemain muda. Jika Ricci mampu tampil konsisten bersama Torino, bukan tidak mungkin klub-klub besar akan mengincarnya pada bursa transfer musim panas 2025.

Baca Juga: Akal MU Jual Pemain Demi Bajak Titisan Pirlo di Leeds United

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya