Mengenal Joan Garcia, Pengganti Aaron Ramsdale di Arsenal

Kiper muda dengan potensi menjanjikan

Arsenal kabarnya melepas kiper kedua, Aaron Ramsdale, kepada Southampton pada musim panas 2024. Ia dijual dengan harga 25 juta pound sterling atau Rp508 miliar. Kepergian Ramsdale menyisakan ruang kosong di posisi penjaga gawang cadangan Arsenal.

Sebagai gantinya, manajemen Arsenal tengah mengincar kiper milik Espanyol, Joan Garcia. Menurut jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, Garcia dan Arsenal telah mencapai kesepakatan personal terkait kontrak. Kepindahan sang pemain tinggal menunggu negosiasi transfer antara Arsenal dengan Espanyol.

Tidak banyak yang mengenal sosok Joan Garcia. Ia sebelumnya juga menempati posisi kiper cadangan di Espanyol sampai pekan ke-28 Segunda Division pada 2023/2024. Lalu, siapa sebenarnya sosok Garcia?

Berikut profil lengkapnya.

1. Pria asli Katalan yang menimba ilmu di akademi Espanyol

Mengenal Joan Garcia, Pengganti Aaron Ramsdale di ArsenalJoan Garcia (rcdespanyol.com)

Joan Garcia lahir di Sallent de Llobregat pada 4 Mei 2001. Ia bergabung dengan akademi Espanyol dari CF Damm ketika usianya 15 tahun. Garcia secara perlahan mengasah kemampuannya sebagai kiper dari tim U-18, U-19, sampai Espanyol B. Penampilannya mulai mencuri perhatian ketika tampil di Segunda Division B grup III bersama Espanyol B pada 2020/2021.

Garcia menorehkan 5 nirbobol dan 17 kali kebobolan dalam 13 pertandingan pada musim tersebut. Ia lantas diberikan kesempatan tampil di LaLiga Spanyol untuk pertama kalinya ketika Espanyol kalah 1-2 dari Elche pada Januari 2022. Garcia juga bermain dalam dua laga Copa del Rey melawan Solares-Medio dan Palencia Cristo pada Desember 2021.

2. Mencatat nirbobol dalam tiga laga playoff promosi LaLiga Spanyol pada 2023/2024

Mengenal Joan Garcia, Pengganti Aaron Ramsdale di ArsenalJoan Garcia (rcdespanyol.com)

Joan Garcia awalnya masih menjadi kiper cadangan Espanyol pada 2023/2024. Ia baru mendapat kepercayaan tampil sebagai pemain utama sejak pekan ke-23 Segunda Division. Ia langsung mencatat nirbobol dalam pertandingan melawan SD Huesca yang berakhir imbang 0-0.

Garcia menampilkan performa solid sampai pekan ke-42 Segunda Division pada 2023/2024. Ia hanya sekali kebobolan lebih dari satu gol ketika Espanyol seri 2-2 menghadapi Elche pada pekan ke-37. Hebatnya lagi, Garcia bermain impresif dalam empat pertandingan playoff promosi LaLiga Spanyol. Ia hanya kebobolan satu gol kala Espanyol kalah 0-1 dari Real Oviedo dalam laga leg pertama playoff. Garcia sukses menjaga gawangnya dari kebobolan saat Espanyol berbalik menang 2-0 atas Real Oviedo di laga leg kedua. 

3. Meraih medali emas Olimpiade 2024 sebagai kiper cadangan

Mengenal Joan Garcia, Pengganti Aaron Ramsdale di ArsenalJoan Garcia (instagram.com/_joangarcia)

Penampilan Joan Garcia bersama Espanyol membuatnya masuk dalam daftar pemain Timnas Spanyol U-23 yang berlaga di Olimpiade 2024. Ia akhirnya memiliki kesempatan bermain di turnamen resmi bersama Timnas Spanyol di level junior. Sebab, Garcia sebelumnya hanya membela Spanyol U-17, U-18, dan U-21 dalam laga uji coba dan kualifikasi Piala Eropa level junior.

Akan tetapi, ia tidak mencatat penampilan sama sekali sebagai kiper cadangan. Garcia memang meraih medali emas Olimpiade 2024. Akan tetapi, ia tidak begitu terlibat dalam proses merebut medali emas tersebut.

Joan Garcia memang belum teruji secara kualitas permainannya di kasta tertinggi Liga Spanyol seperti LaLiga. Namun, manajer Arsenal, Mikel Arteta, melihat sang pemain memiliki potensi besar. Terlebih lagi, kiper kedua Arsenal, Aaron Ramsdale, pindah ke Southampton pada musim panas 2024. Mampukah Garcia menggeser posisi David Raya sebagai kiper utama Arsenal? Patut dinanti.

Baca Juga: 4 Klub yang Pernah Dibela Mikel Merino sebelum Arsenal

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya