3 Manajer dengan Koleksi Trofi Coppa Italia Terbanyak

Rekor baru telah tercipta

Coppa Italia merupakan salah satu turnamen sepak bola tertua di sepak bola Italia yang pertama kali digelar pada 1922. Begitu banyak rekor apik yang telah tercipta di Coppa Italia. Salah satunya manajer dengan koleksi trofi Coppa Italia terbanyak dalam sejarah.

Beberapa manajer papan atas pernah membawa klubnya menjuarai Coppa Italia. Sebut saja Jose Mourinho, Luciano Spaletti, dan Marcello Lippi. Namun, tidak ada satu pun dari nama-nama tersebut yang masuk dalam daftar manajer yang paling sering menjuarai Coppa Italia.

Inilah ketiga manajer dengan koleksi gelar juara Coppa Italia terbanyak dalam sejarah.

1. Sven-Goran Eriksson memenangkan Coppa Italia empat kali

3 Manajer dengan Koleksi Trofi Coppa Italia TerbanyakSven-Goran Eriksson (twitter.com/ManCity)

Sven-Goran Eriksson merupakan salah satu manajer asing yang memiliki reputasi baik di sepak bola Italia. Ia pernah menangani tiga klub Italia, antara lain AS Roma, Sampdoria, dan Lazio. Eriksson sukses mempersembahkan trofi Coppa Italia kepada tiga klub Italia tersebut. Ia total telah menjuarai Coppa Italia sebanyak empat kali.

Eriksson pertama kali meraih gelar juara Coppa Italia ketika melatih AS Roma pada 1985/1986. Laga final Coppa Italia kala itu masih dimainkan dengan sistem dua leg. AS Roma yang menghadapi Sampdoria di babak final sukses menang dengan agregat 3-2.

Eriksson kemudian menjuarai Coppa Italia untuk kedua kalinya saat menangani Sampdoria dengan unggul agregat 6-1 atas Ancona pada 1993/1994. Pria asal Swedia itu sukses menambah koleksia dua trofi Coppa Italia ketika melatih Lazio. Eriksson bahkan meraih back to back gelar juara Coppa Italia bersama Lazio dengan menaklukkan dua klub besar kota Milan, AC Milan dan Inter Milan, dalam laga final pada 1997/1998 dan 1999/2000.

2. Roberto Mancini juga empat kali meraih gelar juara Coppa Italia bersama tiga klub

3 Manajer dengan Koleksi Trofi Coppa Italia TerbanyakRoberto Mancini (inter.it)

Roberto Mancini memiliki rekor juara Coppa Italia yang sama dengan Eriksson. Manajer asal Italia itu empat kali menjuarai Coppa Italia dengan tiga klub yang berbeda. 
Seperti Eriksson, 2 dari 4 koleksi gelar juara Coppa Italia diraih bersama satu klub, yaitu Inter Milan.

Mancini meraih Coppa Italia sebagai trofi pertama dalam kariernya sebagai manajer ketika menangani Fiorentina pada 2000/2001. Ia kemudian meraih titel juara Coppa Italia keduanya saat Lazio mengalahkan Juventus dengan agregat 4-2 pada 2003/2004. Mancini berhasil meraih gelar juara Coppa Italia secara back to back ketika melatih Inter Milan pada 2004/2005 dan 2005/2006. Uniknya, ia mengalahkan lawan yang sama, AS Roma, di babak final pada 2 musim tersebut.

3. Massimiliano Allegri sukses memenangkan Coppa Italia lima kali

3 Manajer dengan Koleksi Trofi Coppa Italia TerbanyakMassimiliano Allegri (juventus.com)

Massimiliano Allegri tercatat sebagai manajer tersukses dalam sejarah Coppa Italia dengan koleksi lima gelar juara. Hebatnya lagi, kelima titel juara tersebut diraih bersama klub yang sama, Juventus. Allegri bahkan memenangkan empat gelar juara Coppa Italia dalam 4 musim secara beruntun pada 2014--2018.

Ia kala itu berhasil mengalahkan dua klub raksasa Italia, Lazio dan AC Milan, masing-masing dua kali. Juventus menang atas Lazio 2-1 dan 2-0 pada laga final Coppa Italia 2014/2015 dan 2016/2017. Sementara itu, I Bianconerri mengalahkan AC Milan 1-0 dan 4-0 pada babak final Coppa Italia pada 2015/2016 dan 2017/2018. Allegri kemudian sukses menjuarai Coppa Italia untuk kelima kalinya ketika Juventus mengalahkan Atalanta dengan skor 1-0 pada 15 Mei 2024. Gol tunggal dari Dusan Vlahovic tidak mampu dibalas Atalanta.

Itulah tiga manajer yang memiliki koleksi Coppa Italia terbanyak dalam sejarah. Eriksson memiliki empat gelar juara saat menangani AS Roma, Sampdoria, dan Lazio. Di sisi lain, Mancini menjuarai Coppa Italia dengan Fiorentina, Lazio, dan Inter Milan. Sementara itu, Allegri meraih lima titel juara Coppa Italia bersama satu klub, Juventus.

Baca Juga: Allegri dan Juventus yang Mulai Akrab dengan Skor 1-0

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya