Lee Carsley, Penerus Gareth Southgate yang Mendobrak Tradisi

Menolak menyanyikan lagu kebangsaan Inggris

Asosiasi sepak bola Inggris (FA) menunjuk Lee Carsley sebagai manajer sementara Timnas Inggris pada Agustus 2024. Ia mengisi posisi yang ditinggalkan Gareth Southgate yang memilih mundur dari jabatannya usai Euro 2024 Jerman. Namun, penunjukkan Carsley menimbulkan pertanyaan dari sebagian besar publik sepak bola Inggris.

Media-media Inggris kerap kali memberitakan nama-nama besar yang akan mengisi posisi manajer Timnas Inggris. Sebut saja Eddie Howe, Mauricio Pochettino, bahkan Juergen Klopp. Namun, FA justru memilih Carsley untuk mengisi posisi manajer interim Timnas Inggris.

Tidak banyak yang mengetahui sosok Carsley. Kariernya sebagai pemain dan pelatih tidak begitu disorot. Media dan fans Inggris pun mempertanyakan kapasitas Carsley untuk menangani para pemain bintang Inggris.

Lantas, seperti apa sebenarnya sosok Lee Carsley? Inilah profil lengkapnya.

1. Mengoleksi 282 penampilan di Premier League sepanjang kariernya sebagai pemain

Lee Carsley, Penerus Gareth Southgate yang Mendobrak TradisiLee Carsley (x.com/Everton)

Lee Carsley tidak termasuk pemain yang berlabel bintang. Ia tidak pernah membela klub-klub papan atas English Premier League (EPL) sepanjang kariernya. Carsley yang berposisi sebagai gelandang bertahan pernah membela Derby County, Blackburn Rovers, Everton, Birmingham City, dan Coventry City sepanjang kariernya.

Meski begitu, Carsley mampu mengoleksi 282 penampilan dan mencetak 15 gol serta 7 assist di EPL bersama Derby County, Blackburn Rovers, Coventry City, Everton, dan Birmingham City. Klub terlama yang pernah ia bela adalah Everton. Carsley tercatat bermain dalam 198 pertandingan dan menorehkan 12 gol serta 7 assist di semua kompetisi bersama Everton. Ia memutuskan pensiun sebagai pesepak bola kala membela Coventry City pada 2010/2011.

2. Tampil dalam 39 laga bersama Irlandia

Lee Carsley, Penerus Gareth Southgate yang Mendobrak TradisiLee Carsley (uefa.com)

Carsley memang lahir di Birmingham pada 28 Februari 1974. Namun, ia memilih membela Timnas Irlandia ketimbang Inggris. Sebab, Carsley masih memiliki darah Irlandia dalam keluarganya.

Carsley menjalani debut di Timnas Irlandia ketika bermain di bawah asuhan Mick McCarthy pada Oktober 1997. Ia kala itu bermain sebagai starter kala Irlandia seri 1-1 melawan Rumania dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 1998. Carsley hanya sekali merasakan tampil di turnamen mayor ketika Irlandia menang 3-0 atas Arab Saudi pada laga ketiga babak grup Piala Dunia 2002. Ia bermain dalam 39 laga di semua kompetisi bersama Timnas Irlandia.

Baca Juga: Diejek Saat Inggris vs Irlandia, Rice dan Grealish Bersinar

3. Tidak pernah menjadi manajer tetap untuk tim utama di level klub

Lee Carsley, Penerus Gareth Southgate yang Mendobrak TradisiLee Carsley (x.com/BCFC)

Carsley memutuskan menjadi pelatih usai pensiun sebagai pesepak bola. Namun, ia tidak pernah ditunjuk sebagai manajer tetap tim utama di level klub. Carsley sebatas memerankan manajer interim kala menangani Coventry City pada Februari--Maret 2013, Brentford pada September--November 2015, dan Birmingham City pada September--Oktober 2017.

Selebihnya, Carsley lebih banyak menangani tim-tim junior di level klub, macam Brentford U-21, Manchester City U-18, dan Birmingham U-21. Ia juga pernah memerankan asisten manajer kala membela Sheffield United. Carsley baru menuai prestasi kala melatih Inggris level U-21 sejak 1 Agustus 2018.

4. Memberikan prestasi kepada Inggris U-21

Lee Carsley, Penerus Gareth Southgate yang Mendobrak TradisiLee Carsley (uefa.com)

Lee Carsley mulai membangun karier kepelatihannya bersama Timnas Inggris pada Agustus 2018. Ia kala itu berperan sebagai asisten manajer Inggris U-21. Carsley kemudian menangani Inggris U-20 pada September 2020. Ia hanya sekali memimpin Inggris U-20 kala menang 2-0 atas Wales U-20 dalam laga uji coba pada 13 Oktober 2020.

Carsley kemudian ditunjuk sebagai pelatih Inggris U-21 pada Juli 2021. The Three Lions muda tampil cukup impresif dengan mencatat 23 kemenangan, 1 keimbangan, dan 5 kekalahan dari 29 pertandingan. Prestasi terbaik Carsley kala membawa Inggris U-21 menjuarai Euro U-21 2023.

Perjalanan karier Carsley memang tidak begitu spesial baik sebagai pemain maupun pelatih. Namun, prestasinya membawa Inggris U-21 menjuarai Euro U-21 2023 banyak memberikan pengaruh positif. Para pemain seperti Angel Gomes, Anthony Gordon, dan Cole Palmer sukses menembus Timnas Inggris senior dan bersinar bersama klubnya masing-masing.

Kiprah Carsley bersama The Three Lions juga cukup impresif dengan meraih kemenangan secara back-to-back pada dua laga pertama UEFA Nations League 2024/2025. Akankah Carsley menjadi manajer tetap Timnas Inggris dan menuai prestasi? Patut dinanti!

Baca Juga: 3 Pemain Juventus Hengkang ke Liga Inggris pada Musim Panas 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya