3 Klub Jerman yang Paling Sering Memainkan Pemain Jepang di Bundesliga

Ada yang sampai menjadi kapten klub

Klub-klub Jerman sering kali menjadi batu loncatan karier bagi para pemain asal Jepang. Kualitas permainan dan pengalaman para pesepak bola Jepang mengalami perkembangan pesat setelah mendapat kesempatan tampil secara reguler bersama klub-klub dari Liga Jerman.

Sebagian klub bahkan mencatat rekor sebagai tim yang paling sering memainkan pemain asal Jepang di Bundesliga Jerman. Berikut ketiga klub tersebut.

1. Hannover 96 memainkan lima pemain Jepang di Bundesliga

3 Klub Jerman yang Paling Sering Memainkan Pemain Jepang di BundesligaHiroki Sakai (hannover96.de)

Salah satu klub bersejarah Jerman, Hannover 96, menjadi salah satu destinasi favorit bagi beberapa pemain Jepang. Klub berjuluk Die Roten itu pernah diperkuat para talenta terbaik asal Jepang, macam Hiroki Sakai, Hiroshi Kiyotake, Hotaru Yamaguchi, Takuma Asano, dan Genki Haraguchi. Hannover 96 memainkan total lima pemain tersebut selama berkompetisi di Bundesliga Jerman.

Eks bek kanan Olympique Marseille, Hiroki Sakai, mengawali perjalanan kariernya di Eropa bersama Hannover 96. Ia tampil dalam 92 pertandingan Bundesliga Jerman pada periode 2012--2016. Pemain Jepang terakhir yang membela Hannover 96 di Bundesliga adalah Genki Haraguchi. Ia bersama rekan-rekannya gagal menyelamatkan Hannover 96 dari degradasi pada 2018/2019. Haraguchi mengoleksi 28 penampilan Bundesliga Jerman selama berseragam Hannover 96.

2. Eintracht Frankfurt pernah diperkuat lima pemain Jepang saat berlaga di Bundesliga

3 Klub Jerman yang Paling Sering Memainkan Pemain Jepang di BundesligaMakoto Hasebe menjuarai Liga Europa menghadapi AS Roma di babak final. (facebook.com/eintracht)

Eintracht Frankfurt juga pernah diperkuat lima pemain Jepang kala bertanding di Bundesliga Jerman. Naohiro Takahara menjadi pesepak bola Jepang pertama yang membela Eintracht Frankfurt dan tampil di Bundesliga Jerman. Ia direkrut dari Hamburg SV pada musim panas 2006. Takahara bermain cukup impresif dengan mencetak 11 gol dalam 30 pertandingan Bundesliga pada musim debutnya 2006/2007. Akan tetapi, produktivitasnya menurun tajam kala hanya menorehkan 1 gol dari 8 laga Bundesliga pada 2007/2008.

Di sisi lain, dua pemain Jepang berhasil menciptakan sejarah bagi Frankfurt. Mereka adalah Makoto Hasebe dan Daichi Kamada. Keduanya turut membawa Frankfurt menjuarai DFB Pokal pada 2017/2018 dan Liga Europa 2021/2022. Hasebe bahkan pensiun sebagai pesepak bola bersama Frankfurt pada akhir 2023/2024.

3. VfB Stuttgart mengandalkan tujuh pemain Jepang kala berlaga di Bundesliga

3 Klub Jerman yang Paling Sering Memainkan Pemain Jepang di BundesligaWataru Endo (bundesliga.com)

VfB Stuttgart menjadi klub yang paling sering mengandalkan pemain Jepang di Bundesliga. Die Schweben secara keseluruhan menurunkan tujuh pemain Jepang dalam pertandingan Bundesliga. Shinji Okazaki menjadi pemain Jepang pertama yang berseragam VfB Stuttgart. Sayangnya, catatan golnya di Bundesliga tidak pernah lebih dari tujuh gol selama membela Stuttgart.

Sementara itu, Wataru Endo berhasil menjadi tulang punggung permainan VfB Stuttgart. Ia bahkan mendapat kepercayaan memimpin rekan-rekannya sebagai kapten sejak 2021/2022. Terbaru, manajer Stuttgart, Sebastian Hoeness, memberikan debut kepada Anrie Chase di Bundesliga ketika kalah 1-3 dari SC Freiburg pada pekan pertama 2024/2025.

Ketiga klub di atas berperan besar dalam perkembangan para pesepak bola Jepang. Sebagian dari pemain Jepang yang pernah membela ketiga klub di atas berhasil menuai kesuksesan dalam kariernya. Misalnya, Okazaki yang sukses menjuarai English Premier League (EPL) bersama Leicester City pada 2015/2016 dan Wataru Endo yang turut membawa Liverpool meraih gelar juara Piala Liga Inggris pada 2023/2024. 

Baca Juga: 3 Pemain Stuttgart yang Dijual ke Tim Bundesliga pada Musim Panas 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya