3 Kiper yang Mencatat 11 Penyelamatan di Euro

Pahlawan bagi timnya #EURO2024

Euro tidak hanya menampilkan aksi para penyerang dalam mencetak gol, tetapi juga penjaga gawang dalam melakukan penyelamatan. Beberapa kiper yang pernah tampil di Euro berhasil mencatat rekor gemilang saat mengantisipasi serangan berbahaya lawan. Salah satunya dengan menorehkan rekor sebelas penyelamatan di Euro.

Torehan ini bukan hal yang mudah untuk dipecahkan. Sebab, hanya sedikit kiper yang mampu melakukannya di turnamen antarnegara Eropa. Tercatat, 3 kiper berikut berhasil menorehkan 11 penyelamatan dalam 1 pertandingan Euro.

1. Francesco Toldo menyelamatkan gawang Italia dari gempuran Belanda di Euro 2000

3 Kiper yang Mencatat 11 Penyelamatan di EuroFrancesco Toldo (x.com/EURO2024)

Francesco Toldo pernah menjadi kiper andalan Timnas Italia pada era 1990-an. Ia dikenal dengan kemampuan refleks cepat saat menghalau bola serta punya jiwa kepemimpinan dalam mengawal lini belakang Gli Azzurri. Toldo menampilkan aksi heroik ketika Italia menghadapi Belanda pada semifinal Euro 2000.

Ia melakukan sebelas penyelamatan yang membuat Italia berhasil menahan Belanda imbang tanpa gol selama 120 menit. Toldo kemudian menjadi pahlawan Gli Azzurri setelah mampu menepis tendangan penalti dua pemain Belanda, Frank de Boer dan Paul Bosvelt. Berkat kontribusinya itu, Italia melaju ke final Euro 2000. Sayangnya, mereka kalah 1-2 dari Prancis.

Baca Juga: 6 Pemain Anderlecht yang Berpartisipasi di Euro 2024

2. Shay Given tampil heroik saat Republik Irlandia kalah 0-4 dari Spanyol di Euro 2012

3 Kiper yang Mencatat 11 Penyelamatan di EuroShay Given (uefa.com)

Shay Given adalah kiper asal Republik Irlandia yang malang-melintang di klub-klub papan tengah English Premier League (EPL), seperti Blackburn Rovers, Sunderland, Newcastle United, dan Aston Villa. Ia pernah menjadi kiper andalan Timnas Republik Irlandia dalam turnamen mayor seperti Euro. Given bahkan sukses mencatat rekor apik kala tampil di Euro 2012.

Republik Irlandia memang kalah telak dari Spanyol dengan skor 0-4. Akan tetapi, Given berhasil melakukan 11 penyelamatan selama 90 menit. Jika sang kiper tampil buruk, Republik Irlandia bisa kalah dengan skor yang lebih besar lagi.

3. Giorgi Mamardashvili, pahlawan Georgia saat seri 1-1 kontra Republik Ceko di Euro 2024

3 Kiper yang Mencatat 11 Penyelamatan di EuroGiorgi Mamardashvili (instagram.com/nakrebi)

Giorgi Mamardashvili tengah naik daun bersama Valencia setelah tampil apik pada 2023/2024. Ia juga turut berjasa bagi Georgia dengan tampil solid pada babak kualifikasi sehingga lolos ke Euro 2024. Mamardashvili menunjukkan aksi heroiknya saat Georgia menghadapi Republik Ceko pada fase grup Euro 2024.

Dilansir Fotmob, Mamardashvili total melakukan sebelas penyelamatan sepanjang pertandingan berlangsung. Secara perinci, ia 5 kali mengantisipasi bola bawah dan 6 kali mengantisipasi sepakan ke arah gawang di dalam kotak penalti. Mamardashvili sangat berjasa bagi Georgia yang mampu menanahan imbang Republik Ceko 1-1.

Ketiga kiper di atas menunjukkan kualitasnnya dalam menjaga gawang mereka selama tampil di Euro dengan total sebelas penyelamatan. Namun, rekor antisipasi tertinggi dalam 1 laga Euro masih dipegang kiper Austria, Aleksanders Kolinko, dengan total 12 penyelamatan. Belum ada kiper mana pun yang mampu memecahkan rekor tersebut. Akankah rekor baru tercipta di Euro 2024? Patut dinanti.

Baca Juga: 5 Pemain Jerman yang Tak Dimainkan pada Fase Grup Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya