5 Kiper yang Bisa Menggantikan Manuel Neuer di Timnas Jerman

Sudah cukup berpengalaman

Intinya Sih...

  • Alexander Nubel, kiper yang dipinjamkan ke AS Monaco dan VfB Stuttgart, tampil apik dengan 24 nirbobol dan 126 kebobolan dari 97 pertandingan.
  • Oliver Baumann, kiper berpengalaman di Bundesliga Jerman, kebobolan 66 kali dan hanya mencatat nirbobol 2 kali. Dipanggil sebagai pemain pelapis pada Euro 2024.
  • Bernd Leno, tampil solid di lini belakang Fulham dengan catatan 79 penampilan serta 18 clean sheet dan 120 kebobolan di semua kompetisi. Berpeluang kembali ke Timnas Jerman setelah absen cukup lama.

Keputusan Manuel Neuer pensiun dari Timnas Jerman menimbulkan pertanyaan besar terkait penggantinya. Beberapa kiper berkualitas dan berpengalaman masuk daftar calon pengganti. Sebagian besar pernah berseragam Der Panzer sebagai pelapis Neuer. Berikut lima kiper yang bisa menggantikan Manuel Neuer di Timnas Jerman.

1. Alexander Nuebel punya potensi untuk mengisi pos kiper nomor satu Der Panzer

5 Kiper yang Bisa Menggantikan Manuel Neuer di Timnas JermanAlexander Neubel (bundesliga.com)

Alexander Nuebel awalnya digadang-gadang sebagai pengganti Manuel Neuer di Bayern Muenchen. Namun, ia tidak kunjung mendapat tempat di starting line-up lantaran Neuer masih cukup fit secara fisik. Nuebel akhirnya dipinjamkan selama 2 musim kepada AS Monaco dan VfB Stuttgart.

Ia tampil begitu apik bersama kedua klub tersebut. Nuebel mencatat 24 nirbobol dan 126 kebobolan dari 97 pertandingan. Nuebel kembali membuktikan kualitasnya saat menjalani peminjaman di VfB Stuttgart dengan rekor 11 nirbobol dan 39 kebobolan dalam 36 laga di Bundesliga Jerman. Ia memang belum pernah berseragam Der Panzer, tetapi permainannya cukup menjanjikan bersama Monaco dan VfB Stuttgart. Dengan kualitasnya sebagai kiper, Nubel digadang-gadang bakal jadi penerus Neuer.

2. Oliver Baumann cukup berpengalaman untuk mengisi posisi kiper utama Jerman

5 Kiper yang Bisa Menggantikan Manuel Neuer di Timnas JermanOliver Baumann (bundesliga.com)

Oliver Baumann merupakan salah satu kiper yang kaya akan pengalaman di Bundesliga Jerman. Ia saat ini sudah memasuki usia 34 tahun. Baumann termasuk pemain yang kaya pengalaman, terutama di Bundesliga.

Meski begitu, catatan rekor kebobolannya tidak begitu bagus. Baumann kebobolan 66 kali dan hanya mencatat nirbobol 2 kali. Meski begitu, Baumann tetap dipanggil ke Timnas Jerman sebagai pemain pelapis pada Euro 2024. Ia bisa saja merebut posisi kiper nomor satu Timnas Jerman jika tampil impresif pada 2024/2025.

Baca Juga: 5 Kiper yang Pensiun Membela Negaranya pada 2024, Manuel Neuer Terbaru

3. Bernd Leno berpeluang kembali ke Timnas Jerman

5 Kiper yang Bisa Menggantikan Manuel Neuer di Timnas JermanBernd Leno (instagram.com/berndleno1)

Bernd Leno tampil cukup konsisten bersama Fulham dalam 2 tahun terakhir. Ia bermain cukup solid di lini belakang Fulham dengan catatan 79 penampilan serta 18 clean sheet dan 120 kebobolan di semua kompetisi. Leno berpeluang kembali ke Timnas Jerman setelah absen cukup lama.

Ia sebelumnya selalu masuk daftar pemain Timnas Jerman untuk pertandingan internasional. Namun, Leno mulai tersingkir setelah Kevin Trapp dan Oliver Baumann terpilih sebagai kiper ketiga Timnas Jerman di belakang Marc-Andre ter Stegen dan Manuel Neuer. Ia bisa saja kembali dipanggil Timnas Jerman jika mampu tampil solid di lini belakang Fulham pada 2024/2025.

4. Kevin Trapp bakal berusaha merebut posisi kiper nomor satu Jerman

5 Kiper yang Bisa Menggantikan Manuel Neuer di Timnas JermanKevin Trapp (dfb.de)

Kevin Trapp merupakan salah satu kiper yang setia menjadi pendampiang Manuel Neuer dan Marc-Andre ter Stegen. Ia selalu menjaga konsistensi performa apiknya di level klub dengan Eintracht Frankfurt. Trapp kebobolan 48 kali dan nirbobol 7 kali dalam 32 pertandingan di Bundesliga Jerman.

Meski begitu, ia belum pernah bermain di turnamen mayor kala berseragam Timnas Jerman. Ia saat ini baru mengoleksi 9 caps dengan catatan nirbobol 2 kali dan kebobolan 13 gol. Trapp tentu memiliki peluang merebut posisi kiper nomor satu Timnas Jerman setelah Neuer pensiun.

5. Marc-Andre ter Stegen menjadi kandidat paling kuat

5 Kiper yang Bisa Menggantikan Manuel Neuer di Timnas JermanMarc-Andre ter Stegen (fcbarcelona.com)

Marc-Andre ter Stegen selalu berada di bawah bayang-bayang Manuel Neuer di Timnas Jerman. Meski tampil apik secara konsisten bersama Barcelona, ia kesulitan mendapat tempat di tim utama Jerman selama Neuer masih dipanggil. Ter Stegen selalu menorehkan nirbobol lebih dari sepuluh kali sejak 2016/2017.

Secara keseluruhan, Ter Stegen tampil dalam 414 penampilan dengan catatan clean sheet 174 kali dan kebobolan 406 kali. Ia bahkan menjabat wakil kapten Barcelona pada 2023/2024. Ter Stegen disebut-sebut bakal menjadi kapten Barcelona setelah kepergian Sergi Roberto ke Como 1907. Ia berpeluang besar untuk mengisi posisi kiper Timnas Jerman usai dengan segala pengalaman, kematangan mental, kemampuan sebagai kiper, dan jiwa kepemimpinan.

Kelima kiper di atas memiliki karakter dan gaya permainan masing-masing bersama klubnya. Namun, mereka harus bersaing untuk mendapatkan kepercayaan dari pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann. Ter Stegen sejauh ini menjadi kandidat paling kuat untuk mengisi pos legenda speak bola Italia itu. Namun, kiper-kiper lainnya tetap berpeluang untuk bermain sebagai kiper nomor satu Timnas Jerman.

Baca Juga: Manuel Neuer Putuskan Pensiun dari Timnas Jerman

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya