3 Kiper dengan Total Penyelamatan Tertinggi dalam 1 Edisi Euro

Tidak ada nama tenar #EURO2024

Beberapa kiper berhasil menampilkan permainan terbaik saat membela negaranya di Euro. Tidak hanya nama-nama tenar, seperti Gianluigi Buffon, Iker Casillas, dan Manuel Neuer, para penjaga gawang lainnya pun mampu menjadi bintang bagi negaranya selama berparitisipasi di Euro. Mereka bahkan mengukir rekor penyelamatan terbanyak dalam sejarah turnamen antarnegara Eropa. Itu seperti tiga kiper berikut yang berhasil menorehkan catatan apik.

1. Francesco Toldo total melakukan 30 aksi penyelamatan di Euro 2000

3 Kiper dengan Total Penyelamatan Tertinggi dalam 1 Edisi EuroFrancesco Toldo (x.com/EURO2024)

Kiper asal Italia, Francesco Toldo, memang tidak setenar Gianluigi Buffon atau Dino Zoff. Akan tetapi, kualitas eks Inter Milan dalam menjaga gawang itu tidak perlu diragukan lagi. Toldo menjadi bintang Gli Azzurri saat menjadi runner-up Euro 2000. Ia mampu mencatat 2 nirbobol dan tidak pernah kebobolan lebih dari 1 gol dari babak grup sampai final Euro 2000.

Dilansir Opta, Toldo melakukan total 30 aksi penyelamatan saat membela Italia di euro 2000. Penampilan terbaiknya terjadi saat mengantisipasi tendangan Paul Bosvelt dan Frank de Boer pada babak penalti antara Italia dan Belanda. Berkat Toldo, Italia berhasil melaju sampai ke final Euro 2000. Ia memang hanya sekali menjadi kiper utama Italia di Euro, tetapi berhasil meninggalkan kesan positif dengan total 30 penyelamatan sepanjang turnamen.

Baca Juga: 3 Raksasa yang Jadi Korban Swiss di Euro

2. Giorgi Mamardashvili bermain impresif dengan catatan 30 antisipasi di Euro 2024

3 Kiper dengan Total Penyelamatan Tertinggi dalam 1 Edisi EuroGiorgi Mamardashvili (instagram.com/nakrebi)

Giorgi Mamardashvili tengah menjadi perbincangan usai tampil impresif selama Euro 2024. Kiper milik Valencia itu melakukan aksi penyelamatan sehingga gawangnya gagal dijebol para bintang Portugal. Georgia secara mengejutkan menang atas Portugal dengan catatan dua gol tanpa balas pada babak grup Euro 2024.

Ia sebenarnya tampil apik ketika menghadapi Spanyol pada babak 16 besar. Dilansir Fotmob, Mamardashvili melakukan sembilan kali penyelamatan meskipun akhirnya Georgia kalah 1-4 . Menurut Opta, ia sukses menyamai rekor Toldo yang mampu melakukan 30 penyelamatan dalam 1 edisi Euro. Karier Mamardashvili diprediksi akan meningkat usai Euro 2024. Sebab, ia tengah dalam pantauan klub-klub besar Eropa yang mencari kiper baru.

3. Igor Akinfeev masih memegang rekor 32 penyelamatan saat bermain di Euro 2008

3 Kiper dengan Total Penyelamatan Tertinggi dalam 1 Edisi EuroIgor Akinfeev (uefa.com)

Igor Akinfeev merupakan kiper nomor satu Rusia sejak debutnya pada April 2004. Ia total bermain dalam 111 penampilan dengan catatan 48 nirbobol dan 95 kebobolan. Akinfeev sukses menciptakan rekor ketika tampil bersama Rusia di Euro 2008.

Menurut Opta, ia mencatat 32 penyelamatan sepanjang turnamen berlangsung. Rekor ini masih menjadi yang tertinggi sampai 2024. Akinfeev punya peran penting dalam perjalanan Rusia mencapai semifinal. Ia mampu menorehkan clean sheet saat menang 2--0 atas Swedia dan tidak kebobolan lebih dari satu gol ketika mengalahkan Yunani 1-0 dan Belanda 3-1. Sayangnya, Akinfeev tidak mampu menahan gempuran Spanyol dalam dua kekalahan 1-4 pada babak grup dan 0-3 pada semifinal.

Ketiga pemain di atas memang bukan termasuk kiper dengan nama besar. Akan tetapi, penampilan mereka berhasil masuk dalam buku sejarah Euro. Ketiga pemain itu layak mendapat apresiasi lebih berkat aksi-aksi memukau tersebut. Sebab, tidak mudah untuk menjadi kiper utama saat membela negara di turnamen mayor macam Euro.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol dan Assist Termuda Spanyol dalam 1 Laga Euro

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya