4 Kemenangan Timnas Prancis atas Belgia di 4 Laga Kompetitif Terakhir

Les Bleus masih belum terbendung

Intinya Sih...

  • Timnas Prancis dan Belgia sudah bertemu 77 kali di semua ajang, dengan Prancis mengejar ketertinggalan dengan 28 kemenangan.
  • Prancis menang atas Belgia di semifinal Piala Dunia 2018 lewat gol tunggal Samuel Umtiti, dan juga di semifinal Nations League 2020/2021 dengan skor 3-2.
  • Pada laga babak 16 besar Euro 2024, Prancis kembali mengalahkan Belgia dengan skor 1-0 lewat gol bunuh diri Jan Vertonghen.

Timnas Prancis dan Belgia beberapa kali bertemu dalam kompetisi resmi, seperti Piala Dunia, Euro, dan Nations League. Kedua tim ini diperkuat oleh sejumlah nama-nama besar, macam Kylian Mbappe sebagai kapten Timnas Prancis dan Kevin De Bruyne yang memimpin skuad Belgia. Timnas Prancis dan Belgia sudah 77 kali bertemu di semua ajang termasuk pertandingan uji coba.

Secara mengejutkan, Belgia unggul dengan mengoleksi 30 kemenangan. Akan tetapi, Timnas Prancis mulai mengejar ketertinggalan dengan menorehkan 28 kemenangan. Les Bleus bahkan selalu menang atas Belgia kala berhadapan di empat laga kompetitif terakhir sejak 2018.

Berikut catatan kemenangan Timnas Prancis atas Belgia dalam 4 pertandingan resmi tersebut. 

1. Prancis melangkah ke final Piala Dunia 2018 setelah menang atas Belgia di semifinal

4 Kemenangan Timnas Prancis atas Belgia di 4 Laga Kompetitif TerakhirSamuel Umtiti (depan tengah) (fifa.com)

Timnas Prancis menghadapi Belgia dalam laga semifinal Piala Dunia 2018 di Gazprom Arena pada 10 Juli 2018. Pertandingan ini cukup menarik perhatian publik sepak bola. Sebab, para pemain bintang dari kedua tim akan saling berhadapan di laga sebesar semifinal Piala Dunia 2018.

Timnas Prancis yang ditangani Didier Deschamps menurunkan para pemain andalannya, seperti Kylian Mbappe, Paul Pogba, dan N'golo Kante. Di sisi lain, manajer Timnas Belgia kala itu, Roberto Martinez, menurunkan Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne, dan Eden Hazard di lini depan. Timnas Prancis akhirnya sukses memenangkan laga ini lewat kemenangan 1-0 atas Belgia. Samuel Umtiti mencetak gol tunggal pada menit ke-51.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terakhir Italia atas Prancis di Laga Kompetitif

2. Prancis menang dramatis 3-2 atas Belgia di semifinal Nations League 2020/2021

4 Kemenangan Timnas Prancis atas Belgia di 4 Laga Kompetitif TerakhirTheo Hernandez (uefa.com)

Timnas Prancis dan Belgia lagi-lagi bertemu di pertandingan semifinal. Mereka kali ini saling berduel di semifinal Nations League pada 2020/2021. Pertandingan ini berjalan sengit sampai menit-menit akhir.

Timnas Prancis tertinggal lebih dulu lewat gol penyerang sayap Belgia, Yannick Carrasco, pada menit ke-37 dan Romelu Lukaku 3 menit kemudian. Les Bleus mulai bangkit setelah Karim Benzema dan Kylian Mbappe menorehkan gol pada babak kedua menit ke-62 dan 69. Theo Hernandez sukses menjadi pahlawan kemenangan Timnas Prancis lewat golnya pada menit ke-90. Prancis lolos ke final Nations League 2020/2021 dengan kemenangan 3-2 atas Belgia.

3. Prancis menang tipis 1-0 atas Belgia di Euro 2024

4 Kemenangan Timnas Prancis atas Belgia di 4 Laga Kompetitif TerakhirRandal Kolo Muani (kiri) melepaskan tembakan ke arah gawang Belgia. (uefa.com)

Prancis harus berhadapan dengan Belgia di laga babak 16 besar Euro 2024. Situasi kedua tim ini berbeda kala berduel di Piala Dunia 2018 dan Nations League 2020/2021. Prancis dan Belgia dinilai tidak bermain bagus selama Euro 2024. Kedua tim ini cenderung memainkan sepak bola pragmatis yang membosankan.

Selain itu, Belgia sudah tidak lagi diperkuat para bintangnya yang sebagian besar memutuskan pensiun. Hanya Kevin De Bruyne, Jan Vertonghen, dan Yannick Carrasco, yang termasuk pemain senior dari generasi emas Belgia. Sementara itu, Prancis bermain pragmatis dan membosankan meski punya materi pemain bintang, macam Mbappe, Kante, dan Antoine Griezmann.

Anggapan tersebut terbukti benar setelah kedua tim bermain lebih berhati-hati dan menciptakan sedikit peluang. Alhasil, pertandingan berjalan monoton dan hanya menciptakan satu gol yang berasal dari bunuh diri Jan Vertonghen pada menit ke-85. Gol tersebut berawal dari Vertonghen yang membelokkan tembakan Randal Kolo Muani ke gawagnya sendiri. Prancis lolos ke perempat final Euro 2024 berkat kemenangan 1-0 tersebut.

4. Timnas Prancis menaklukkan Belgia 2-0 dalam laga Nations League 2024/2025

4 Kemenangan Timnas Prancis atas Belgia di 4 Laga Kompetitif TerakhirRandal Kolo Muani (uefa.com)

Prancis menjamu Belgia dalam laga babak grup Nations League di Groupama Stadium pada 2024/2025. Les Bleus masih mengandalkan para pemain yang belaga di Euro 2024, seperti Marcus Thuram, Randal Kolo Muani, dan Ousmane Dembele. Sementara itu, Belgia juga memainkan dua pemain Manchester City, Kevin De Bruyne dan Jeremy Doku, serta Lois Openda di lini depan.

Kolo Muani membuka keunggulan Prancis lewat golnya pada menit ke-29. Ousmane Dembele menggandakan skor menjadi 2-0 untuk Prancis setelah memanfaatkan assist N'Golo Kante pada menit ke-57. Timnas Prancis sukses menaklukan Belgia dengan skor 2-0.

Keempat laga di atas menunjukkan dominasi Timnas Prancis atas Timnas Belgia di berbagai laga kompetitif dari berbagai ajang. Pranvis dan Belgia akan berduel lagi di pertemuan kedua pada babak grup 14 Oktober 2024. Belgia tentu bertekad mengalahkan Prancis di kandang sendiri dalam pertandingan tersebut. 

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Cetak Gol ke Gawang Prancis di Parc des Princes

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya