3 Kemenangan Terakhir Italia atas Prancis di Laga Kompetitif

Salah satunya terjadi di kandang Paris

Intinya Sih...

  • Italia unggul 20 kali dari 40 pertemuan dengan Prancis di semua ajang, termasuk Piala Dunia, Euro, dan Nations League.
  • Italia memenangkan tiga pertemuan terakhir di laga kompetitif melawan Prancis, termasuk final Piala Dunia 2006 dan babak grup Euro 2008.
  • Pertandingan Nations League 2024 menjadi momen menarik dengan Italia menang 3-1 di stadion Parc des Princes, Paris.

Duel antara Timnas Italia dan Timnas Prancis merupakan salah satu big match yang selalu menghadirkan momen-momen bersejarah. Kedua tim saling berhadapan satu sama lain dalam 40 pertandingan di semua ajang. Italia masih unggul dengan 20 kemenangan sedangkan Prancis baru 12 kali menang.

Gli Azzurri membuktikan dominasinya atas Prancis dalam tiga pertemuan terakhir di laga kompetitif. Mereka saling berhadapan di tiga ajang berbeda, yaitu Piala Dunia, Euro, dan Nations League. Italia berhasil mengalahkan Prancis dalam tiga pertemuan terakhir di tiga kompetisi tersebut.

Berikut catatan kemenangan Italia atas Prancis tersebut.

1. Italia menjuarai Piala Dunia 2006 setelah mengalahkan Prancis di laga final

3 Kemenangan Terakhir Italia atas Prancis di Laga KompetitifPara pemain Italia merayakan gol Marco Materazzi ke gawang Prancis pada final Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Pertemuan antara Italia dan Prancis di final Piala Dunia 2006 menjadi salah satu laga paling bersejarah dan diingat. Sebab, terjadi berbagai drama dalam pertandingan ini. Prancis unggul terlebih dahulu lewat sepakan penalti Zinedine Zidane pada menit ke-7. Italia menyamakan kedudukan lewat sundulan Marco Materazzi pada menit ke-19.

Uniknya, kedua pemain ini terlibat perselisihan. Zidane yang merasa keluarganya dihina di tengah pertandingan, tiba-tiba menanduk dada Materazzi pada menit ke-110. Wasit langsung mengeluarkan kartu merah kepada eks pemain Real Madrid itu. Zidane harus mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola dengan memori insiden kontroversial tersebut.

Italia kemudian memenangi pertandingan lewat adu penalti dengan skor 5-4. Prancis kalah setelah David Trezeguet menjadi satu-satunya penendang yang gagal mengeksekusi penalti. Italia berhasil meraih gelar juara Piala Dunia yang keempat di Olimpia Stadion Berlin.

Baca Juga: 6 Penyerang Terakhir yang Diboyong AC Milan dari Klub Serie A Italia

2. Italia memulangkan Prancis setelah menang 2-0 dalam laga babak grup Euro 2008

3 Kemenangan Terakhir Italia atas Prancis di Laga KompetitifAndrea Pirlo (depan) merayakan golnya ke gawang Prancis pada Euro 2008. (uefa.com)

Italia dan Prancis kembali berhadapan 2 tahun setelah laga final Piala Dunia 2006. Mereka kali ini berduel pada babak grup Euro 2008. Namun, situasinya jauh berbeda dibanding saat bertemu di final Piala Dunia 2006. Baik Italia dan Prancis wajib memenangi pertandingan ini agar bisa lolos ke perempat final mendampingi Belanda. Kedua tim sama-sama mengoleksi 1 poin sebelum pertandingan ini.

Selain itu, Italia sudah tidak diperkuat nama-nama besar seperti Francesco Totti dan Fabio Cannavaro yang memutuskan mengakhiri karier internasional usai Piala Dunia 2006. Gli Azzurri juga mengganti pelatih dari Marcello Lippi ke Roberto Donadoni. Meski begitu, skuad Italia masih terbilang cukup kuat, dengan hadirnya para pemain bintang, macam Andrea Pirlo, Luca Toni, Genaro Gattuso, dan Antonnio Cassano.

Di sisi lain, Prancis menduetkan striker muda Karim Benzema dengan Thierry Henry di lini depan yang didukung Franck Ribery dan Sydney Govou sebagai penyerang sayap. Italia sukses keluar sebagai pemenang usai Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi mencetak gol kemenangan 2-0 atas Prancis. Hasil ini membuat Italia lolos ke perempat final, sedangkan Prancis tersingkir dengan menempati peringkat keempat di grup C dengan koleksi 1 poin.

3. Italia membungkam fans Prancis dengan menang 3-1 pada Nations League 2024

3 Kemenangan Terakhir Italia atas Prancis di Laga KompetitifGiacomo Raspadori (kiri depan) mencetak gol ketiga Italia atas Prancis pada Nations League 2024. (uefa.com)

Italia dan Prancis untuk pertama kalinya saling berhadapan dalam pertandingan Nations League 2024. Duel kedua tim ini akhirnya digelar lagi di laga kompetitif setelah terakhir terjadi pada Euro 2008. Prancis yang berstatus sebagai semifinalis Euro 2024 menurunkan para bintangnya, seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan William Saliba.

Sementara itu, Italia memainkan Lorenzo Pellegrini dan Matteo Retegui di lini depan. Bradley Barcola langsung mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan 16 detik. Ia memanfaatkan kesalahan Giovanni Di Lorenzo yang tidak mengontrol bola dengan baik. Namun, Gli Azzurri mampu berbalik unggul setelah Federico Di Marco, Davide Frattesi, dan Giacomo Raspadori mencetak gol balasan ke gawang Mike Maignan. Italia berhasil membungkam fans Prancis dengan menang 3-1 di stadion Parc des Princes, Paris.

Duel antara Italia dan Prancis di laga kompetitif selalu menghadirkan momen-momen menarik. Misalnya, tandukan Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi di final Piala Dunia 2006 dan gol cepat Bradley Barcola ketika laga baru bergulir 16 detik. Patut dinanti pertemuan kedua antara Italia versus Prancis di Nations League pada November 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Inggris yang Merapat ke Serie A Italia pada Musim Panas 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya