4 Kemenangan Terakhir RB Leipzig di Kandang Bayer Leverkusen

Berhasil memutus tren kemenangan

Pertemuan antara RB Leipzig dan Bayer Leverkusen telah dianggap sebagai salah satu big match di Bundesliga Jerman. Panasnya duel kedua klub ini tidak lepas dari meroketnya RB Leipzig yang langsung menjadi klub papan atas Bundesliga sejak promosi pada 2016/2017. Di sisi lain, RB Leipzig dan Bayer Leverkusen dianggap sebagai salah satu klub yang berpotensi merusak dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga.

Dari 17 kali pertemuan di semua kompetisi, RB Leipzig berhasil menang di kandang Bayer Leverkusen, Stadion BayArena, sebanyak empat kali. Meski beberapa kali Leverkusen lebih diunggulkan, RB Leipzig mampu memberikan perlawanan. Salah satu kemenangan RB Leipzig tersebut bahkan sampai memutus tren positif Bayer Leverkusen.

Berikut empat kemenangan terakhir RB Leipzig di kandang Bayer Leverkusen dalam laga Bundesliga.

1. RB Leipzig langsung menang 3-2 saat musim debutnya di Bundesliga pada 2016/2017

4 Kemenangan Terakhir RB Leipzig di Kandang Bayer LeverkusenWilli Orban (bundesliga.com)

RB Leipzig bertemu Bayer Leverkusen untuk pertama kalinya di Bundesliga pada pekan ke-11 2016/2017. Klub berjuluk Die Roten Bullen itu masih berstatus sebagai klub promosi dan pertama kali bermain di kasta tertinggi Liga Jerman. Pertandingan ini berlangsung sengit selama 90 menit.

Kevin Kampl yang kala itu masih membela Leverkusen membuka mencetak gol terlebih dahulu saat laga baru berjalan semenit. Julian Baumgartlinger langsung membalasnya lewat torehan brace pada menit keempat. Julian Brandt kembali membawa Leverkusen unuggul 2-1 menjelang babak pertama berakhir.

Namun, RB Leipzig berhasil membalikkan keadaan melalui gol dari Emil Forsberg dan Willi Orban pada menit  ke-67 dan 81. Keunggulan RB Leipzig 3-2 atas Leverkusen bertahan sampai wasit meniup peluit tanda laga berakhir.

2. RB Leipzig sukses menang 4-2 di kandang Bayer Leverkusen pada 2018/2019

4 Kemenangan Terakhir RB Leipzig di Kandang Bayer LeverkusenEmil Forsberg (kiri) dan Timo Werner (kanan) (bundesliga.com)

Pertarungan sengit antara RB Leipzig versus Bayer Leverkusen terjadi pada pekan 28 Bundesliga 2018/2019. Die Roten Bullen yang dilatih Ralf Ragnick menurunkan susunan pemain terbaiknya, seperti Timo Werner, Marcel Sabitzer, dan Emil Forsberg. Di sisi lain, Bayer Leverkusen asuhan Peter Bosz memainkan Kai Havertz, Leon Bailey, dan Kevin Volland di lini depan.

Havertz berhasil menorehkan gol pembuka bagi Leverkusen pada menit ke-11. Marcel Sabitzer kemudian membalasnya lewat gol tendangan bebas spektakuler pada menit ke-17. Havertz lagi-lagi membobol gawang Leipzig pada menit ke-23.

Akan tetapi, Die Roten Bullen sukses berbalik unggul 4-2 setelah Timo Werner, Emil Forsberg, dan Matheus Cunha mencetak gol pada babak kedua. RB Leipzig sukses mengamankan tiga poin berkat kemenangan 4-2 atas Leverkusen di BayArena.

Baca Juga: Bayer Leverkusen Acap Menang Dramatis, Alonso: Ini Soal Mentalitas

3. RB Leipzig menang tipis 1-0 atas Bayer Leverkusen pada Bundesliga 2021/2022

4 Kemenangan Terakhir RB Leipzig di Kandang Bayer LeverkusenDominik Szoboszlai (rbleipzig.com)

RB Leipzig dan Bayer Leverkusen sama-sama mengincar tiga poin untuk mengamankan posisi mereka di zona Liga Champions Eropa pada Bundesliga 2021/2022. Hal tersebut yang bikin pertemuan kedua klub ini begitu panas pada pekan ke-30. Baik RB Leipzig dan Bayer Leverkusen sama-sama menurunkan susunan pemain terbaiknya.

Die Roten Bullen memainkan duet Andre Silva dan Yusuff Poulsen di lini depan. Sementara itu, Bayer Leverkusen mengandalkan Patrick Shick dan Moussa Diaby sebagai penyerang utama. RB Leipzig berhasil membuka keunggulan lewat gol Dominik Szoboszlai pada menit ke-70. Sayangnya, Bayer Leverkusen gagal mengejar ketertinggalan sampai laga berakhir. RB Leipzig sukses meraih tiga poin berkat kemenangan 1-0 atas Bayer Leverkusen.

4. RB Leipzig berhasil mengalahkan Bayer Leverkusenn 4-2 pada Bundesliga 2024/2025

4 Kemenangan Terakhir RB Leipzig di Kandang Bayer LeverkusenLois Openda (x.com/LoisOpenda)

Bayer Leverkusen tengah berada dalam tren terbaiknya setelah menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal tanpa menelan satupun kekalahan pada 2023/2024. Mereka masih mempertahankan rekor tersebut pada awal 2024/2025. Leverkusen mengalahkan VfB Stuttgart di DFB Super Cup dan Borussa Monchengladbach pada pekan pertama Bundesliga 2024/2025.

RB Leipzig kemudian hadir sebagai lawan berat Leverkusen di kandangnya, BayArena, pada pekan kedua. Die Roten Bullen tertinggal terlebih dahulu setelah Emanuel Frimpong dan Alejandro Grimaldo membawa Leverkusen unggul 2-0. RB Leipzig baru bisa membalas lewat gol sundulan Kevin Kampl pada injury time babak pertama. Lois Openda keluar sebagai pahlawan kemenangan RB Leipzig lewat brace pada menit ke-57 dan 80. RB Leipzig berhasil memutus rekort tak terkalahkan Bayer Leverkusen lewat kemenangan 3-2.

RB Leipzig dan Bayer Leverkusen telah bertanding sebanyak 17 kali di semua kompetisi. Hasilnya, Die Roten Bullen unggul dengan 8 kali menang, sedangkan Leverkusen baru 5 kali. RB Leipzig juga unggul dari catatan pencetak gol terbanyak dalam laga ini. Lois Openda dan Emil Forsberg sama-sama mengoleksi empat gol.

Baca Juga: 3 Pemain RB Leipzig Pindah ke LaLiga pada Musim Panas 2024, Ada Olmo!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya