3 Kemenangan Inggris atas Spanyol di Kompetisi Antarnegara Eropa

Modal penting jelas final Euro 2024 #EURO2024

Intinya Sih...

  • Inggris dan Spanyol bertemu di Euro untuk pertama kalinya sejak 1996
  • Inggris memiliki rekor mentereng dengan memenangkan tiga laga melawan Spanyol di kompetisi resmi
  • Ketiga kemenangan tersebut membuktikan Inggris lebih unggul dari Spanyol ketika bertemu di kompetisi resmi

Inggris dan Spanyol akan bersua di Euro untuk pertama kalinya sejak edisi 1996. Kedua tim termasuk jarang bertemu di kompetisi resmi. Tercatat, mereka berhadapan di Piala Dunia edisi 1950 dan 1982, Euro edisi 1980 dan 1996, serta Nations League pada 2018/2019.

The Three Lions memiliki rekor mentereng dengan memenangkan tiga laga melawan Spanyol di kompetisi resmi. Sementara itu, Spanyol hanya menang dua kali ketika menang 1-0 pada Piala Dunia 1950 dan 2-1 di laga tandang Grup 4 Nations League pada 2018/2019.

Keunggulan Inggris atas Spanyol di pertandingan kompetitif bisa menjadi motivasi bagi para pemain menjelang final Euro 2024. Berikut catatan tiga kemenangan Inggris atas Spanyol di kompetisi antarnegara Eropa.

1. Inggris mengalahkan Spanyol 2-1 pada fase grup Euro 1980

3 Kemenangan Inggris atas Spanyol di Kompetisi Antarnegara EropaInggris menang 2-1 atas Spanyol pada Euro 1980. (uefa.com)

Inggris pertama kali berjumpa dengan Spanyol di Euro pada edisi 1980. Kedua negara ini berduel di grup 2. Inggris yang masih dilatih Ron Greenwood memainkan para pemain terbaiknya, seperti Phil Thompson, Glen Hoddle, dan Kevin Keegan. Di sisi lain, Spanyol asuhan Laszlo Kubala, menurunkan bintang Real Madrid, Santillana, sebagai kapten, Juanito, dan Francisco Uria.

The Three Lions membuka keunggulan terlebih dahulu melalui Trevor Booking pada menit ke-19. Spanyol berhasil menyamakan kedudukan setelah Dani mengeksekusi penalti pada menit ke-48. Inggris memimpin laga kembali usai Tony Woodcock mencetak gol pada menit ke-61. The Three Lions sukses mengunci kemenangan 2-1 atas Spanyol.

Baca Juga: 6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024

2. Inggris menyingkirkan Spanyol di Euro 1996 lewat adu penalti

3 Kemenangan Inggris atas Spanyol di Kompetisi Antarnegara EropaJulio Sanilas menghadapi Gareth Southgate pada Euro 1996. (uefa.com)

Inggris menghadapi Spanyol di laga perempat fina Euro pada edisi 1996. The Three Lions kala itu bertindak sebagai tuan rumah. Inggris yang dilatih Terry Venables menurunkan skuad terbaiknya, seperti Alan Shearer, Paul Gascoigne, Steve McManaman, dan Gareth Southgate. Sementara itu, Spanyol mengandalkan Julio Salinas di lini depan dengan didukung Guilermo Amor dan Fernando Hierro sebagai gelandang.

Pertandingan berjalan cukup sengit dan alot. Sebab, kedua tim bertahan dengan baik sehingga skor 0-0 bertahan selama 120 menit. Pertandingan berlanjut sampai babak adu penalti. Inggris berhasil membuka keunggulan lewat tendangan Alan Shearer. Di sisi lain, Fernando Hierro gagal menjalankan tugasnya sebagai penendang pertama Spanyol.

Para penendang Inggris lainnya berhasil mengeksekusi penalti dengan baik. Sementara itu, Miguel Angel Nadal yang menjadi eksekutor keempat Spanyol tidak mampu merobek gawang David Seaman. Inggris lolos ke semifinal setelah menang 4-2 atas Spanyol melalui adu penalti.

3. Inggris menang 3-2 atas Spanyol di Nations League pada 2018/2019

3 Kemenangan Inggris atas Spanyol di Kompetisi Antarnegara EropaMarcus Rashford (kanan) dan Harry Kane (kiri) merayakan gol ke gawang Spanyol pada Nations League 2018/2019. (thefa.com)

Inggris bertekad membalas kekalahan 1-2 dari Spanyol dalam laga kedua pada Nations League 2018/2019. The Three Lions yang sudah dilatih Gareth Southgate memasang trio Harry Kane, Raheem Sterling, dan Marcus Rashford di lini depan. Spanyol asuhan Luis Enrique memainkan Rodrigo Moreno, Iago Aspas, dan Marco Asensio sebagai penyerang utama.

Inggris tampil menyerang sejak menit pertama. Hasilnya, mereka langsung unggul 3-0 usai torehan gol Raheem Sterling dan brace Marcus Rashford pada babak pertama. Spanyol berusaha mengejar ketertinggalan melalui Paco Alcacer dan Sergio Ramos pada babak kedua. Namun, Inggris tetap memenangi laga ini dengan skor 3-2.

Ketiga kemenangan di atas membuktikan Inggris lebih unggul dari Spanyol ketika bertemu di kompetisi resmi seperti Euro dan Nations League. The Three Lions kini berambisi untuk memperpanjang rekor kemenangan atas Spanyol di final Euro 2024. Namun, La Furia Roja bermain impresif lewat sepak bola menyerang sejak fase grup. Mampukah Inggris meraih gelar juara Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah? Patut dinanti.

Baca Juga: 4 Pemain Kelahiran Madrid yang Antar Spanyol ke Final Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya