3 Kelemahan Spanyol Ini Bisa Jadi Peluang Inggris di Final Euro 2024

Terutama di sisi pertahanan #EURO2024

Intinya Sih...

  • Spanyol mencetak 13 gol dan kebobolan 3 gol di Euro 2024, bermain efektif dengan gaya direct football
  • Pertahanan Spanyol memiliki kelemahan dalam duel tekel dan fisik, dapat dimanfaatkan oleh penyerang Inggris
  • Spanyol bermain aman saat unggul dan rentan terhadap serangan balik cepat, menjadi celah bagi Inggris

Spanyol menjadi salah satu tim yang memainkan sepak bola menyerang secara konsisten sejak fase grup Euro 2024. Menurut laman resmi UEFA, La Furia Roja telah mencetak 13 gol dan kebobolan 3 gol meski penguasaan bola tidak terlalu tinggi, hanya 57 persen. Spanyol sukses mengubah gaya bermainnya dari tiki-taka yang mengedepankan penguasaan bola menjadi direct football dengan tingkat efektivitas tinggi.

Namun, bukan berarti tim asuhan Luis de la Fuente ini tidak punya celah. Inggris yang menjadi lawan mereka di final Euro 2024 tentu akan menganalisis gaya baru permainan Spanyol. Setidaknya, The Three Lions dapat memanfaatkan tiga kelemahan dari sistem permainan Spanyol di final Euro 2024.

1. Pertahanan Spanyol memiliki banyak celah untuk dieksploitasi

3 Kelemahan Spanyol Ini Bisa Jadi Peluang Inggris di Final Euro 2024Spanyol kebobolan terlebih dahulu melawan Prancis pada semifinal. (uefa.com)

Spanyol memang baru kebobolan tiga gol di Euro 2024. Namun, La Furia Roja sempat tertinggal dulu ketika melawan Prancis pada semifinal. Hal tersebut tidak lepas dari celah di pertahanan Spanyol yang dapat Inggris manfaatkan pada laga final Euro 2024.

Salah satu kelemahan pertahanan Spanyol dapat dilihat dari catatan duel tekel. Dilansir laman resmi UEFA, Spanyol kalah 46 tekel dari total 74 kali duel tekel. Selain itu, komposisi empat bek Spanyol, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Marc Cucurella, dan Dani Carvajal, menurut Fotmob, kalah dari segi duel fisik dan udara saat menghadapi Jerman di perempat final.

Keempat pemain tersebut diprediksi akan kembali diandalkan Luis de la Fuente pada final Euro 2024. Para penyerang Inggris memiliki keunggulan dari segi fisik dan kecepatan. Celah yang dimiliki pertahanan Spanyol dapat dimanfaatkan oleh Harry Kane, Phil Foden, dan Jude Bellingham.

Baca Juga: 6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024

2. Tidak mengejar gol tambahan tiap kali unggul

3 Kelemahan Spanyol Ini Bisa Jadi Peluang Inggris di Final Euro 2024Spanyol kebobolan dari Jerman pada menit akhir babak kedua. (uefa.com)

Spanyol selalu bermain aman tiap kali berada di posisi unggul. Misalnya, menurut catatan Fotmob, La Furia Roja tampil dominan ketika unggul pada babak pertama ketika melawan Jerman di perempat final. Mereka melepas 8 tembakan dengan 4 di antaranya mengenai sasaran. Spanyol masih bermain menyerang saat awal babak kedua sampai Dani Olmo mencetak gol pembuka pada menit 51. Namun, La Furia Roja mengendurkan serangannya dengan hanya melepas dua shot off target dan tidak menciptakan peluang berbahaya. Alhasil, Jerman mampu menyamakan kedudukan ketika menemukan celah di lini belakang Spanyol pada menit 89.

Sementara itu, Spanyol bermain agresif meski sempat tertinggal terlebih dahulu di laga melawan Prancis pada semifinal. Dilansir Fotmob, La Furia Roja bahkan mampu mencatat 5 tembakan dengan 2 di antaranya menghasilkan gol. Namun, Spanyol tidak mampu mencetak gol tambahan setelah hanya melepaskan satu tembakan meleset pada babak kedua. Inggris dapat memanfaatkan kelengahan Spanyol saat berada di posisi unggul. Terlebih lagi, Inggris selalu memiliki cara untuk keluar dari posisi ketertinggalan seperti saat menghadapi Slovakia dan Belanda. 

3. Terdapat lubang di lini tengah Spanyol ketika melakukan tekanan kepada lawan

3 Kelemahan Spanyol Ini Bisa Jadi Peluang Inggris di Final Euro 2024Marc Cucurella (atas) ditekel gelandang Jerman, Emre Can (bawah). (uefa.com)

Spanyol beruntung memiliki Rodri yang kuat dalam berduel dengan pemain lawan sehingga dapat memenangkan bola di lini tengah. Ia menjadi alasan Fabian Ruiz dan Dani Olmo bisa bebas naik membantu serangan dan mencetak gol. Spanyol termasuk tim yang memainkan high pressing saat tidak memegang bola.

Menurut Opta, Spanyol memiliki 66 kali memenangkan penguasaan bola dan 13 kali menghentikan lawan melakukan tembakan. Akan tetapi, jika Inggris bisa keluar dari tekanan Spanyol, mereka akan punya ruang terbuka untuk dieksploitasi. The Three Lions dapat memanfaatkan ruang yang ditinggalkan Rodri atau salah satu dari sisi kanan dan kiri Spanyol. Jude Bellingham dan Phil Foden yang cekatan dalam merebut bola dari lawan bisa menjadi ancaman besar bagi Spanyol ketika Inggris melancarkan serangan balik cepat.

Ketiga kelemahan ini dapat menjadi kunci kemenangan Inggris atas Spanyol. Gaya permainan pragmatis dan cenderung hati-hati Inggris berpotensi berubah menjadi serangan balik cepat jika Spanyol meninggalkan ruang kosong di lini tengah. Maka dari itu, laga final Euro 2024 antara Inggris dengan Spanyol, Senin (15/7/2024) dini hari WIB, diprediksi akan menjadi duel sengit di lini tengah.

Baca Juga: 3 Celah Inggris yang Bisa Dieksploitasi Spanyol di Final Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya