3 Kelebihan Mikel Merino yang Bikin Permainan Arsenal Makin Dahsyat!

Pembelian cerdas

Arsenal mendatangkan gelandang baru asal Spanyol, Mikel Merino, dari Real Sociedad pada musim panas 2024. Ia ditebus dengan harga 32,5 jtua euro atau Rp558 miliar plus 5 juta euro add ons atau Rp85 miliar. Manajer Arsenal, Mikel Arteta, mengatakan Merino akan memberikan kualitas lebih kepada permainan Arsenal dengan pengalaman dan fleksibilitasnya.

Merino mulai mencuri perhatian ketika tampil apik bersama Real Sociedad dengan catatan 242 penampilan dan mencetak 27 gol serta 30 assist di semua kompetisi. Ia juga bermain impresif saat membela Timnas Spanyol pada Euro 2024. Salah satunya adalah ketika ia mencetak gol kemenangan Spanyol 2-1 atas Jerman pada perempat final.

Kehadiran Merino bakal memberikan kekuatan lebih di lini tengah Arsenal. Seperti yang Arteta katakan, kualitasnya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas permainan The Gunners. Berikut tiga kelebihan Merino yang akan membuat Arsenal makin dahsyat pada 2024/2025.

1. Pemain kidal dengan kemampuan teknis serta visi permainan apik

3 Kelebihan Mikel Merino yang Bikin Permainan Arsenal Makin Dahsyat!Mikel Merino (realsociedad.eus)

Dilansir The Coaches Voice, Mikel Merino merupakan gelandang berkaki kidal yang sering memainkan peran nomor 8 dalam skema 3 atau 4 gelandang. Ia juga punya pengalaman bermain sebagai double pivot. Sebagai pemain tengah, Merino punya kemampuan memberikan umpan terobosan untuk membelah pertahanan lawan atau membuka ruang untuk rekan-rekannya.

Selain itu, Merino juga punya kecerdasan dalam membaca permainan. Ia tahu waktu yang tepat ketika harus bergerak maju ke depan atau memberikan bola kepada rekan-rekannya. Menurut Fotmob, Merino tercatat mampu memberikan 1.069 operan berhasil, 56 umpan lambung, menciptakan 20 peluang, dan menorehkan 3 assist. Dengan atribut yang dimiliki Merino, ia diprediksi akan membentuk kemitraan apik dengan Declan Rice di lini tengah. Kehadirannya juga akan membantu Martin Odegaard dalam mengatur serangan saat menyerang.

2. Agresif dalam memberikan tekanan kepada lawan saat bertahan

3 Kelebihan Mikel Merino yang Bikin Permainan Arsenal Makin Dahsyat!Mikel Merino (kiri) berduel dengan Mesut Oezil (kanan) saat Newcastle United versus Arsenal pada 2017/2018. (arsenal.com)

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, mengagumi Merino yang punya karakter gelandang versetile atau serbabisa. Selain piawai dalam mengatur skema serangan, ia juga agresif dalam memberikan tekanan kepada lawan. Dilansir The Coaches Voice, Merino sering kali berduel fisik dengan pemain lawan.

Ia dapat membatasi ruang gerak lawan dengan menutup ruang di lini tengah atau melakukan pelanggaran. Hal tersebut dapat menunda tim lawan ketika melakukan serangan balik cepat. Merino disebut-sebut seperti Casemiro ketika membela Real Madrid, saat kehilangan bola, dirinya dengan cepat menutup ruang pemain lawan dan berduel dengan pemain lawan.

3. Dapat bermain sebagai gelandang bertahan

3 Kelebihan Mikel Merino yang Bikin Permainan Arsenal Makin Dahsyat!Mikel Merino (instagram.com/mikelmerino)

Merino beberapa kali ditempatkan sebagai gelandang bertahan di Real Sociedad. Ia menjaga lini tengah dari serangan balik. Hal ini memudahkan rekan-rekannya seperti Martin Zubimendi atau Asier Illaramendi dalam mengatur serangan dan mendistribusikan bola.

Selain itu, Merino juga bisa bermain sebagai double pivot dalam formasi 4-2-3-1. Ia menunjukkannya ketika berduet dengan Rodri di lini tengah pada Euro 2024. Merino bersama Rodri berhasil memberikan kestabilan bagi permainan Timnas Spanyol. Ia juga bisa masuk ke kotak penalti dan memberikan ancaman kepada pertahanan lawan seperti Steven Gerrard saat periode terbaiknya.

Dengan kelebihan yang Merino miliki, Arsenal punya banyak opsi di lini tengah. Ia bisa meringankan beban Declan Rice sebagai gelandang bertahan dan memudahkan Martin Odegaard dalam mengatur serangan. Merino sendiri tentu ingin membuktikan dirinya layak bermain di English Premeir League (EPL). Ia sebelumnya pernah merasakan atmosfer Liga Inggris ketika menjalani masa peminjaman bersama Newcastle United pada 2017/2018. Merino bertekad untuk meraih gelar juara bersama Arsenal.

Baca Juga: 4 Klub yang Pernah Dibela Mikel Merino sebelum Arsenal

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya