3 Jebolan Akademi Arsenal yang Pernah Mencetak Hattrick

Menjadi andalan lini depan Arsenal

Arsenal berhasil menang besar 5-0 atas Sheffield United dalam pertandingan English Premier League (EPL) pekan ke-11 pada 28 Oktober 2023. Eddie Nketiah menjadi bintang dalam kemenangan tersebut lewat torehan hattrick. Sementara itu, dua gol lainnya dicetak oleh Fabio Vieira lewat tendangan penalti dan Takehiro Tomiyasu pada injury time babak kedua. Hasil ini membuat Arsenal untuk sementara naik ke peringkat ke-2 klasemen EPL dengan raihan 24 poin. 

Arsenal hanya memiliki sedikit striker dari akademinya yang mampu mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan. Tercatat, ada tiga pemain jebolan akademi Arsenal yang mampu menorehkan hattrick selama berseragam Arsenal. Mereka diakui sebagai alumnus akademi Arsenal terbaik.

1. John Radford pemain akademi Arsenal pertama yang mencetak hattrick

3 Jebolan Akademi Arsenal yang Pernah Mencetak HattrickJohn Radford (arsenal.com)

John Radford berhasil mengukir sejarah bagi Arsenal dan sepak bola Inggris. Ia sukses menjadi jebolan akademi Arsenal yang mencetak hattrick atau tiga gol di liga Inggris pada 2 Januari 1965. Lebih hebatnya lagi, Radford saat itu baru berusia 17 tahun 315 hari sehingga menjadi jebolan akademi Arsenal termuda yang pernah menorehkan hattrick.

Rekor Radford itu belum ada yang bisa memecahkan sampai Oktober 2023. Ia akhirnya dikenang sebagai salah satu legenda Arsenal. Radford mampu tampil dalam 481 laga dan mencetak 149 gol di semua kompetisi bagi Arsenal pada periode 1964--1976. Ia merupakan pencetak gol terbanyak Arsenal keempat di belakang Cliff Bastin, Ian Wright, dan Thierry Henry.

Baca Juga: 4 Gol Debut Gabriel Martinelli Bersama Arsenal di Berbagai Ajang

2. Kevin Campbell dua kali cetak hattrick pada musim yang sama

3 Jebolan Akademi Arsenal yang Pernah Mencetak HattrickKevin Campbell (arsenal.com)

Kevin Campbell mengawali karier sepak bolanya bersama akademi Arsenal. Ia mulai dipromosikan dari tim Arsenal U-18 ke skuad utama pada Juli 1987. Campbell sempat menjalani dua kali masa peminjaman bersama Leyton Orient dan Leicester City pada 1989.

Campbell kemudian menjadi andalan lini depan Arsenal sejak 1989/1990. Ia berhasil mencetak hattrick pertamanya untuk Arsenal saat melawan Ipswich Town di Liga Inggris pada 1993/1994. Pemain asal Inggris itu kembali merobek gawang lawan tiga kali bertemu Swindown Town pada musim yang sama. Campbell memutuskan hengkang ke Nottingham Forest pada 1995. Ia total menorehkan 53 gol dan 14 assist dalam 202 laga bersama Arsenal.

3. Eddie Nketiah menjawab kepercayaan Arteta lewat torehan hattrick

3 Jebolan Akademi Arsenal yang Pernah Mencetak HattrickEddie Nketiah (premierleague.com)

Eddie Nketiah bergabung dengan Arsenal dari akademi Chelsea pada Juli 2015. Ia memulai perjalanannya di Arsenal dari tim U-18 sampai U-23. Nketiah mendapatkan kesempatan bermain di skuad utama pada Januari 2019. Ia pernah menjalani masa peminjaman bersama Leeds United pada 2019/2020.

Nketiah lalu menjadi pilihan alternatif di lini depan Arsenal sejak saat itu. Ia beberapa kali tampil memukau di lini depan ketika Gabriel Jesus mengalami cedera. Nketiah sukses mencetak hattrick pertama dalam kariernya saat Arsenal menang 5-0 atas Sheffield United. Ia mampu menjawab kepercayaan manajer Arsenal, Mikel Arteta, untuk mengisi posisi striker.

Ketiga pemain di atas menjadi bukti bahwa Arsenal selalu menghasilkan striker tajam di tiap generasinya. Nketiah kini menjadi harapan baru bagi fans Arsenal agar bisa menyamai level John Radford. Akankah Nketiah mampu menjadi legenda dan mencetak lebih dari seratus gol untuk Arsenal? Menarik untuk melihat perkembangan pemain asal Inggris ini.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Terakhir yang Cetak Hattrick di EPL, Ada Nketiah!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya