3 Torehan Gol Bunuh Diri Ruben Dias dalam Laga EPL

Salah satunya berujung kekalahan

Ruben Dias menjadi salah satu bek tangguh Portugal setelah bergabung dengan Manchester City pada September 2020. Karakternya yang lugas dalam bertahan serta nyaman saat menguasai bola menjadi ciri khasnya. Namun, bukan berarti bek top seperti Dias tidak pernah melakukan kesalahan yang berujung gol.

Ia tercatat tiga kali mencetak gol bunuh diri di English Premier League (EPL). Salah satunya bahkan berujung kekalahan bagi Manchester City. Berikut tiga laga EPL yang menjadi momen Dias mencetak gol bunuh diri.

1. Ruben Dias pertama kali mencetak gol bunuh diri kala pada pekan ke-13 2020/2021

3 Torehan Gol Bunuh Diri Ruben Dias dalam Laga EPLRuben Dias (kiri) salah mengantisipasi sepakan Sami Ajayi (tengah). (premierleague.com)

Ruben Dias menorehkan gol bunuh diri pertamanya ketika Manchester City menjamu West Bromwich Albion di Etihad Stadium pada pekan ke-13 EPL 2020/2021. Dias kala itu bermain sebagai bek tengah bersama Nathan Ake. Manchester City menguasai pertandingan dengan mencatat 77 persen penguasaan bola.

Ilkay Gundogan membuka keunggulan Manchester City lewat golnya pada menit ke-30. Namun, West Bromwich Albion berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-43. Sepakan pemain West Brom, Sami Ajayi, dari luar kotak penalti menyentuh kaki Dias dan bola masuk ke gawang Manchester City yang dijaga Ederson Moraes. Sayangnya, The Citizens tidak mampu menorehkan gol tambahan sehingga pertandingan berakhir imbang 1-1.

Baca Juga: 5 Pemain Ipswich Town 2024/2025 yang Pernah Tampil di Klub Besar EPL

2. Gol bunuh diri Ruben Dias bikin Manchester City kalah 1-2 dari Wolves pada EPL 2023/2024

3 Torehan Gol Bunuh Diri Ruben Dias dalam Laga EPLRuben Dias (kanan) mencetak gol bunuh diri kontra Wolves pada pekan ke-13 EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Manchester City bertandang ke stadion Molineux untuk menghadapi Wolverhampton Wanderers (Wolves) pada pekan ketujuh EPL 2023/2024. Manajer The Citizens, Pep Guardiola, menurunkan Ruben Dias bersama Nathan Ake sebagai bek tengah. Tidak disangka, Wolves mampu membuat lini pertahanan Manchester City kerepotan dengan serangan balik cepat.

Lewat strategi tersebut, Wolves berhasil mencetak gol terlebih dahulu lewat bunuh diri Dias pada menit ke-13. Pemain asal Portugal itu salah mengantisipasi umpan silang penyerang Wolves, Pedro Neto, setelah bola sapuannya malah masuk ke gawang sendiri. Manchester City sempat menyamakan kedudukan melalui Julian Alverz pada menit ke-58. Akan tetapi, Hwang Hee Chan memberikan mimpi buruk bagi pertahanan The Citizens setelah mencetak gol balasan pada menit ke-66. Wolves berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor 2-1.

3. Dias mencetak gol bunuh diri untuk ketiga kalinya di EPL pada pekan ketiga 2024/2025

3 Torehan Gol Bunuh Diri Ruben Dias dalam Laga EPLRuben Dias (instagram.com/rubendias)

Manchester City menghadapi West Ham United di London Stadium pada pekan ketiga EPL 2024/2025. Pep Guardiola kali ini memainkan skema tiga bek yang terdiri dari Ruben Dias, Josko Gvardiol, dan Manuel Akanji. The Citizens unggul terlebih dahulu lewat gol Erling Haaland pada menit kesepuluh.

West Ham berhasil menyamakan kedudukan ketika Ruben Dias mencetak gol bunuh diri untuk ketiga kalinya di EPL. Torehan gol bunuh diri tersebut hampir sama dengan yang terjadi ketika Manchester City kalah 1-2 dari Wolves pada pekan ke-13 2023/2024. Sapuan bola Dias ketika mengantisipasi umpan silang Jarred Bowen malah masuk ke gawangnya sendiri. Meski begitu, Manchester City tetap memenangkan laga ini dengan skor 3-1 usai Haalan mencetak hattrick.

Ruben Dias membuktikan dirinya tetap bisa melakukan kesalahan seperti gol bunuh diri meski dianggap sebagai bek papan atas. Ketiga gol bunuh diri tersebut berasal dari kesalahannya dalam menyapu bola baik dari sepakan maupun umpan silang lawan. Bukan tidak mungkin Dias menambah catatan gol bunuh dirinya di EPL. Sebab, kontraknya di Manchester City masih berlaku sampai Juni 2027.

Baca Juga: 7 Eks EPL yang Hijrah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya