George Earthy, Wonderkid Inggris Binaan Akademi West Ham United

Punya prospek masa depan cerah

Akademi West Ham United pernah melahirkan para pemain hebat asal Inggris, seperti Frank Lampard, Rio Ferdinand, dan Joe Cole. The Hammers kembali memperkenalkan salah satu talenta muda terbaiknya, George Earthy. Ia sukses menciptakan sensasi ketika mencetak satu gol ke gawang Luton Town pada pekan 37 English Premier League (EPL) 2023/2024.

Earthy menjadi pemain termuda West Ham yang mencetak gol di EPL setelah Junior Stanislas pada April 2009. Tidak hanya soal gol, beberapa atributnya sebagai gelandang serba bisa patut mendapat sorotan. Sebab, Earthy dapat bermain di banyak posisi dengan skill bola yang cukup apik.

Berikut profil lengkap mengenai wonderkid West Ham United, George Earthy.

1. Bergabung dengan West Ham United sejak berusia 6 tahun

George Earthy, Wonderkid Inggris Binaan Akademi West Ham UnitedGeorge Earthy melakukan selebrasi gol perdananya untuk West Ham United. (whufc.com)

George Earthy merupakan pesepak bola asli kelahiran London pada 5 September 2004. Ia masuk ke akademi West Ham United sejak usianya 6 tahun pada 2010. Earthy menimba ilmu sepak bola dari tim U-6 West Ham sampai melakoni debutnya di skuad senior pada April 2024.

Dilansir laman resmi West Ham United, Earthy mengaku telah menjadi fans West Ham United sejak usianya masih 6 tahun. Ia memiliki tiket musiman West Ham sehingga selalu menonton pertandingan yang kala itu masih digelar di kandang lama, Upton Park. Earthy tergabung dalam tim U-18 West Ham United yang menjuarai FA Youth Cup dan EPL U-18 pada 2022/2023.

Baca Juga: 3 Gelandang Akademi West Ham yang Bela Tim EPL Lain pada 2023/2024

2. Gelandang serba bisa yang mampu bermain dalam delapan posisi berbeda

George Earthy, Wonderkid Inggris Binaan Akademi West Ham UnitedGeorge Earthy (kiri) dan David Moyes (kanan) (whufc.com)

George Earthy memiliki kemampuan visi permainan yang tajam, umpan akurat, ketenangan dalam menggiring bola, dan mampu menciptakan peluang dari lini tengah. Itulah sebabnya ia sering kali ditempatkan sebagai gelandang serang nomor 10 atau playmaker saat masih bermain di tim junior West Ham United. Earthy tercatat telah mencetak 20 gol dan 9 assist dalam 43 laga sebagai gelandang serang nomor 10.

Namun, Earthy dapat bermain sebagai gelandang sentral, bertahan, sampai striker dengan peran false nine. Ia mampu bermain dalam 17 laga dengan catatan 5 gol dan 9 assist sebagai gelandang sentral, 7 gol dan 6 assist dalam 13 pertandingan di posisi gelandang bertahan, dan 4 gol serta 2 assist dari 11 laga sebagai striker. Selain itu, Earthy pernah memainkan peran penyerang sayap kanan dan kiri, second striker, dan gelandang sisi kiri. Fleksibilitas yang ia miliki dapat memberikan manajer opsi untuk menempatkannya di posisi yang tengah dibutuhkan tim.

3. Mengalami cedera kepala saat melakoni debut di EPL

George Earthy, Wonderkid Inggris Binaan Akademi West Ham UnitedGeorge Earthy (whufc.com)

George Earthy mendapat kesempatan melakoni debut bersama skuad utama West Ham dalam laga Liga Europa menghadapi SC Freiburg pada Maret 2024. Sementara itu, ia baru menjalani laga pertamanya di EPL saat West Ham United kalah 0-2 atas Fulham pada pekan 33 2023/2024. Ia masuk menggantikan Michail Antonio pada babak kedua menit ke-82.

Namun, Earthy mengalami cedera kepala setelah berbenturan dengan rekan setimnya, Edson Alvarez. Ia bahkan sampai dilarikan ke rumah sakit usai pingsan di lapangan akibat insiden tersebut. Beruntung kondisinya stabil dan bisa segera keluar dari rumah sakit.

Earthy kemudian tampil lagi di EPL ketika West Ham United menghadapi Luton Town pada pekan 37 2023/2024. Ia kali ini sukses mencetak gol pertamanya pada menit ke-76. Earthy memanfaatkan umpan Mohamed Kudus dengan sepakan first time di depan gawang Luton. Ia mengungkapkan rasa bahagianya usai mencetak gol tersebut dengan selebrasi ke arah fans West Ham. Earthy mengatakan setelah laga bahwa dirinya berhasil mewujudkan mimpinya bermain untuk West Ham di EPL dan mencetak gol dalam laga kandang.

Penampilan Earthy dalam laga Luton Town tentu menjadi kabar baik bagi Timnas Inggris yang kembali melahirkan talenta muda potensial. Ia memang masih belum menunjukkan kemampuan terbaiknya di EPL karena masih bermain sebagai pemain pengganti. Namun, aksinya di laga kontra Luton dapat memberikan gambaran besar terkait prospek cerah Earthy untuk menjadi pemain hebat Inggris.

Baca Juga: 6 Pemain West Ham United Paling Diandalkan di era David Moyes

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya