4 Gelar Juara yang Pernah Wataru Endo Menangkan di Level Klub

Membuktikan kualitasnya

Wataru Endo bukan pemain yang selalu menonjol dalam kariernya. Ia merupakan gelandang bertahan yang jarang mendapat sorotan. Endo tidak seperti pemain-pemain Jepang lainnya seperti Kaoru Mitoma atau Takefusa Kubo yang sering kali menunjukkan kemampuannya di lini depan.

Endo bahkan sering kali dipandang sebelah mata karena postur tubuhnya yang tidak terlalu tinggi dan kekar untuk pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Padahal, ia memiliki kualitas top sampai pernah menjabat sebagai kapten Vfb Stuttgart dan sekarang menjadi kapten Timnas Jepang. Endo bahkan memiliki koleksi trofi lebih banyak ketimbang striker Bayern Muenchen sekaligus kapten Timnas Inggris, Harry Kane, yang berlum pernah memenangkan kompetisi apa pun dalam kariernya.

Berikut empat trofi bergengsi yang pernah Wataru Endo menangkan dalam kariernya per Februari 2024 ini.

1. Wataru Endo menjuarai J-League 2 bersama Shonan Bellmare pada 2013/2014

4 Gelar Juara yang Pernah Wataru Endo Menangkan di Level KlubWataru Endo saat membela Shonan Bellmare. (twitter.com/J_League_En)

Wataru Endo mengawali kariernya ketika mendapat promosi ke skuad utama Shonan Bellmare pada Februari 2011. Ia mendapat kesempatan debut di tim utama saat Shonan Bellmare kalah 1-6 atas Kawasaki Frontale dalam laga J-League pada 18 September 2010. Endo bermain sebagai gelandang bertahan selama 45 menit.

Prestasi terbaik Endo bersama Shonan Bellmare terjadi pada 2014. Ia sukses menjadi bagian dari skuad Shonan Bellmare yang menjuarai J-League 2 sekaligus membawa klub promosi ke J-League. Endo bermain dalam total 39 laga dan mencetak 7 gol serta 2 assist sepanjang musim tersebut.

2. Wataru Endo membawa Urawa Red Diamonds meraih gelar juara J-League Cup 2016

4 Gelar Juara yang Pernah Wataru Endo Menangkan di Level KlubWataru Endo ketika bermain untuk Urawa Red Diamonds. (twitter.com/J_League_En)

Wataru Endo melanjutkan kariernya ke salah satu klub papan atas J-League, Urawa Red Diamonds, pada Januari 2016. Ia langsung menjadi pemain utama Urawa Red Diamonds pada musim pertamanya pada tahun itu. Endo bahkan mampu berkontribusi dalam raihan gelar juara Urawa Red Diamonds di J-League Cup.

Endo secara reguler bermain dalam 39 pertandingan di semua kompetisi bersama Urawa Red Diamonds. Ia sukses membawa klub tersebut menjuarai J-League Cup 2016. Urawa Red Diamonds mengalahkan Gamba Osaka melalui adu penalti dengan skor 6-5. Endo sendiri bermain penuh selama 120 menit dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga: 6 Manajer yang Pernah Membawa Liverpool Menjuarai Piala Liga Inggris

3. Wataru Endo pimpin skuad Urawa Red Diamonds saat menjuarai Liga Champions Asia 2016/2017

4 Gelar Juara yang Pernah Wataru Endo Menangkan di Level KlubWataru Endo (depan) (the-afc.com)

Wataru Endo berkontribusi kepada prestasi Urawa Red Diamonds di level kompetisi antarklub Asia. Ia membawa klubnya menjuarai Liga Champions Asia pada 2016/2017. Endo mencatat 11 pertandingan dengan torehan 1 gol di kompetisi ini.

Ia hanya absen dalam tiga pertandingan saat Urawa Red Diamonds menghadapi FC Seoul dan Western Sydney pada fase grup Liga Champions Asia. Selebihnya, Endo selalu bermain penuh dari awal sampai akhir pertandingan. Hanya sekali Endo bermain semenit ketika menghadapi Kawasaki Frontale pada babak perempat final leg kedua.

4. Wataru Endo punya peran penting saat Liverpool meraih titel juara Piala Liga Inggris 2023/2024

4 Gelar Juara yang Pernah Wataru Endo Menangkan di Level KlubWataru Endo (liverpoolfc.com)

Wataru Endo memiliki kontribusi cukup besar bagi Liverpool dalam raihan gelar juara Piala Liga Inggris 2023/2024. Ia selalu mendapat kepercayaan dari manajer Liverpool, Juergen Klopp, sebagai starter sejak babak ketiga. Endo bahkan mencetak satu assist ketika menghadapi Leicester City pada 27 September 2023.

Endo hanya absen dua kali ketika bermain pada babak semifinal menghadapi Fulham. Namun, Klopp mempercayakan posisi gelandang bertahan kepada kapten Timnas Jepang tersebut di laga final melawan Chelsea pada 25 Februari 2024. Endo lantas menjaga stabilitas lini tengah The Reds selama 120 menit.

Klopp bahkan memberikan pujian atas permainannya dengan mengatakan kualitas sang pemain seperti mesin. Ia juga memberikan kebebasan bagi pemain lain untuk membangun serangan. Endo menjadi pemain Jepang kedua setelah Takumi Minamino yang berhasil memenangkan Piala Liga Inggris bersama Liverpool.

Keempat prestasi Endo di atas membuktikan kualitasnya sebagai gelandang top. Tidak banyak gelandang Asia yang mampu mengukir prestasi luar biasa sepertinya. Ia bahkan dibanding-bandingkan dengan seniornya yang merupakan legenda sepak bola Jepang, Hidetoshi Nakata. Endo masih berpeluang meraih gelar juara lainnya seperti gelar juara English Premier League, Piala FA, dan Liga Europa 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain Penting yang Membawa Liverpool Juara Carabao Cup 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya