5 Fakta Seputar Luke Chambers, Debutan Terbaru dari Akademi Liverpool

Akankah ia menjadi The Next Robertson?

Liverpool kembali memperkenalkan salah satu lulusan akademi terbaiknya di hadapan para penggemar di Stadion Anfield. Hal tersebut terjadi saat meraih kemenangan 3-1 atas Leicester City dalam pertandingan babak ke-3 Carabao Cup pada 27 September 2023 waktu setempat.

Jurgen Klopp memasukan Luke Chambers, pemain berusia 19 tahun untuk menggantikan Kostas Tsimikas. Chambers menjadi jebolan akademi Liverpool terbaru yang menjalani debut di skuad utama Liverpool pada 2023/2024.

Lantas, siapakah sosok Luke Chambers ini? Berikut 5 fakta menarik seputar Luke Chambers. Ia digadang-gadang akan menjadi penerus Andy Robertson di posisi bek kiri.

1. Bergabung dengan Liverpool sejak usia 6 tahun

5 Fakta Seputar Luke Chambers, Debutan Terbaru dari Akademi LiverpoolLuke Chambers (liverpoolfc.com)

Luke Chambers lahir di Preston pada 24 Juni 2004. Ia kemudian bergabung dengan akademi Liverpool saat usianya 6 tahun pada 2010. Ia mulai menapaki kariernya sebagai pemain sepak bola secara bertahap dari tim muda hingga ke level usia.

Chambers kemudian naik ke Liverpool U-18 pada Juli 2020. Ia lalu naik ke level U-21 dua tahun kemudian tepatnya pada Juli 2022. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu kemudian menjalani masa peminjaman di Kilmarnock FC pada Januari 2023.

2. Tampil cukup impresif selama 6 bulan peminjaman di Kilmarnock FC

5 Fakta Seputar Luke Chambers, Debutan Terbaru dari Akademi LiverpoolLuke Chambers (kilmarnockfc.co.uk)

Luke Chambers menunjukkan penampilan yang cukup impresif selama enam bulan peminjaman Kilmarnock FC. Ia tampil dalam 16 pertandingan di skuad utama Kilmarnock FC. Dari 16 laga tersebut 15 di antaranya ia lakukan sebagai pemain inti dan hanya sekali masuk sebagai pemain pengganti.

Chambers juga berhasil mencatatkan satu assist ketika ia bermain di posisi bek kiri. Hal itu terjadi saat Kilmarnock FC menang tipis atas Dundee United 1-0 pada Februari 2023. Raihan tersebut cukup membuat Chambers menjadi salah satu pemain yang memiliki potensi untuk tampil di utama skuad Liverpool.

Baca Juga: 6 Jebolan Akademi Liverpool yang Tampil untuk Tim Utama pada 2023

3. Juara Euro U-19 2022 bersama Timnas Inggris U-19

5 Fakta Seputar Luke Chambers, Debutan Terbaru dari Akademi LiverpoolLuke Chambers (kanan) (liverpoolfc.com)

Luke Chambers bersama Timnas Inggris U-19 sukses meraih gelar juara Euro U-19 2022. Chambers sebelumnya sudah bermain secara reguler untuk level Timnas Inggris U-19 selama babak kualifikasi Euro U-19. Ia tampil dalam 9 pertandingan dan mencetak 1 gol serta 3 assist.

Sementara itu, Chambers tampil dalam 4 pertandingan selama putaran final Euro U-19. Ia bersama rekan-rekannya mampu mengalahkan setiap lawannya di babak fase grup, semifinal, dan final. Inggris menang dengan skor 1-3 atas Timnas Israel U-19 setelah melewati babak extra time.

4. Bayer Leverkusen pernah tertarik untuk mendatangkan Chambers

5 Fakta Seputar Luke Chambers, Debutan Terbaru dari Akademi LiverpoolLuke Chambers (liverpoolfc.com)

Penampilan impresif Chambers selama membela Kilmarnock FC dan Timnas Inggris U-19 menarik minat sejumlah klub Eropa. Salah satu yang sempat ingin merekrutnya adalah klub Bundesliga, Bayer Leverkusen. Bahkan, Leverkusen menaruh Chambers sebagai salah satu target utama pada musim panas 2023.

Namun, Chambers memilih untuk berkomitmen dengan Liverpool. Terbukti, Chambers menandatangani kontrak jangka panjang bersama The Reds. Kini, Chambers tergabung dalam skuad Liverpool U-21, tetapi sesekali masuk dalam skuad utama Jurgen Klopp.

5. Menjalani debut bersama tim senior di Anfield

5 Fakta Seputar Luke Chambers, Debutan Terbaru dari Akademi LiverpoolLuke Chambers (liverpoolfc.com)

Chambers akhirnya berhasil memenuhi impiannya sejak kecil, yaitu tampil untuk skuad utama Liverpool di stadion Anfield. Ia masuk menggantikan Kostas Tsimikas pada masa injury time babak kedua. Sayangnya, Chambers hanya tampil sebentar karena wasit sudah meniup peluit tanda pertandingan berakhir beberapa menit setelah ia masuk.

Meski begitu, Chambers setidaknya sudah memenuhi satu mimpinya tampil untuk skuad utama The Reds dalam ajang resmi di stadion Anfield. Chambers kembali terlebih dahulu ke skuad Liverpool U-21 sebelum nantinya dipanggil kembali ke tim utama.

Kemampuan Chambers mendapat pengakuan dari manajer Kilmarnock FC, Derek Mclnnes, yang mengungkapkan bawa ia memiliki kemampuan penguasaan bola, ketenangan dalam bertahan, dan pengambilan keputusannya saat memegang bola. Mclnnes percaya bahwa Chambers bisa mencapai level tertinggi dalam kariernya.

Itulah 5 fakta unik seputar Luke Chambers, jebolan akademi Liverpool terbaru yang debut di tim senior. Posisinya sebagai bek kiri diprediksi mampu menjadi penerus Andy Robertson di masa depan. Namun, untuk mencapai level tertinggi tentu Chambers perlu kesabaran dan fokus pada sepak bola dan terus meningkatkan kualitas permainannya. 

Baca Juga: Liverpool Akhirnya Dapatkan Titisan Gerrard yang Asli

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya