5 Debutan Termuda yang Mencetak Gol di LaLiga, Ada Endrick!

Rekor lama masih bertahan

Intinya Sih...

  • Fabrice Olinga debut di LaLiga Spanyol bersama Malaga pada usia 16 tahun 98 hari, mencetak gol sebagai pemain pengganti
  • Marc Guiu, produk akademi Barcelona, mencetak gol dalam debutnya di LaLiga Spanyol pada usia 17 tahun 291 hari
  • Iker Losada dari Celta Vigo mencetak gol dalam debutnya di LaLiga Spanyol pada usia 18 tahun 16 hari

LaLiga Spanyol selalu menghadirkan pesepak bola muda yang mampu unjuk gigi ketika diberikan kepercayaan oleh manajer klubnya. Mereka mampu memberikan kontribusi bagi performa timnya, salah satunya dengan mencetak gol.

Hebatnya lagi, sebagian dari para pemain muda tersebut baru pertama kali merasakan atmosfer LaLiga setelah dipromosikan dari akademi. Inilah lima debutan termuda yang menorehkan gol di LaLiga itu. Ada Endrick yang baru ditebus Real Madrid dari Brasil.

1. Fabrice Olinga mencetak gol kemenangan Malaga saat berusia 16 tahun 98 hari

5 Debutan Termuda yang Mencetak Gol di LaLiga, Ada Endrick!Fabrice Olinga (malagacf.com)

Fabrice Olinga pertama kali mendarat di Spanyol ketika direkrut RCD Mallorca dari Eto'o Academy pada musim panas 2009. Kariernya mulai berkembang ketika direkrut Malaga pada Juli 2011. Olinga akhirnya melakoni debut di LaLiga ketika Malaga masih dilatih Manuel Pellegrini. Ia masuk daftar pemain cadangan ketika Malaga menghadapi Celta Vigo pada pekan pertama LaLiga 2012/2013.

Olinga kemudian masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-58. Ia berhasil memecah kebuntuan Malaga lewat golnya pada menit ke-84. Olinga saat itu baru berusia 16 tahun 98 hari. Rekornya sebagai debutan termuda yang mencetak gol di LaLiga masih bertahan. Aksi Olinga menjadi satu-satunya gol yang terjadi pada laga ini.

2. Marc Guiu menjadi pahlawan kemenangan Barcelona saat berusia 17 tahun 291 hari

5 Debutan Termuda yang Mencetak Gol di LaLiga, Ada Endrick!Marc Guiu mencetak gol kemenangan Barcelona. (fcbarcelona.com)

Marc Guiu merupakan produk asli akademi Barcelona, La Masia. Ia mulai mencuri perhatian ketika melakoni debutnya di LaLiga 2023/2024. Guiu yang masuk sebagai pemain pengganti langsung mencetak gol saat Barcelona melawan Athletic Bilbao.

Gol tersebut bahkan tidak sampai 1 menit setelah dirinya masuk ke lapangan. Guiu saat itu masih berusia 17 tahun 291 hari. Namun, Guiu memutuskan tidak melanjutkan kariernya bersama Barcelona. Ia hengkang ke Chelsea pada musim panas 2024.

Baca Juga: 3 Pemain Termuda Athletic Bilbao yang Mencetak 25 Gol di LaLiga

3. Iker Losada mencetak gol perdananya di Santiago Bernabeu saat berusia 18 tahun 16 hari

5 Debutan Termuda yang Mencetak Gol di LaLiga, Ada Endrick!Iker Losada (kiri) (rccelta.es)

Iker Losada mengawali kariernya dari akademi Celta Vigo. Namun, ia tidak mendapat kesempatan tampil di tim utama Celta Vigo. Meski begitu, Losada tetap bisa menciptakan momen bersejarah di LaLiga selama berseragam Celta Vigo.

Ia berhasil mencetak gol dalam laga debutnya yang hanya berlangsung 2 menit. Hal tersebut terjadi ketika Celta Vigo menghadapi Real Madrid di Santiago Bernabeu pada pekan pertama LaLiga 2019/2020. Meski gol tersebut tidak bisa menghindarkan Celta Vigo dari kekalahan 1-3 dari Real Madrid, Losada mencatat dirinya sebagai salah satu debutan termuda yang membobol gawang lawan di LaLiga. Ia saat itu baru berusia 18 tahun 16 hari.

4. Assane Diao membobol gawang Granada di LaLiga saat berusia 18 tahun 21 hari

5 Debutan Termuda yang Mencetak Gol di LaLiga, Ada Endrick!Assane Diao (x.com/assandiao8)

Assane Diao masuk akademi Real Betis pada musim panas 2021. Kemampuannya sebagai penyerang sayap kanan mampu memberikan kesan positif kepada manajer Real Betis, Manuel Pellegrini. Diao mendapat kesempatan debut di LaLiga ketika Real Betis melawan Granada pada September 2023.

Ia bahkan mengawali laga tersebut sebagai starter. Diao menjawab kepercayaan Pellegrini dengan mencetak gol pembuka keunggulan Real Betis pada menit ke-51. Ia saat itu berusia 18 tahun 21 hari. Sayangnya, Real Betis imbang 1-1 dalam laga ini setelah pemain Granada, Lucas Boye, menorehkan gol balasan pada menit ke-67.

5. Endrick mencetak gol pertamanya di LaLiga saat berusia 18 tahun 35 hari

5 Debutan Termuda yang Mencetak Gol di LaLiga, Ada Endrick!Endrick (realmadrid.com)

Endrick bergabung dengan Real Madrid dari Palmeiras pada musim panas 2024. Ia belum diturunkan manajer Real Madrid, Carlo Ancelotti, saat Real Madrid menghadapi Atalata di Piala Super Erop 2024 dan RCD Mallorca pada pekan pertama LaLiga 2024/2025. Endrick baru melakoni debutnya di Real Madrid saat menghadap Real Valladolid pada pekan kedua 2024/2025.

Ia langsung mencetak gol begitu masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-86. Gol tersebut sekaligus mengunci kemenangan Real Madrid 3-0 atas RCD Mallorca. Endrick sendiri saat ini masih berusia 18 tahun 35 hari.

Kelima pemain di atas menunjukkan potensinya sebagai salah satu pemain muda berbakat LaLiga Spanyol. Namun, tidak semua dari mereka menuai kesuksesan dalam kariernya, seperti Olinga yang belum mendapat klub setelah kontraknya di FC Botosani habis. Hal tersebut bisa menjadi pelajaran bagi Endrick yang baru saja mencetak gol dalam laga debutnya di LaLiga. Tantangannya di Real Madrid cukup berat karena ada Kylian Mbappe yang menempati posisi striker nomor 9.

Baca Juga: 6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum Endrick

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya