5 Debutan Termuda Manchester City di Piala Liga Inggris

Salah satunya eks La Masia

Akademi Manchester City sering melahirkan pesepak bola muda penuh potensi. Manajer Manchester City juga kerap memperkenalkan para talenta muda binaan akademi itu di semua kompetisi, termasuk di Piala Liga Inggris. Beberapa dari mereka bahkan mampu mencatat rekor sebagai debutan termuda di Piala Liga Inggris.

Rata-rata usia para pemain itu belum menginjak 18 tahun kala melakoni debut di tim utama Manchester City di Piala Liga Inggris. Beberapa dari mereka ada yang berhasil tampil konsisten sebagai andalan Manchester City, sementara lainnya bersinar bersama klub lain. Berikut lima debutan termuda Manchester City di Piala Liga Inggris.

1. Phil Foden bermain sejak menit pertama di Piala Liga Inggris saat berusia 17 tahun 6 bulan

5 Debutan Termuda Manchester City di Piala Liga InggrisPhil Foden (mancity.com)

Phil Foden tampil di Piala Liga Inggris untuk pertama kalinya saat Manchester City menghadapi Leicester City pada perempat final 2017/2018. Ia memulai laga dari menit pertama dalam laga ini. Foden kala itu masih berusia 17 tahun 6 bulan.

Sayangnya, Foden tidak menciptakan gol atau assist selama 90 menit. Ia akhirnya digantikan Tom Dele-Bashiru pada menit 90+1. Manchester City akhirnya menang lewat adu penalti dengan skor 4-3 atas Leicester City setelah imbang 1-1 selama 120 menit.

2. Adrian Bernabe debut di Piala Liga Inggris saat berusia 17 tahun 3 bulan

5 Debutan Termuda Manchester City di Piala Liga InggrisAdrian Bernabe (mancity.com)

Adrian Bernabe awalnya menimba ilmu sepak bola di akademi Barcelona, La Masia, sejak usia dini. Ia kemudian memutuskan merantau ke Inggris demi bergabung dengan akademi Manchester City pada Juli 2018. Bernabe melakoni debutnya kala Manchester City menghadapi Oxford United pada babak ketiga Piala Liga Inggris 2018/2019.

Namun, ia harus memulai pertandingan ini dari bangku cadangan. Bernabe diberikan kesempatan tampil oleh Pep Guardiola selama 5 menit ketika menggantikan Riyad Mahrez pada menit ke-85. Usianya saat itu masih 17 tahun 3 bulan. Bernabe secara keseluruhan hanya tampil lima kali dan semuanya terjadi di Piala Liga Inggris. Ia hengkang dari Manchester City menuju Parma pada musim panas 2021.

Baca Juga: 3 Rekor Erling Haaland usai Manchester City Seri Lawan Arsenal di EPL

3. Brahim Diaz tampil di Piala Liga untuk pertama kalinya saat berusia 17 tahun 1 bulan

5 Debutan Termuda Manchester City di Piala Liga InggrisBrahim Diaz (mancity.com)

Brahim Diaz pindah ke Manchester City dari akademi malaga pada Januari 2014. Ia kemudian berhasil menembus tim utama saat The Citizens dilatih Pep Guardiola. Diaz masuk dalam daftar pemain cadangan saat Manchester City menghadapi Swansea City dalam pertandingan babak ketiga Piala Liga Inggris pada 21 September 2016.

Diaz mendapat kesempatan debut ketika masuk menggantikan Kelechi Iheanacho pada menit ke-80. Ia kala itu masih berusia 17 tahun 1 bulan. Diaz bermain dalam total 15 pertandingan dan mencetak 2 gol di semua kompetisi bersama Manchester City pada 2016--2019. Ia memutuskan meninggalkan Manchester City dan bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2019.

4. Karim Rekik menjalani debutnya di Piala Liga Inggris ketika berusia 16 tahun 9 bulan

5 Debutan Termuda Manchester City di Piala Liga InggrisKarim Rekik (x.com/ManCity)

Karim Rekik direkrut Manchester City dari akademi Feyenoord pada Juli 2011. Ia terlebih dahulu masuk ke tim Manchester City U-18. Rekik kemudian menembus tim senior Manchester City dalam pertandingan babak ketiga Piala Liga Inggris. The Citizens saat itu menghadapi Birmingham City pada 21 September 2011.

Rekik masuk dalam daftar pemain cadangan Manchester City di pertandingan ini. Ia melakoni debut ketika masuk menggantikan Wayne Bridge pada menit ke-78. Usia Rekik kala itu masih 16 tahun 1 bulan. Ia menciptakan rekor sebagai pemain termuda yang tampil di Piala Liga Inggris untuk Manchester City. Catatan apik ini bertahan selama 13 tahun.

5. Kaden Braithwaite memecahkan rekor saat tampil di Piala Liga kala berusia 16 tahun 7 bulan

5 Debutan Termuda Manchester City di Piala Liga InggrisKaden Braithwaite (instagram.com/kadenbraithwaite)

Kaden Braithwaite merupakan pemain binaan akademi Manchester City. Ia sudah menimba ilmu di akademi Manchester City sejak masuk ke tim U-9. Braithwaite kemudian masuk ke tim Manchester City U-18 pada 2023/2024. 

Ia berhasil menembus tim utama Manchester City ketika menghadapi Watford pada babak ketiga Piala Liga Inggris 2024/2025. Hebatnya, Braithwaite tampil sejak menit pertama. Padahal, usianya baru 16 tahun 7 bulan. Ia memecahkan rekor Rekik sebagai debutan termuda Manchester City di Piala Liga Inggris. Braithwaite kemudian ditarik keluar dengan digantikan Josko Gvardiol pada menit ke-76.

Meski Manchester City punya sistem pembinaan yang cukup baik di akademi, tidak semua jebolannya mampu menuai kesuksesan dalam kariernya. Rekik menjadi salah satu contohnya yang kini bermain di klub UAE Pro League, Al-Jazira. Padahal, usianya masih 29 tahun. Menarik untuk melihat nasib Braithwaite setelah memecahkan rekor sebagai pemain termuda Manchester City yang tampil di Piala Liga Inggris.

Baca Juga: Menyingkap Kaitan Erat Band Oasis dan Manchester City

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya