4 Bintang Inggris dari 2 Klub Besar Manchester yang Absen di Euro 2024

Performa dan kebugaran menjadi pertimbangan

Gareth Southgate mengumumkan 26 pemain Timnas Inggris yang akan bertanding di Euro 2024. Secara mengejutkan, nama-nama tenar seperti James Maddison, Jordan Henderson, dan Reece James tidak masuk daftar pemain yang akan berangkat ke Jerman.

Selain mereka, beberapa pemain bintang dari Manchester United dan Manchester City juga akan absen. Berikut 4 bintang Inggris dari 2 klub besar Manchester yang absen di Euro 2024.

1. Marcus Rashford tampil mengecewakan bersama Manchester United pada 2023/2024

4 Bintang Inggris dari 2 Klub Besar Manchester yang Absen di Euro 2024Marcus Rashford (manutd.com)

Marcus Rashford menjadi salah satu bintang Inggris yang bahkan tidak masuk 33 nama sementara untuk skuad Euro 2024. Padahal, ia tampil dalam 43 pertandingan di semua kompetisi bersama Manchester United pada 2023/2024. Namun, catatan gol dan assist-nya jauh menurun jika dibandingkan pada 2022/2023.

Rashford berhasil menorehkan 30 gol dan 10 assist dalam 56 laga di semua kompetisi pada musim lalu. Akan tetapi, ia hanya mencetak 8 gol dan 5 assist dari 43 penampilannya pada 2023/2024. Selain itu, etos kerja Rashford kerap dikritik karena sering terlambat datang latihan dan bermain egois dengan tidak mengumpan bola kepada rekan-rekannya saat memiliki peluang emas. Maka dari itu, Gareth Southgate memutuskan tidak memanggil jebolan akademi Manhester United itu.

2. Performa Harry Maguire inkonsisten dan bermasalah dengan kebugaran

4 Bintang Inggris dari 2 Klub Besar Manchester yang Absen di Euro 2024Harry Maguire (uefa.com)

Harry Maguire selalu menjadi andalan Gareth Southgate di lini belakang Timnas Inggris sejak Piala Dunia 2018. Kemitraanya dengan John Stones sebagai bek tengah membuat lini pertahanan The Three Lions begitu kokoh. Meski Maguire sering kali bermain buruk di Manchester United, tetapi Southgate selalu memanggilnya.

Eks pemain Hull City itu akhirnya tidak mendapat panggilan dari Southgate untuk berangkat ke Jerman. Ia juga tidak masuk daftar sementara Timnas Inggris untuk Euro 2024. Kebugaran serta performa inkonsisten menjadi alasan utama Southgate tidak memanggilnya.

Baca Juga: Curhat Harry Maguire Usai Gagal Bela Inggris di Euro 2024

3. Kebangkitan Jadon Sancho di Borussia Dortmund belum cukup untuk Timnas Inggris

4 Bintang Inggris dari 2 Klub Besar Manchester yang Absen di Euro 2024Jadon Sancho (uefa.com)

Jadon Sancho menjalani musim yang begitu sulit pada 2023/2024. Ia memiliki masalah dengan sikapnya yang tidak profesional saat mendapat kritik dari manajernya, Erik ten Hag, perihal performanya di atas lapangan. Sancho juga menampilkan permainan buruk tiap kali dimainkan. Alhasil, Ten Hag tidak lagi memberikan Sancho kesempatan tampil dan meminjamkannya kepada Borussia Dortmund pada Januari 2024.

Ia sebenarnya berhasil membangkitkan permainan terbaiknya selama menjalani masa peminjaman di Dortmund. Sancho menorehkan 3 gol dan 3 assist dalam 21 penampilan di semua kompetisi pada paruh kedua 2023/2024. Ia juga turut membawa Dortmund melaju sampai ke final Liga Champions Eropa. Namun, hal tersebut tidak cukup menarik perhatian Southgate. Sancho tetap tidak mendapat panggilan dari Timnas Inggris. Masa depannya di Manchester United juga belum jelas.

4. Jack Grealish tidak terpilih meski tampil apik di laga uji coba melawan Bosnia

4 Bintang Inggris dari 2 Klub Besar Manchester yang Absen di Euro 2024Jack Grealish (mancity.com)

Jack Grealish beberapa kali mengalami cedera sehingga kehilangan tempat di tim utama Manchester City pada 2023/2024. Masalah kebugaran memengaruhi performanya sehingga manajer Manchester City, Pep Guardiola, lebih sering memainkan Jeremy Doku sebagai penyerang sayap kiri. Meski begitu, Southgate tetap memanggilnya dalam skuad sementara Timnas Inggris untuk Euro 2024.

Grealish tampil dalam laga uji coba melawan Bosnia & Herzegovina pada 3 Juni 2024. Ia berhasil memberikan satu assist kepada gol Trent Alexander-Arnold melalui umpan silang. Akan tetapi, Southgate malah mengeluarkannya dalam daftar 26 pemain yang tampil di Euro 2024. Menurut sang manajer, ada beberapa pemain lain yang tampil lebih baik daripada Grealish dan menunjukkan etos kerja luar biasa selama latihan. 

Keempat pemain dari dua klub besar Manchester tidak masuk ke Timnas Inggris di Euro 2024. Sebab, penampilan mereka tidak begitu konsisten. Grealish dan Maguire memiliki masalah kebugaran sementara itu Sancho dan Rashford memiliki masalah dalam etos kerja dan sikap. Southgate juga ingin menciptakan generasi baru dengan para pemain muda seperti Kobbie Mainoo, Adam Wharton, dan Jude Bellingham.

Baca Juga: Southgate Berat Hati Coret James Maddison dan Jack Grealish

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya