7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 Klub

Mereka termasuk para legenda Liga Inggris

Intinya Sih...

  • Wayne Rooney memiliki rekor keterlibatan gol tertinggi dengan 276 gol bersama Manchester United.
  • Ryan Giggs mencatat 271 keterlibatan gol untuk Manchester United selama tampil di EPL.
  • Harry Kane memiliki koleksi 259 keterlibatan gol di EPL selama berseragam Tottenham Hotspur.

English Premier League (EPL) kerap menghadirkan para pemain bintang dari berbagai negara yang mampu bersinar bersama klub-klub yang dibelanya. Sebagian dari mereka bahkan dianggap legenda karena memberikan kontribusi bagi prestasi klub secara konsisten. Salah satunya dengan mengukir rekor keterlibatan gol tertinggi dalam sejarah EPL.

Keterlibatan gol itu sendiri merupakan jumlah capaian gol dan assist bagi pesepak bola secara individu. Inilah tujuh pemain bintang yang memiliki rekor keterlibatan gol tertinggi untuk satu klub dalam sejarah EPL.

1. Wayne Rooney mengoleksi 276 keterlibatan gol selama membela MU di EPL

7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 KlubWayne Rooney (manutd.com)

Wayne Rooney dianggap sebagai salah satu striker legendaris EPL. Kariernya begitu cemerlang sejak debutnya di EPL bersama Everton pada 17 Agustus 2002. Rooney sudah menorehkan assist kala Everton seri 2-2 menghadapi Tottenham Hotspur pada pekan pertama EPL 2002/2003.

Permainannya makin berkembang ketika pindah ke Manchester United pada musim panas 2004. Menurut Opta, ia secara keseluruhan memiliki 276 keterlibatan gol di EPL selama berseragam MU pada 2004--2017. Rooney kemudian menjadi top skor sepanjang masa Manchester United dengan koleksi 253 gol dari 559 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pendatang Baru yang Sudah Mencetak Gol di EPL 2024/2025

2. Ryan Giggs mencetak 271 keterlibatan gol di EPL bareng MU

7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 KlubRyan Giggs (uefa.com)

Ryan Giggs merupakan salah satu jebolan akademi Manchester United yang tergabung dalam Class of '92. Ia bersama rekan-rekannya, seperti David Beckham dan Paul Scholes, dipromosikan Sir Alex Ferguson ke tim utama MU pada 1992/1993. Giggs tidak pernah meninggalkan MU dari debut sampai gantung sepatu pada 2013.

Pemain asal Wales itu tampil dalam 632 pertandingan dan menciptakan 271 keterlibatan gol di EPL. Giggs secara rinci mencetak 108 gol dan 163 assist selama tampil di EPL. Kontirbusinya begitu besar dalam pencapaian MU mengoleksi 13 gelar juara EPL selama dilatih Sir Alex Ferguson.

3. Harry Kane mencetak 259 keterlibatan gol selama berseragam Tottenham di EPL

7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 KlubHarry Kane (x.com/premierleague)

Harry Kane membangun reputasinya sebagai salah satu striker terbaik di Eropa kala berseragam Tottenham Hotspur. Ia menjadi bagian penting bagi pencapaian Tottenham yang secara konsisten finis di empat besar di era kepelatihan Mauricio Pochettino. Kane sukses memenangkan penghargaan top skor EPL dalam 3 musim pada 2015/2016, 2016/2017, dan 2020/2021. 

Menurut Opta, Kane memiliki koleksi 259 keterlibatan gol di EPL selama berseragam Tottenham. Lebih detail, ia menorehkan 213 gol dan 46 assist di EPL bersama Tottenham. Kane kemudian memutuskan pindah ke Bayern Muenchen untuk memenuhi ambisinya meraih gelar juara bergengsi pada musim panas 2023.

4. Thierry Henry menorehkan 249 keterlibatan gol di EPL kala berseragam Arsenal

7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 KlubThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry memasuki masa-masa terbaik dalam kariernya ketika memutuskan bergabung dengan Arsenal pada musim panas 1999. Ia menjadi salah satu striker terbaik Eropa dengan konsistensinya mencetak dua digit gol pada 1999--2007. Henry tidak hanya piawai dalam membobol gawang lawan, tetapi juga menciptakan peluang.

Menurut Opta, ia menorehkan 249 keterlibatan gol di EPL selama berseragam Arsenal. Henry menciptakan total 175 gol dan 74 assist dalam 258 pertandingan di EPL. Arsenal memberikan penghormatan bagi legenda asal Prancis itu dengan membuatkan patung di depan Emirates Stadium.

5. Frank Lampard menciptakan 237 keterlibatan gol kala membela Chelsea di EPL

7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 KlubFrank Lampard (x.com/ChampionsLeague)

Frank Lampard menuai kesuksesan dalam kariernya selama berseragam Chelsea pada 2001--2014. Ia berkembang menjadi salah satu gelandang dengan produktivitas tinggi. Lampard tidak hanya piawai dalam menciptakan peluang dengan visi permainannya, tetapi tajam dalam mencetak gol.

Dilansir Opta, Lampard menciptakan 237 keterlibatan gol dalam 429 pertandingan di EPL. Ia sukses mempersembahkan tiga gelar juara EPL selama berseragam Chelsea. Lampard kini masih memegang rekor top skor sepanjang masa Chelsea dengan torehan 211 gol dalam 648 laga di semua kompetisi.

6. Sergio Aguero mencetak 231 keterlibatan gol di EPL selama membela Manchester City

7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 KlubSergio Aguero (mancity.com)

Manchester City berhasil memenangkan persaingan untuk mendapatkan striker top asal Argentina, Sergio Aguero, dari Atletico Madrid pada musim panas 2011. Ia ditebus dengan biaya transfer sebesar 40 juta euro atau Rp676 miliar. Harga tersebut sepadan dengan kontribusi Aguero bagi Manchester City terutama di EPL.

Ia sukses menciptakan 231 keterlibatan gol selama berseragam EPL pada 2011--2021. Secara detail, Aguero mencetak 184 gol dan 47 assist di EPL. Salah satu momen bersejarah Aguero bersama Manchester City ketika mencetak gol penentu kemenangan 3-2 atas Queens Park Rangers (QPR) pada pekan terakhir EPL 2011/2012. Gol tersebut sukses membawa Manchester City meraih gelar juara EPL untuk pertama kalinya selama lebih dari 70 tahun.

7. Mohamed Salah menyamai rekor keterlibatan gol milik Sergio Aguero

7 Bintang EPL dengan Koleksi Keterlibatan Gol Tertinggi untuk 1 KlubMohamed Salah (premierleague.com)

Mohamed Salah menepis keraguan publik ketika baru bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2017. Ia sebelumnya disebut-sebut bakal menjadi pembelian flop Liverpool setelah kurang bersinar bersama Chelsea. Namun, Salah malah menjelma menjadi penyerang sayap dengan kemampuan mencetak gol dan assist yang sama baiknya.

Ia membuktikannya dengan sejauh ini menorehkan 231 keterlibatan gol di EPL kala berseragam Liverpool. Secara rinci, Salah mencetak total 159 gol dan 72 assist. Rekor ini masih bisa bertambah sampai pekan terakhir EPL 2024/2025. Sebab, Salah tengah dalam performa terbaiknya dalam enam pekan pertama EPL pada musim tersebut.

Ketujuh pemain di atas layak disebut sebagai legenda English Premier League. Setidaknya, enam pemain di antaranya telah masuk sebagai Premier League Hall of Fame. Salah saat ini masih aktif bermain untuk Liverpool. Ia diyakini bakal segera bergabung dengan enam pemain lainnya dalam Premier League Hall of Fame.

Baca Juga: 4 Pemain Chelsea yang Menorehkan 3 Hattrick di EPL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya