Assan Ouedraogo, Pemain Termahal di Piala Dunia U-17 2023

Tengah diminati puluhan klub Eropa

Assan Ouédraogo merupakan pemain termahal di Piala Dunia U-17 2023. Ia memiliki klausul kontrak bersama klubnya, Schalke 04, dengan nilai sebesar 20 juta euro atau Rp337 miliar. Tidak heran, pemain Jerman U-17 ini akan menjadi pemain yang paling diperhatikan oleh para pemandu bakat dari klub-klub papan atas Eropa.

Meski begitu, nama Ouédraogo masih terdengar asing di kalangan media dan fans. Piala Dunia U-17 2023 menjadi kesempatan untuk memperlihatkan kehebatannya di atas lapangan.

Berikut tiga hal unik tentang sosok Ouédraogo.

1. Memiliki latar belakang sepak bola dari ayahnya

Assan Ouedraogo, Pemain Termahal di Piala Dunia U-17 2023Assan Ouédraogo (bundesliga.com)

Ouédraogo lahir di Muelheim an der Ruhr, pada 9 Mei 2006. Ia saat ini masih memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Jerman dan Burkina Faso. Ouédraogo memiliki darah sepak bola dari ayahnya, Alassane, yang dahulunya pernah bermain di Bundesliga Jerman dan eks pemain Timnas Burkina Faso.

Alassane Ouédraogo menghabiskan karier sepak bolanya bersama klub-klub asal Jerman, seperti FC Koeln, RW Essen, dan RW Oberhausen. Kebetulan Alassane dan Assan bermain di posisi yang sama, yaitu seorang gelandang. Perbedaannya, Alassane biasa bermain sebagai gelandang tengah dan kanan, sementara Assan mampu bermain sebagai gelandang serang, tengah, dan winger kiri.

Baca Juga: 5 Penyerang Mahal yang Patut Diperhatikan di Piala Dunia U-17 2023

2. Memecahkan rekor pencetak gol termuda Schalke 04

Assan Ouédraogo mulai belajar sepak bola di akademi TuS Union 09 Muelheim Jugend. Ia kemudian pindah ke akademi Schalke 04 saat usianya masih 8 tahun pada Juli 2014. Ouédraogo kemudian bermain untuk tim muda Schalke di level U-17 dan U-19 dengan catatan 16 gol serta 14 assist dari 35 penampilan.

Berkat permainan impresifnya itu, Ouédraogo berhasil menembus tim utama Schalke  dan bermain di 2. Bundesliga. Sang pemain sukses menjawab kepercayaan manajer Schalke, Karel Geraerts. Ia mampu mencetak satu gol saat Schalke kalah 3-5 atas Hamburg SV.

Gol tersebut menjadikan Ouédraogo sebagai pemain termuda yang mencetak gol di laga debutnya dalam sejarah Schalke. Ia sukses memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Julian Draxler. Ouédraogo berusia 17 tahun 80 hari ketika mencetak gol perdananya di tim senior. Inilah salah satu faktor yang membuatnya menjadi pemain termahal di Piala Dunia U-17 2023.

3. Menjadi incaran klub-klub besar Eropa

https://www.youtube.com/embed/1MRgBVHX4O8

Assan Ouédraogo kini menjadi incaran puluhan klub-klub besar Eropa. Dilansir OneFootball, Ouédraogo masuk dalam radar klub-klub English Premier League (EPL), seperti Chelsea, Manchester City, Brighton & Hove Albion, Brentford, dan Liverpool. Selain itu, dilansir Bild, tim-tim elite Jerman, seperti Bayern Muenchen, RB Leipzig, dan Bayer Leverkusen, juga mengantre untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain.

Di sisi lain, Sportitalia melaporkan bahwa Inter Milan, Barcelona, dan Real Madrid ikut memantau perkembangan Ouédraogo. Tingginya minat klub-klub besar Eropa membuat Schalke langsung memagari sang pemain dengan kontrak jangka panjang berdurasi 4 tahun. Ouédraogo juga memiliki klausul pembelian di dalam kontraknya sebesar 20 juta euro atau Rp337 miliar. Harga pasaran sang pemain (kini 6 juta euro/Rp101,4 miliar) bisa saja naik jika tampil impresif selama Piala Dunia U-17 2023.

Assan Ouédraogo termasuk salah satu wonderkid yang digadang-gadang akan menjadi pemain hebat pada masa depan. Ia sudah menjadi pemain termahal di Piala Dunia U-17 2023 saat usianya masih 17 tahun. Menarik untuk melihat seperti apa kiprah Ouédraogo selama bermain untuk Jerman U-17 di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Baca Juga: 10 Penyerang Termahal di Piala Dunia U-17 2023

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya