Adam Wharton, Talenta Muda Inggris yang Siap Menggebrak Euro 2024

Ia menyingkirkan nama-nama beken

Intinya Sih...

  • Gareth Southgate memasukkan Adam Wharton ke skuad Timnas Inggris untuk Euro 2024, menggantikan nama-nama populer seperti Jack Grealish dan James Maddison.
  • Wharton adalah pemain muda Crystal Palace yang baru bergabung pada Januari 2024 dan telah tampil dalam 16 pertandingan EPL dengan catatan 3 assist.
  • Wharton merupakan gelandang bertahan yang cerdas, memiliki kemampuan olah bola di atas rata-rata, dan sudah bermain secara reguler sejak musim 2022/2023 bersama Blackburn Rovers.

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, akhirnya mengumumkan 26 nama final pemain yang akan berangkat ke Jerman untuk berlaga di Euro 2024. Secara mengejutkan, Southgate menyingkirkan nama-nama populer, seperti Jack Grealish dan James Maddison, dari skuad utama The Three Lions. Ia justru memasukkan nama pemain muda Crystal Palace, Adam Wharton.

Namanya masih terdengar asing bagi sebagian fans Timnas Inggris. Wharton baru bergabung dengan Crystal Palace pada bursa transfer Januari 2024. Ia bahkan baru mencatat 16 penampilan di English Premier League (EPL) bersama Crystal Palace. Meski begitu, Southgate menaruh kepercayaan penuh kepada pemain berusia 20 tahun tersebut.

Lalu, sehebat apa sebenarnya sosok Adam Wharton? Berikut profil lengkapnya.

1. Menimba ilmu di akademi Blackburn Rovers sejak usia 4 tahun

Adam Wharton, Talenta Muda Inggris yang Siap Menggebrak Euro 2024Adam Wharton (rovers.co.uk)

Adam Wharton merupakan putra asli kelahiran Blackburn, Inggris, pada 6 Februari 2004. Ia menimba ilmu sepak bola sejak usianya masih 4 tahun. Wharton meniti kariernya mulai dari level U-18, U-21, dan berhasil menembus skuad utama Blackburn Rovers pada 2022/2023.

Wharton biasa beroperasi sebagai gelandang bertahan atau gelandang sentral. Ia tercatat bermain sebagai gelandang bertahan dalam 46 pertandingan dan gelandang tengah 29 laga di semua kompetisi selama bermain di tim junior Blackburn Rovers sampai skuad senior. Dilansir BBC, menurut pelatih akademi Blackburn, Stuart Jones, Wharton merupakan pemain dengan kecerdasan dan kemampuan olah bola di atas rata-rata. Sang pemain juga memiliki sikap yang baik dan rendah hati.

Baca Juga: 7 Pemain yang Tersingkir dari Timnas Inggris untuk Euro 2024

2. Crystal Palace menebusnya dari Blackburn dengan harga Rp373 miliar

Adam Wharton, Talenta Muda Inggris yang Siap Menggebrak Euro 2024Adam Wharton (cpfc.co.uk)

Wharton mulai bermain secara reguler di tim utama Blackburn Rovers sejak 2022/2023. Ia mencatat 18 penampilan dengan torehan 2 gol dan 1 assist di EFL Championship pada musim tersebut. Wharton makin mantap menjadi gelandang bertahan Blackburn dengan tampil dalam 26 laga dan mencetak 2 gol serta 3 assist di EFL Championship pada paruh pertama 2023/2024.

Permainan Wharton yang begitu tenang di lini tengah membuat Crystal Palace tertarik mendatangkannya. Palace berani menebusnya dengan harga 18 juta pound sterling atau Rp373 miliar. Ia tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan permainan tensi tinggi ala EPL. Wharton dapat menjalankan instruksi manajer Crystal Palace, Oliver Glasner, sebagai gelandang bertahan yang menjembatani lini belakang dan depan. Ia total bermain dalam 16 pertandingan dengan catatan 3 assist pada paruh kedua EPL 2023/2024.

3. Berangkat ke Euro 2024 bersama Timnas Inggris dengan menyingkirkan para bintang

Adam Wharton, Talenta Muda Inggris yang Siap Menggebrak Euro 2024Adam Wharton (instagram.com/adamwharton10)

Penampilan apik Wharton mengundang perhatian manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate. Ia secara mengejutkan masuk dalam 33 pemain dalam skuad sementara Timnas Inggris untuk Euro 2024. Wharton tampil dalam laga persahabatan antara Timnas Inggris melawan Bosnia and Herzegovina selama 28 menit.

Southgate kemudian tetap memasukkannya dalam daftar 26 pemain yang akan tampil di Euro 2024. Ia lebih memilih Wharton ketimbang memasukkan para pemain bintang, seperti Jack Grealish dan James Maddison. Menurut Southgate, Wharton punya kualitas dalam menerima bola dan mengalirkannya ke lini depan dengan begitu tenang untuk pemain berusia 20 tahun. Sang manajer juga terkesan dengan sikap kerendahan hati Wharton.

Kehadiran Adam Wharton menambah talenta muda Inggris yang memiliki prospek cerah untuk proyek jangka panjang. Sebelumnya, The Three Lions sudah memiliki Kobbie Mainoo, Jude Bellingham, dan Phil Foden yang tampil begitu menawan sejak usianya belum mencapai 20 tahun. Wharton mendapat kesempatan untuk meningkatkan level permainannya selama berlaga di Euro 2024. Patut dinanti penampilannya selama turnamen terbesar antarnegara itu digelar di Jerman.

Baca Juga: 5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya