5 Pemain Tertua AC Milan di Serie A, Ibrahimovic Pecahkan Rekor!

Ibrahimovic kini berusia 41 tahun

Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain senior yang belum lama ini mencatatkan menit bermain bersama AC Milan. Pemain asal Swedia itu pun mencatatkan rekor baru sebagai pemain tertua Rossoneri di Serie A Italia.

Termasuk Ibrahimovic, berikut daftar pemain tertua yang pernah membela AC Milan di Serie A.

1. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Tertua AC Milan di Serie A, Ibrahimovic Pecahkan Rekor!Zlatan Ibrahimovic (acmilan.com)

Zlatan Ibrahimovic mencatatkan rekor baru sebagai pemain tertua AC Milan di Serie A. Pemain berkebangsaan Swedia ini sendiri sudah membela banyak klub Serie A. Penyerang senior ini kembali menjadi andalan AC Milan sejak Januari 2020 setelah direkrut dari LA Galaxy.

Laga menghadapi Atalanta pada 26 Februari 2023 menjadi yang terbaru. Pada pertandingan tersebut, Ibra sudah berusia 41 tahun 4 bulan 23 hari. Hingga saat ini, Ibrahimovic telah membela AC Milan dalam 160 pertandingan sepanjang kariernya. Ia telah mencatatkan 92 gol dan 35 assist dari penampilannya tersebut.

2. Alessandro Costacurta

5 Pemain Tertua AC Milan di Serie A, Ibrahimovic Pecahkan Rekor!Alessandro Costacurta (twitter.com/acmilan)

Sebelum dipecahkan Ibrahimovic, Alessandro Costacurta menjadi pemain tertua AC Milan di Serie A. Pemain berkebangsaan Italia ini mencatatkan pertandingan terakhir di Serie A bersama Milan pada 19 Mei 2007. Dalam laga melawan Udinese tersebut, Costacurta sudah berusia 41 tahun 25 hari.

Lebih spesialnya lagi, Costacurta sukses menciptakan gol pada laga terakhirnya tersebut. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini membela Rossoneri sejak tahun 1985. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2007, ia mencatatkan 458 pertandingan di Serie A.

Baca Juga: Ibrahimovic Kembali Tampil untuk AC Milan, Rekor Anyar Pecah

3. Paolo Maldini

5 Pemain Tertua AC Milan di Serie A, Ibrahimovic Pecahkan Rekor!Paolo Maldini (uefa.com)

Pemain ketiga dalam daftar ini adalah Paolo Maldini. Legenda AC Milan ini mencatatkan pertandingan terakhir di Serie A pada 31 Mei 2009. Pada laga melawan Fiorentina tersebut, usia Maldini sudah menginjak 40 tahun 11 bulan 5 hari.

AC Milan menjadi satu-satunya klub yang dibela Maldini sepanjang kariernya. Bek kiri asal Italia itu mencatatkan 647 pertandingan dengan torehan 29 gol dan 28 assist. Pemain yang gantung sepatu pada 2009 ini juga mengantarkan Rossoneri menjuarai Serie A sebanyak tujuh kali.

4. Enrico Albertosi

5 Pemain Tertua AC Milan di Serie A, Ibrahimovic Pecahkan Rekor!Enrico Albertosi (twitter.com/Azzurri_En)

Berikutnya, ada Enrico Albertosi yang berposisi sebagai kiper. Pemain berkebangsaan Italia ini membela AC Milan saat usianya sudah tak muda lagi. Albertosi membela AC Milan pada 1974—1980.

Albertosi menjalani laga terakhirnya bersama Rossoneri pada 7 Desember 2017 dengan usia 40 tahun 3 bulan 8 hari. Kala itu, Rossoneri berhadapan dengan AC Perugia di Serie A. Selama menjadi bagian AC Milan, ia mencatatkan 233 pertandingan dengan catatan 199 kebobolan dan 99 clean sheet.

5. Filippo Inzaghi

5 Pemain Tertua AC Milan di Serie A, Ibrahimovic Pecahkan Rekor!Filippo Inzaghi (uefa.com)

Terakhir, ada Filippo Inzaghi yang juga menjadi salah satu legenda AC Milan. Penyerang asal Italia ini mendarat di San Siro pada 2001/2002. Ia berseragam AC Milan hingga akhir kariernya pada 2012.

Pada 13 Mei 2012, ia menjalani laga terakhir bersama AC Milan di Serie A. Dalam laga menghadapi Novara tersebut, Inzaghi sudah berusia 38 tahun 9 bulan 4 hari.

Bersama AC Milan, ia mencatatkan 300 pertandingan di semua kompetisi. Dari jumlah tersebut, Inzaghi mengoleksi 126 gol dan 24 assist. Ia turut mengantarkan Rossoneri meraih berbagai gelar bergengsi, khususnya di Serie A.

Zlatan Ibrahimovic masih berkesempatan memperpanjang rekornya. Ia menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif membela AC Milan dalam daftar ini.

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan yang Paling Sering Tampil Bareng Paolo Maldini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya