5 Klub Turki yang Pernah Melawan Manchester United, Ada Galatasaray

Manchester United baru saja ditaklukkan klub Turki

Manchester United masih belum meraih kemenangan perdana di Liga Champions Eropa 2023/2024. Itu terjadi setelah Setan Merah dijungkalkan klub asal Turki, Galatasaray. Dalam laga kedua fase grup tersebut, MU takluk dengan skor 2-3.

Bagi Manchester United, menghadapi klub asal Turki seperti Galatasaray bukan sesuatu yang asing. Sebelumnya Setan Merah pernah bersua beberapa klub Turki lain, khususnya di kompetisi antarklub Eropa. Tak sedikit juga klub Turki yang mampu menyulitkan MU. Lantas, klub Turki apa saja yang pernah menjadi lawan Manchester United?

1. Galatasaray jadi klub Turki paling sering dihadapi Manchester United

5 Klub Turki yang Pernah Melawan Manchester United, Ada GalatasarayManchester United menghadapi Galatasaray di Liga Champions 2023/2024. (manutd.com)

Galatasaray menjadi klub Turki yang baru saja dihadapi Manchester United. Klub berjuluk Cimbom Aslan itu juga menjadi klub Turki yang paling sering dihadapi Setan Merah. Termasuk laga kedua di fase grup Liga Champions 2023/2024 ini, keduanya sudah bertemu dalam tujuh pertandingan.

Manchester United tak terlalu superior hingga mampu diimbangi Galatasaray. Dari 7 laga, Setan Merah berhasil meraih kemenangan dalam 2 laga. Di kubu lawan, Galatasaray juga dua kali menaklukkan Manchester United, termasuk kemenangan di Liga Champions musim ini.

2. Fenerbahce mampu mengimbangi Setan Merah

5 Klub Turki yang Pernah Melawan Manchester United, Ada GalatasarayManchester United bersua Fenerbahce di Liga Europa 2016/2017. (uefa.com)

Selain Galatasaray, Fenerbahce juga cukup sering bersua Manchester United. Fenerbahce merupakan salah satu klub papan atas Turki hingga tak jarang mereka tampil di kompetisi antarklub Eropa. Mereka pun tak terelakkan menjadi lawan Setan Merah.

Hingga saat ini, MU dan Fenerbahce sudah pernah berduel dalam enam pertandingan. Fenerbahce cukup merepotkan Manchester United dengan sama-sama meraih tiga kemenangan. Pertemuan terakhir kedua tim tersebut terjadi pada fase grup Liga Europa 2016/2017.

Baca Juga: 3 Catatan Unik Usai Galatasaray Bekuk MU di Liga Champions

3. Bursaspor selalu kalah saat bersua Manchester United

5 Klub Turki yang Pernah Melawan Manchester United, Ada GalatasarayManchester United menghadapi Bursaspor di Liga Champions 2010/2011. (uefa.com)

Klub ketiga dalam daftar ini adalah Bursaspor. Pernah mewakili Turki di kompetisi antarklub Eropa, Bursaspor saat ini justru berlaga di divisi 3 Liga Turki. Klub Turki yang satu ini pernah dua kali menghadapi Manchester United.

Momen tersebut terjadi sudah cukup lama, tepatnya pada fase grup Liga Champions 2010/2011. Kala itu Setan Merah masih terlalu tangguh bagi Bursaspor. Dari dua pertemuan, MU berhasil menaklukkan Bursaspor baik saat main kandang dan tandang.

4. Besiktas baru dua kali menjadi lawan Setan Merah

5 Klub Turki yang Pernah Melawan Manchester United, Ada GalatasarayManchester United melawan Besiktas di Liga Champions 2009/2010. (uefa.com)

Besiktas juga menjadi salah satu klub Turki yang langganan tampil di kompetisi antarklub Eropa. Termasuk pada 2023/2024 ini mereka tampil di UEFA Europa Conference League. Namun, selama tampil di kompetisi Eropa, Besiktas baru dua kali berhadapan dengan Manchester United.

Keduanya pernah saling bertarung pada fase grup Liga Champions 2009/2010. Hebatnya, Besiktas mampu menyulitkan Setan Merah hingga masing-masing saling mengalahkan. Hingga saat ini, keduanya belum pernah dipertemukan kembali dalam berbagai kompetisi Eropa.

5. Basaksehir FK sempat mengejutkan Manchester United

5 Klub Turki yang Pernah Melawan Manchester United, Ada GalatasarayManchester United bersua Basaksehir FK di Liga Champions 2020/2021. (uefa.com)

Basaksehir FK menjelma salah satu klub papan atas di Turki. Dalam beberapa musim terakhir, mereka mampu tampil di kompetisi antarklub Eropa. Basaksehir tak terhindarkan bertemu dengan Manchester United.

Sama seperti Besiktas dan Bursaspor, Basaksehir juga baru dua kali berhadapan dengan Setan Merah. Pertemuan keduanya terjadi pada fase grup Liga Champions 2020/2021. Hebatnya, Basaksehir sempat menaklukkan MU saat bermain di kandangnya sendiri. Namun, Setan Merah membalaskan dendamnya saat menjamu Basaksehir di Old Trafford.

Secara keseluruhan, Manchester United masih mampu mengatasi perlawanan klub-klub asal Turki. Namun, tak jarang pula mereka mendapatkan perlawan sengit hingga harus mengakui keunggulan lawan. MU masih akan bersua Galatasaray pada putaran kedua fase grup Liga Champions musim ini.

Baca Juga: Faktor Manchester United Kalah Memalukan dari Galatasaray di UCL

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya