Barcelona Potong Lagi Gaji Pemain hingga 50 Persen

Barcelona menjual banyak pemainnya, termasuk Frankie de Jong

Jakarta, IDN Times - Barcelona ternyata masih mengalami krisis finansial yang sudah terjadi sejak musim lalu. Mereka pun kembali membuka wacana untuk kembali memangkas gaji pemainnya hingga 50 persen.

Krisis ini terjadi akibat tak seimbangnya neraca keuangan Barcelona, imbas dari buruknya pengelolaan klub dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi itu diperparah adanya pandemik COVID-19 yang membuat Blaugrana semakin merana.

Dilansir Barca Blaugranes, keputusan untuk memangkas upah pemain dilakukan demi membantu klub bisa mendatangkan pemain-pemain baru incaran Xavi Hernandez. Sebab, jika tidak, regulasi bakal membuat Barcelona tak bisa mendaftarkan pemain barunya.

1. Barca akan jual pemain yang tidak setuju

Barcelona Potong Lagi Gaji Pemain hingga 50 PersenPemain Barcelona melakukan selebrasi gol. (fcBarcelona.com)

Kondisi itu memaksa Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengeluarkan kebijakan "aneh" dengan memotong setengah dari gaji pemainnya. Mereka yang bakal terkena imbasnya adalah pemain yang belum melakukan tanda tangan kontrak baru bersama klub.

Barcelona bahkan bakal bersikap tegas. Mereka mengizinkan pemain yang tidak setuju gajinya disunat untuk hengkang dari klub. Manajemen juga bahkan tak segan untuk menjual siapapun yang tak terima dengan keputusan yang dianggap merugikan salah satu pihak itu.

Jika menilik aturan tersebut, nama-nama pemain seperti Pedri, Ansu Pati, hingga Ronald Araujo, tak akan terkena dampak kebijakan pemotongan gaji. Sebab, mereka sudah melakukan tanda tangan kontrak baru. Selain mereka beberapa pemain yang sudah memperbaharui kontrak atau baru didatangkan musim dingin lalu juga aman.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Andalan Barcelona pada 2021/2022, Generasi Baru!

2. Barcelona ingin membeli pemain baru

Barcelona Potong Lagi Gaji Pemain hingga 50 PersenPotret Xavi Hernandez (twitter.com/FCBarcelona)

Masih dalam laporan yang sama, keputusan memangkas upah pemain ini dilakukan untuk membantu Barcelona mendapatkan incarannya. Sebagaimana diketahui, Barca saat ini tengah berusaha mendatangkan Robert Lewandowski.

Xavi Hernandez bahkan tak mau terbebani masalah krisis itu. Dia bahkan sudah memberikan daftar belanja pemain baru yang layak jadi bagian dari Barcelona. Selain Bernardo Silva, Cesar Azpilicueta yang masih punya kontrak di Chelsea satu musim lagi, dan Rapinha, juga masuk radarnya.

Sebelumnya, Barcelona disebut sudah menjalin kesepakatan dengan pemain AC Milan Franck Kassie, bek Chelsea Andreas Christensen, hingga Marcos Alonso. 

3. Pemain yang diincar Barca

Barcelona Potong Lagi Gaji Pemain hingga 50 PersenXavi Hernandez. (marca.com)

Namun jika kondisi ini tak berubah, Barcelona tak akan bisa mendaftarkan pemain barunya lantaran terganjal regulasi keuangan di LaLiga.

Barcelona sendiri sudah menyiapkan daftar pemain yang bakal dijual untuk bisa menyeimbangkan neraca keuangan. Sebut saja, Frankie de Jong, yang disebut sudah siap dijual ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2022. 

Nama-nama seperti Memphis Depay, Ousmane Dembele, Samuel Umtiti, Clement Lenglet, Riqui Puig, hingga Martin Braithwaite, juga termasuk dalam prioritas Barcelona untuk dijual. Dana segar yang didapatkan bisa membuat Barcelona mendaftarkan pemain anyarnya musim ini. 

Baca Juga: 6 Pemain Top yang Dikaitkan dengan Barcelona pada Musim Panas 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya