5 Pemain Sepak Bola Cetak Brace di Babak 16 Besar Asian Games

Woo Yeong Jeong menjadi top skor sementara

Cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2022 telah menyelesaikan babak 16 besar. Ada 8 tim yang berhasil melaju ke babak perempat final, yaitu Arab Saudi, Jepang, Uzbekistan, Hongkong, Korea Selatan, Cina, Iran, dan Korea Utara. Dalam laga 16 besar, deretan pertandingan berlangsung cukup sengit.

Hasilnya, beberapa pemain yang bertarung di fase 16 besar cabang sepak bola Asian Games 2022 pun sukses menciptakan brace. Siapa saja mereka?

1. Sherzod Esanov mencetak brace untuk bungkam Indonesia

5 Pemain Sepak Bola Cetak Brace di Babak 16 Besar Asian GamesSherzod Esanov (kiri) saat tampil di Piala Dunia U-20 2023, Argentina. (instagram.com/sh.esanov)

Pada laga antara Uzbekistan vs. Indonesia, Sherzod Esanov masuk menjadi pemain pengganti. Ia masuk pada menit ke-91, tepatnya ketika babak tambahan berlangsung. Pemilik tinggi 1,9 meter ini masuk menggantikan Jiyanov.

Dampak instan, Ia langsung mencatatkan brace pada menit ke-92 dan menit ke-120+1. Brace ini memupus harapan Indonesia melaju ke babak perempat final. Sherzod Esanov saat ini tercatat sebagai pemain FC Olympic, klub profesional di kompetisi sepak bola Uzbekistan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Asian Games 2022

2. Woo Yeong Jeong, gelandang Korea Selatan yang bermain di Bundesliga

5 Pemain Sepak Bola Cetak Brace di Babak 16 Besar Asian GamesJeong Woo Yeong (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol. (instagram.com/thekfa)

Gelandang serang Korea Selatan ini sangat subur di ajang Asian Games 2022. Saat Korea Selatan melumat Kyrgyzstan dengan skor telak 5-1, Woo Yeong Jeong berhasil mencatatkan brace. Gol pertamanya tercipta pada menit ke-12, sementara gol kedua ia ciptakan melalui tendangan penalti pada menit ke-74.

Woo Yeong Jeong juga sempat mencetak hattrick pada babak penyisihan Grup E ketika Korea Selatan bersua Kuwait, di mana Korea Selatan menang telak 9-0. Total gol yang telah ia ciptakan hingga babak ini adalah 5 gol. Saat ini, Woo Yeong Jeong bermain untuk klub VFB Stuttgart yang bermain di Bundesliga.

3. Mohammed Maran adalah rekan satu tim Christiano Ronaldo

5 Pemain Sepak Bola Cetak Brace di Babak 16 Besar Asian GamesMohammed Maran saat mengenakan baju Al-Nassr FC. (twitter.com/AlNassrFC_EN)

Seperti halnya Sherzod Esanov, Mohammed Maran menjadi penentu kemenangan Arab Saudi atas India. Rekan satu tim Christiano Ronaldo di Al-Nassr FC ini mencetak brace di babak kedua pada menit ke-51 dan menit ke-57. Arab Saudi berhasil melenggang ke babak perempat final setelah menang atas India dengan skor 2-0.

Penyerang berumur 22 tahun ini telah mencetak 4 gol dalam ajang Asian Games 2022. Dua gol lainnya ia ciptakan saat Arab Saudi bertemu Mongolia dan Vietnam. Mohammed Maran sudah bermain bersama Al-Nassr FC sejak 2019.

4. Kein Sato cetak gol perdana di Asian Games 2022

5 Pemain Sepak Bola Cetak Brace di Babak 16 Besar Asian GamesKein Sato melakukan selebrasi usai mencetak gol. (instagram.com/kein_sato)

Kein Sato merupakan penyerang asal Jepang yang kini merumput bersama SV Werder Bremen II yang bermain di Oberliga Bremen, kasta kelima kompetisi sepak bola Jerman. Kein Sato berhasil mencetak gol sekaligus brace perdana di ajang Asian Games 2022. Gol yang dibuatnya pada menit ke-12 menjadi pembuat keran gol Jepang yang berhasil menang 7 gol tanpa balas atas Myanmar pada babak 16 besar.

Kein Sato kembali mencetak gol pada menit ke-27. Pemain dengan tinggi 1,78 meter ini hanya bermain di babak pertama. Memasuki babak kedua, ia digantikan oleh Komi Y pada menit ke-46.

5. Shun Ayukawa

5 Pemain Sepak Bola Cetak Brace di Babak 16 Besar Asian GamesShun Ayukawa (kiri) saat sedang beraksi di lapangan. (instagram.com/shun10sfc)

Shun Ayukawa secara bergantian bersama Kein Sato menciptakan gol bagi Jepang. Setelah gol pembuka Kein Sato, Shun Ayukawa mencetak gol kedua bagi Jepang pada menit ke-26. Setelah Kein Sato mencetak gol keduanya, Shun Ayukawa pun seperti tidak mau kalah untuk ikut mencetak gol keduanya pada menit ke-35.

Pada pertandingan babak 16 besar Asian Games 2022 menghadapi Myanmar, Shun Ayukawa untuk pertama kalinya turun sebagai starter. Namun, ia tidak bermain penuh. Pada menit ke-78, ia digantikan oleh Matsumura ketika Jepang telah unggul 7-0 atas Myanmar. Shun Ayukawa sendiri merupakan seorang pemain Oita Trinita yang bermain di J2 League dengan status pinjaman dari Sanfrecce Hiroshima.

Top skor sementara memang masih dipegang oleh Woo Yeong Jeong dengan raihan 5 gol dibayangi oleh Muhammed Maran yang mengoleksi 4 gol. Namun, bukan tak mungkin beberapa pemain lain yang tercantum dalam daftar ini terus tampil impresif untuk berebut gelar top skor di akhir cabang olahraga sepak bola Asian Games 2022.

Baca Juga: Tim Menembak Indonesia Terus Sumbang Medali Asian Games 2022

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya