4 Fakta Spanyol dan Inggris, Siap Rebut Gelar Juara Euro 2024

Inggris belum pernah juara Piala Eropa #EURO2024

Euro 2024 menuju final. Spanyol dan Inggris akan berebut gelar juara Euro tahun ini pada Senin (15/7/2024) pukul 2:00 WIB di Olympiastadion, Berlin, Jerman.

Untuk meraih babak final, Spanyol berhasil mengalahkan Prancis pada semifinal. Sedangkan, Inggris berhasil mengalahkan Belanda. Keduanya menang dengan skor 2-1.

Pertemuan Spanyol dan Inggris di Euro 2024 memiliki beberapa fakta menarik. Apa saja? Berikut penjelasannya!

1. Spanyol lebih produktif dibandingkan Inggris

4 Fakta Spanyol dan Inggris, Siap Rebut Gelar Juara Euro 2024Timnas Spanyol saat sedang berlatih. (rfef.es)

Selama Euro 2024, Timnas Spanyol berhasil mengkoleksi 13 gol dari 6 laga. Raihan ini membuat tim asuhan Pelatih Luis de la Fuente jauh lebih produktif dibandingkan Inggris. Inggris hanya menciptakan tujuh gol ke gawang lawan.

Tak hanya pemain depan, pemain tengah dan belakang Spanyol turut menyumbang gol. Lima gol disumbangkan pemain tengah seperti Mikel Merino (1 gol), Fabian Ruiz (2 gol), Rodri (1 gol), dan Nico Williams (1 gol). Bek Spanyol, Dani Carvajal, lalu menyumbang satu gol.

Berbeda dengan Timnas Inggris. Hampir seluruh gol dicetak pemain depan. Hanya satu gol yang dicetak gelandang serang mereka, Jude Bellingham.

2. Jesus Navas menjadi pemain tertua, Lamine Yamal termuda

4 Fakta Spanyol dan Inggris, Siap Rebut Gelar Juara Euro 2024Lamine Yamal (tengah) saat berlatih bersama Timnas Spanyol. (x.com/SEFutbol)

Bek kanan Timnas Spanyol, Jesus Navas, menjadi pemain tertua di antara pemain Spanyol maupun Inggris. Ia lahir di Los Palacios Villafranca pada 21 November 1985. Walaupun telah memasuki usia 38 tahun, dirinya tetap mendapatkan kepercayaan Luis de la Fuente untuk memperkuat lini belakang Spanyol. Pemain Sevilla ini telah bermain sebanyak tiga kali saat Spanyol menghadapi Albania (penyisihan grup), Georgia (penyisihan grup), dan Prancis (semifinal).

Selain pemain tertua, Timnas Spanyol memiliki pemain termuda. Ia adalah Lamine Yamal, pemain muda milik Barcelona. Lamine Yamal lahir pada 13 Juli 2007.

Wonderkid Spanyol ini tidak pernah absen membela negaranya di Euro 2024. Dari 6 penampilannya bersama Timnas Spanyol, pemain berusia 17 tahun ini berhasil mencatatkan 1 gol dan 3 assist. Golnya pada semifinal mengantarkan Spanyol ke final.

Baca Juga: 4 Pemain Kelahiran Madrid yang Antar Spanyol ke Final Euro 2024

3. Tiga pemain Spanyol bermain di Premier League

4 Fakta Spanyol dan Inggris, Siap Rebut Gelar Juara Euro 2024Rodri saat bermain bersama Manchester City. (instagram.com/officialrodri166)

Seorang pemain Timnas Inggris tercatat bermain di LaLiga Spanyol, yaitu Jude Bellingham. Pemain berposisi sebagai gelandang serang ini merumput bersama Real Madrid mulai pada 2023. Setahun bersama Los Blancos, Bellingham berhasil mencetak 23 gol dan 13 assist dalam 42 pertandingan.

Jika Inggris memiliki 1 pemain yang bermain di Inggris, maka Spanyol memiliki 3 pemain yang bermain di English Premier League (EPL). Mereka adalah David Raya, Marc Cucurella, dan Rodri. Raya telah resmi berstatus kiper Arsenal pada Juli 2024. Sebelumnya, ia bermain bersama The Gunners dengan status pemain pinjaman dari Brenford.

Marc Cucurella, di sisi lain telah bermain bersama Chelsea sejak 2022. Pemain berposisi bek ini menjadi andalan The Blues di lini belakang. Cucurella sempat didera cedera hingga absen dalam beberapa pertandingan 2023/2024. Namun, saat bersama Chelsea, pemain berusia 25 tahun ini mampu mencetak 1 gol dan 4 assist dalam 59 pertandingan.

Sementara itu, Rodri telah bermain bersama Manchester City sejak 2019. Ini membuatnya menjadi pemain Spanyol di Euro 2024 yang bermain di Premier League paling lama. Rodri juga mampu mengukir sejarah bersama The Citizen dengan meraih treble winner pada 2022/2023. Manchester City meraih gelar juara Premier League, Piala FA, dan Liga Champions Eropa saat itu. Rodri juga menjadi pemain terbaik Premier League pada musim yang sama.

4. Inggris belum pernah kalah dari Spanyol di Piala Eropa

4 Fakta Spanyol dan Inggris, Siap Rebut Gelar Juara Euro 2024Pemain Inggris saat melakukan selebrasi di Euro 2024. (instagram.com/england)

Pertemuan Spanyol dan Inggris di final Euro 2024 bukanlah pertemuan pertama mereka. Di Euro sebelumnya, kedua tim pernah bertemu. Tercatat, mereka bertemu dalam empat pertandingan.

Pertemuan pertama Spanyol dan Inggris di Euro terjadi pada 3 April 1968 di Wembley Stadion, Inggris. Kedua tim bertemu pada leg pertama perempat final. Sebagai tuan rumah, Inggris berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Inggris dicetak Bobby Charlton pada menit ke-84.

Pertemuan kedua terjadi pada leg kedua perempat final Euro 1968 yang dihelat pada 8 Mei 1968 di Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol. Inggris kembali berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1. Dengan agregat 3-1, Inggris berhasil lolos ke semifinal.

Pertemuan ketiga terjadi pada babak penyisihan Grup 2 Euro 1980 pada 18 Juni 1980 di Stadion Diego Armando Maradona, Italia. Inggris kembali berhasil mengalahkan Spanyol di Piala Eropa dengan skor 2-1. Dua gol Inggris dicetak Trevor Brooking dan Tony Woodcock pada menit ke-19 dan ke-61. Gol balasan Spanyol dicetak Dani melalui penalti pada menit ke-48.

Pertemuan keempat terjadi pada perempat final Euro 1996. Pertandingan keduanya berlangsung di Stadion Wembley, Inggris, pada 22 Juni 1996. Hingga babak terakhir, kedua tim bermain imbang 0-0. Pertandingan dilanjutkan ke adu penalti. Inggris kembali berhasil menang atas Spanyol dengan skor 4-2 melalui adu penalti.

Spanyol memang belum pernah menang atas Inggris di Euro. Namun, mereka telah meraih gelar juara Euro sebanyak tiga kali pada 1964, 2008, dan 2012. Sedangkan, Inggris belum pernah merasakan trofi juara Piala Eropa. Akankah Inggris meraih gelar juara pertamanya pada 2024?

Baca Juga: 5 Pemain Rumania dengan Performa Terbaik di Euro 2024

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya