Barcelona Belum Tentu Lolos ke Liga Europa Usai Kalah dari Munich

Barcelona harus menjalani playoff Liga Europa

Barcelona resmi tidak lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa (UCL) setelah kalah dari Bayern Munich di Camp Nou dengan skor 0-3. Ketiga gol Bayern Munich dicetak oleh Sadio Mane (10'), Choupo-Moting (31'), dan Benjamin Pavard (90+5').

Ini merupakan kedua kalinya secara beruntun Barcelona gagal menembus babak 16 besar Liga Champions. Padahal musim ini Barcelona telah belanja pemain besar-besaran agar kuat.

1. Barcelona harus menjalani babak playoff 16 besar Liga Europa

Barcelona Belum Tentu Lolos ke Liga Europa Usai Kalah dari MunichFerran Torres di Barcelona (fcbarcelona.com)

Walau berada di posisi ketiga Grup C, Barcelona sendiri belum tentu lolos ke babak 16 besar Liga Europa. Barcelona harus menghadapi salah satu runner-up pada fase grup Liga Europa 2022/2023. 

Undian tersebut dikabarkan akan dilaksanakan pada 7 November 2022. Sedangkan, playoff dilaksanakan pada 16 dan 23 Februari 2023 mendatang. Pemenang laga tersebut otomatis menghadapi peserta yang sudah lolos ke babak 16 besar.

2. Robert Lewandowski kembali bermain di Liga Europa setelah sedekade lalu

Barcelona Belum Tentu Lolos ke Liga Europa Usai Kalah dari MunichRobert Lewandowski (twitter.com/lewy_official)

Terakhir kalinya Robert Lewandowski bermain di Liga Europa adalah pada 2010/2011 lalu. Kala itu, Lewandowski masih berstatus sebagai penyerang depan Borussia Dortmund.

Lewandowski hanya bermain enam kali di Liga Europa bersama Borussia Dortmund. Artinya, walau masih harus menjalani babak playoff, ini merupakan pengalaman pertama Lewandowski bermain di Liga Europa setelah sedekade lalu. 

Baca Juga: 7 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich atas Barcelona pada MD5 UCL

3. Julian Nagelsmann belum terkalahkan oleh Barcelona

Barcelona Belum Tentu Lolos ke Liga Europa Usai Kalah dari MunichJulian Nagelsmann (twitter.com/J__Nagelsmann)

Pada 2021/2022 lalu, Bayern Munich sebenarnya sudah bertemu Barcelona di Grup E. Dari dua laga fase grup, Bayern Munich berhasil meraih kemenangan 3-0 di dua pertandingan kandang dan tandang.

Menariknya, dua kemenangan juga berhasil didapatkan Bayern Munich pada fase grup 2022/2023 ini. Bayern Munich berhasil meraih kemenangan 2-0 di Allianz Arena sebelum meraih kemenangan 3-0 di Camp Nou. Julian Nagelsmann sendiri berhasil menyapu bersih kemenangan melawan Barcelona.

4. Julian Nagelsmann mengungguli rekor Jose Mourinho di Liga Champions terkait Barcelona

Empat kemenangan Julian Nagelsmann melawan Barcelona membuat sebuah rekor yang dipecahkan sang pelatih. Nagelsmann menjadi pelatih pertama yang berhasil mengalahkan Barcelona di empat laga. 

Dia mengungguli Jose Mourinho yang hanya mampu meraih tiga kemenangan Liga Champions. Mourinho sendiri pernah menangani beberapa klub, seperti Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, hingga Tottenham Hotspur.

5. Hanya ada Real Madrid sebagai perwakilan Spanyol pada babak 16 besar Liga Champions

Barcelona Belum Tentu Lolos ke Liga Europa Usai Kalah dari MunichRodrygo bermain bersama Real Madrid. (twitter.com/RodrygoGoes)

Pada 2022/2023, hanya ada Real Madrid sebagai perwakilan Spanyol pada babak 16 besar Liga Champions. Pasalnya, Barcelona dan Sevilla hampir dipastikan akan menjalani playoff Liga Europa 2022/2023.

Atletico Madrid juga masih berebut jatah bermain playoff Liga Europa di Grup B bersama Bayer 04 Leverkusen. Atletico Madrid hanya memiliki selisih poin dengan juru kunci Bayer 04 Leverkusen yang juga mengincar kursi playoff Liga Europa.

Barcelona untuk kedua kalinya gagal ke babak 16 besar Liga Champions. Ini merupakan kesedihan sendiri bagi para penggemar Barcelona mengingat klub tersebut belanja besar-besaran pada bursa transfer musim panas 2022.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Inter Milan vs Viktoria Plzen di GW5 UCL, Lolos!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya